Ini Dia 10 Ikan Hiu Terbesar di Dunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Hiu adalah hewan predator terganas dibandingkan dengan hewan laut lainnya. Ikan hiu memiliki kemampuan berenang dengan cepat untuk mengejar mansanya. Hal itu karena ikan hiu memiliki kulit yang halus dengan dilengkapi sirip yang kuat, sehingga berenangnya hiu sangatlah cepat. Hiu disebut sebagai hewan laut yang ganas juga karena hiu memiliki rahang yang kuat serta gigi yang runcing.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa dalam kenyataannya tidak semua jenis hiu merupakan hewan terganas. Ada beberapa jenis hiu yang tidak berbahaya untuk manusia. Misalnya Whale Shark, ikan hiu tersebut hanya memakan planton saja. Ikan hiu memiliki beberapa jenis dan setiapa jenisnya kebanyakan memiliki tubuh yang berukuran besar. Nah dari sekian banyak hiu yang berukuran besar, ada hiu terbesar yang pernah hidup di dunia ini. Hiu tersebut adalah Megalodon Shark diperkirkan telah hidup antara 20 hingga 1.2 juta tahun yang lalu. Selain itu, ada juga hiu yang memiliki ukuran terbesar lainnya sebagai berikut:

Bluntnose Sixgill Shark

Surprise: Bluntnose sixgill sharks may like to prowl urban waters

Bluntnose sixgill shark merupakan hiu yang termasuk pada keluarga hexanchidae dan juga dinamakan ikan hiu sapi. Kebanyakan jenis keluarga haxanchidae telah punah. Ukuran dari jenis ikan hiu ini adalah sekitar 16 kaki (4.8 meter) dengan warna yang bervariasi. Ada yang berwarna coklat hingga mendekati warna hitam dengan garis di bagian sampingnya berwarana kuning terang.

Thresher Shark

Remarkable Thresher Shark Experience in Bunaken National Park

Thrsher shark merupakan ikan hiu yang mampu tumbuh dengan ukuran sekitar 18 kaki dengan bobot yang memcapai sekitar 500 kg. Ikan ini diperkirakan banyak hidupa di laut Khatulistiwa.

Great Hammerhead Shark

Great hammerhead - Wikipedia

Jenis hiu satu ini memiliki kepala yang mirip dengan martil dan memang terkenal dengan nama hiu martil. Jenis hiu ini termasuk dalam keluarga Sphyrnidae. Ukuran tubuh hiu jenis ini bisa mencapai 20 kaki dan kamu bisa menemukan jenis hiu ini di hampir semua perairan di dunia. Di tahun 2006, tepatnya pada tanggal 23 Mei ikan hiu ini pernah tertangkap dalam kondisi hamil dengan berat sekitar 580 kg di Boca Grande dengan bobot.

Greenland Shark

World's oldest vertebrate discovered in Greenland

Salah satu ikan hiu terbesar ini merupakan ikan hiu yang paling lambat diantara jenis ikan hiu lainnya. Greenland Shark hanya memiliki kecepatan 2.7 km/jam. Ikan hiu jenis ini bisa tumbuh dengan panjang mencapai 21 kaki. Selain itu, hiu ini juga memiliki usia yang panjang, yaitu sekita 200 tahun sehingga ikan hiu jenis ini mejadi salah satu hewan dengan umur terpanjang di dunia. Biasanya ikan hiu ini hidup di kedalaman 6600 kaki dipermukaan laut.

Pacific Sleeper Shark

Pacific sleeper shark or sleeper shark blog. Info and facts

Pacific Sleeper Shark atau disebut juga Somniosus pacificus merupakan salah satu hiu terbesar dengan panjang yang dapat mencapai 23 kaki dan bobotnya hingga kurang lebih 350 kg. Pada umumnya jenis hiu ini banyak hidup di daerah laut dalam dengan kedalaman hingga 6500 kaki dibawah permukaan laut.

Tiger Shark

Tiger Shark

Tiger Shark atau disebut juga Galeocerdo Cuvier merupakan salah satu jenis ikan hiu terganas di dunia. Ikan hiu jenis ini dapat tumbuh panjang hingga 24 kaki dengan bobot kurang lebih 900 kg. Tiger shark ini hidup sebagai predator yaitu memangsa ikan lainnya, namun dalam beberapa kasus ikan hiu jenis ini juga memangsa manusia yang ada di pantai. Sebagaimana namanya, ikan hiu jenis ini memang memiliki corak kulit seperti harimau. Kamu bisa menemukan ikan hiu ini di perairan khatulistiwa, namun pernah juga ditemukan disekitar perairan pasifik.

Great White Shark

Great white shark - Wikipedia

Great White Shark merupakan salah satu ikan hiu terganas di dunia. Ikan hiu jenis ini juga sering dikenal sebagai Carcharodon Carcharias dan dapat tumbuh dengan panjang mencapai kurang lebih 26 kaki dengan bobot hingga 2200 kg. Menurut kabar yang tersebar jenis hiu ini dapat ditemukan di semua perairan.

Basking Shark

Satellites and basking sharks | Marine Conservation Society

Basking Shark (Cetorhinus maximus) atau umumnya disebut dengan Hiu Penjemur merupakan spesies kosmopolitan yang dapat ditemui di sepanjang lautan hangat di seluruh dunia dengan panjang bisa mencapai 40 kaki (12 meter) dan bobot hingga 19 ton. Hiu basking lebih senang hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F).

Whale Shark

Whale Shark | Species | WWF

Whale shark merupakan jenis Ikan Hiu Terbesar Di Dunia yang masih hidup hingga saat ini. Ukuran dari ikan hiu jenis ini bisa mencapai kurang lebih 41 kaki dengan bobotnya bisa mencapai 15 ton.

Megalodon Shark

Turns Out The Megalodon Shark Ain't THAT Big

Megalodon Shark merupakan ikan hiu purba yang diperkiraan hidup antara 20 sampai 1.2 juta tahun yang lalu. Hiu ini diperkiraan memiliki ukuran yang lebih besar dari kapal pesiar. Ikan Hiu jenis ini hidupa pada perairan dalam dan dia sangat jarang naik kepermukaan kecuali untuk mencari mangsa.

Nah itu dia jenis-jenis ikan hiu terbesar di dunia, semoga dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA