Ini Dia 6 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Ramadhan adalah bulan suci yang dinanti-nanti kedatangannya oleh umat muslim. Dimana hadirnya bulan Ramadhan membawa keberkahan tersendiri bagi siapapun. Bulan ini adalah peluang untuk meningkatkan ketaqwaan. Siapapun yang bertaqwa tentunya tidak akan bersantai saat bulan Ramadhan datang, pasalnya hal itu merupakan suatu motivasi untuk ibadah dan amal sholeh.

Ada banyak sekali keutamaan bulan ramadhan yang tentunya menjadi hal yang harus diketahui bagi umat muslim. Namun sebelum itu, mari kita mengenal dulu apa sebenarnya bulan ramadhan itu? Kenapa setiap Ramadhan datang seolah-olah banyak sekali orang yang datang ke masjid dan melakukan banyak kebaikan?

Pengertian Bulan Ramadhan


Ramadhan adalah bulan yang berada pada urutan kesembilan jika dihitung melalui kalender Hijriyah. Dimana pada bulan ini umat Islam diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya. Dimana berkisar antara 29 – 30 hari. secara umum, Ramadhan hanya diartikan sebagai bulan diperintahkan untuk berpuasa. Padahal, pengertian Ramadhan sendiri lebih luas dari pada itu.

Selain itu, pada bulan tersebut terdapat berbagai keutamaaan bulan Ramadhan yang salah satunya adalah memperingati turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan dalam bahasa Arab, Ramadhan berasal dari kata ramida atau ar-ramad yang berarti hangus, hilang, musnah atau berupa panas yang menyengat. Dahulu, penentuan bulan Ramadhan menggunakan kalender matahari yang dipakai oleh bangsa Babilonia. Saat memakai kalender matahari bulan Ramadhan selalu jatuh pada musim panas.

Selanjutnya, umat Islam membuat kalender Hijriyah berdasarkan perhitungan bulan, dimana masanya lebih pendek 11 hari dari kalender matahari. Dengan menggunakan penanggalan bulan, kini Ramadhan tidak selalu jatuh pada musim panas. Namun kata panas hanya diungkapkan sebagai kiasan saja. Hal tersebut tidak terlepas dari keutamaan bulan Ramadhan, dimana panas yang dirasakan diharapkan dapat menghapus dosa pada masa lampau.

Kewajiban untuk berpuasa saat bulan Ramadhan telah dijelaskan dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 183. Selain itu penentuan bulan Ramadhan ditandai dengan munculnya bulan baru atau yang disebut hilal pada akhir bulan sya’ban. Yakni ditanggal 29 atau 30 Sya’ban.

6 Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah salah satu bulan yang ditunggu kedatangannya. Orang berbondong-bondong  melakukan amal pada bulan ini. keutamaan bulan Ramadhan pun menjadi salah satu alasannya. Tentunya Anda tidak mau bukan jika melewati bulan Ramadhan begitu saja. Oleh karena itu, ketahui beberapa keutamaan bulan Ramadhan berikut ini agar kita semakin semangat saat beribadah.

1. Bulan diturunkannya Al-Quran


Ramalan disebut juga sahrul Quran atau bulannya al-Qur’an. Sebutan ini tidak terlepas dari bulan Ramalan yang memang menjadi bulan diturunkannya Al-Quran kepada Nabi Muhammad. Untuk membenarkan anggapan ini, maka Allah dengan segala ke Maha Kuasaannya telah mengabadikannya dalam Q.S al-baqarah ayat 185 yang artinya: “Bulan Ramalan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. Seperti itulah Allah menunjukkan kepada kita tentang keutamaan bulan Ramadhan.

2. Malam lailatul qadar


Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah malam lailatul qadar. Dimana disebutkan dalam Al-Quran bahwa pada malam tersebut lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, kemulian dan keberkahan berlimpah. Dalam hadis disebutkan bahwa malam lailatul qadar ada pada salah satu malam di tujuh haru terakhir, tepatnya di tangal ganjil.

Meski begitu, untuk mendapat malam lailatul qadar hendaknya kita tidak hanya beribadah di malam yang ganjil saja. Tetapi setiap hari dan setiap waktu kita gunakan untuk berdzikir. Bukti tentang adanya malam lailatul qadar telah diterangkan oleh Allah dalam Q.S al-Qadr.

3. Bulan maghfiroh bulan pengampunan


Ramadhan dijadikan oleh Allah sebagai bulan ampunan. Ibadah yang kita lakukan adalah ajang mencari pengampunan dari Allah atas dosa yang telah kita lakukan di masa lampau. Dalam salah satu hadis Nabi bersabda yang artinya: “barang siapa yang melakukan shalat malam saat Ramadhan dengan iman dan hanya berharap pada Allah. Niscaya terampuni dosa yang telah ia lakukan di masa lalu” (HR. Bukhori dan Muslim).

4. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka


Keutamaan bulan Ramadhan yang keempat adalah pintu surga yang dibuka lebar. Pada saat itu Allah mempersilahkan hambanya yang senantiasa beribadahan beramal karena-Nya untuk masuk surga. Selain itu, pada bulan Ramadhan pula syaitan akan dikerangkeng dan diikat agar tidak menggoda manusia.

5. Tarawih bersama imam hingga selesai seperti qiyamul lail semalam penuh


Saat bulan Ramadhan telah tiba, ada ibadah tambahan yang telah disyariatkan Nabi yaitu berupa shalat tarawih. Dimana shalat tersebut dilakukan setelah menjalankan shalat Isya dan jumlah rakaatnya adalah 20 rakaat dengan 10 kali salam. Dalam salah satu hadis disebutkan, bahwa siapapun yang menjalankan salat qiyamul lail (tarawih) bersama imam hingga selesai, disetujui (pahala) sholat malam semalam penuh.

6. Umrah yang berpahala haji


Hal ini dikutip dari salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra. Bahwa nabi pernah bersabda kepada seorang wanita dari kaum anshor. Beliau bersabda “Jika datang bulan Ramadhan tunaikanlah umrah, karena umrah (di bulan Ramadhan) seperti haji”. Sabda tersebut keluar karena wanita itu bercerita bahwa keluarganya hanya memiliki dua ekor unta. Lalu bapak dan putranya menunaikan haji dengan membawa seekor unta. Sedangkan unta yang satu lagi dipakai untuk menyiram tanaman. Sebab peristiwa tersebut maka Nabi bersabda demikian.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana pada bulan tersebutlah kitab suci al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Dan tentunya peristiwa tersebut patut untuk kita syukuri adanya. Mari perbanyak membaca Al-Quran dan berpuasa dengan hati yang ikhlas.

BACA JUGA!

Fadhilah Berpuasa di Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA