Ini 8 Jenis Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ini-8-Jenis-Makanan-Untuk-Penderita-Darah-Tinggi[1]
Daftar Topik

Tekanan darah tinggi termasuk ke dalam penyakit yang bisa menyebabkan kematian terbesar setiap tahun di dunia. Penyebab darah tinggi memang belum diketahui penyebabnya. Tetapi ada yang berpendapat bahwa pola makan yang kurang sehat termasuk pemicunya. Maka dari itu, kenali beberapa makanan untuk penderita darah tinggi. Makanan-makanan penurun darah tinggi cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Penasaran? Simak terus pembahasannya berikut ini.

Darah Tinggi Penyebab Kematian Terbesar

Penyakit darah tinggi terjadi ketika tekanan darah melebihi normal yaitu 120/80 mm Hg. Makanan untuk penderita darah tinggi seperti makanan yang kaya akan buah, sayuran dan biji-bjian serta menghindari sajian yang tinggi akan lemak jenuh juga dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 mmHg. Makanan-makanan penurun darah tinggi ini sangat mudah ditemukan. Misalnya saja bawang putih yang setiap hari di gunakan untuk bumbu dapur dan sayur bayam yang sangat mudah ditemukan. Bahkan, kedua makanan ini cukup terjangkau.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Mengkonsumsi makanan-makanan penurun darah tinggi, secara tidak langsung bisa menurunkan risiko kematian. Apa saja makanan tersebut? berikut makanan penurun tekanan darah tinggi yang harus Anda ketahui:

Oatmeal

Oatmeal menjadi sajian favorit untuk sarapan karena rendah akan sodium, lemak dan kaya akan serat sehingga bisa menurunkan darah tinggi. Cara mengkonsumsi nya juga cukup mudah yaitu dengan cara merendam oat bersama susu skim dalam wadah dan biarkan hingga pagi hari. kemudian aduk dan tambahkan pemanis sehat seperti kayu manis atau beri.

Bayam

Di dalam bayam terkandung kalium yang cukup tinggi dan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi . makanan yang kaya akan kalium seperti bayam. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C, A, serat, zat besi, dan kalsium.

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk bumbu masak, tetapi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung oksida nitrit. Bawang putih bisa membantu proses pelebaran arteri sehingga tekanan darah bisa menurun.

Buah Bit

Buah fit juga mengandung oksida nitrit dan Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dipanggang, atau dibuat jus. Agar hasil yang didapatkan semakin maksimal, maka seharusnya rutin mengkonsumsi nya.

Buah Delima

Tak hanya buah bery, buah delima juga tergolong ke dalam buah penurun darah tinggi karena mengandung antioksidan. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa jus buah delima bisa memperlancar aliran darah sekaligus menjaga arteri dari kekakuan.

Efek dari mengkonsumsi delima sebagai penurun darah ini tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Delima mampu memperlambat penumpukan kolesterol dan plak yang ada pada pembuluh arteri sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida serta tekanan darah. Asam lemak ini bisa ditemukan pada ikan salmon dan makerel. Ikan air tawar juga mengandung vitamin D yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam rendah akan gula karena mengandung lebih dari 60% kakao. Konsumsi cokelat hitam 100 gram setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, salah satu penyakit turunan akibat darah tinggi. Agar hasilnya maksimal, maka konsumsilah secara rutin dengan catatana sewajarnya dan jangan berlebihan.

Sajian Tinggi Kalium

Makanan yang tinggi akan kalium bisa memengaruhi detak jantung, otot-otot tubuh, hingga kerja ginjal menjadi lebih baik. selain itu, kalium juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Disarankan orang dewasa untuk mengonsumsinya 4700 mg kalium setiap harinya. Beberapa makanan lezat yang kaya kalium dan mudah didapatkan adalah

  • Kentang panggang dengan kulit (738 mg kalium per buah)
  • Yogurt (531 – 579 mg kalium per 30 gram)
  • Jus jeruk (496 mg kalium per 230mL)
  • Pisang (422 mg kalium per buah)
  • Buah Beri (stroberi, blueberry, dan raspberry).

Buah bery ternyata mempunyai potensi sebagai buah penurun darah tinggi. Karena buah bery kaya akan antosianin. Antosianin merupakan sejenis antioksidan bisa membantu melebarkan pembuluh darah dengan cara mengendurkan otot dinding pembuluh. Efek ini bisa membantu melancarkan aliran darah sehingga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Demikian ulasan mengenai 8 jenis makanan untuk penderita darah tinggi. Semoga artikel ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan. Karena pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP