Ingin Diet? Coba 7 Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan Ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Resep-Bubur-Kacang-Hijau-Madura-800x500-768x480[1]
Daftar Topik

Setiap orang tentu ingin hidup sehat dengan badan ideal. Sebab berat badan yang berlebihan sering kali menjadi masalah bagi diri sendiri dan membuat penderitanya kurang percaya diri. Tak hanya itu, berat badan yang berlebihan pun sangat beresiko dalam meningkatkan sejumlah jenis penyakit, seperti diabetes dan serangan jantung. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menurunkan berat badan atau diet.

Memang, untuk menurunkan berat badan bukan hal mudah, kamu butuh konsistensi yang baik untuk melakukannya. Konsistensi inilah yang membuat banyak orang akhirnya menyerah karena tidak sanggup menjalani diet yang dicanangkannya. Sebenarnya tak hanya konsistensi, kamu pun harus disiplin dan telaten dalam menjalankan program diet tersebut.

Beberapa pakar gizi telah merekomendasikan program diet yang sehat bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Diet sehat ini sangat dianjurkan karena lebih mengutamakan asupan nutrisi dibandingkan asupan-asupan yang tidak sehat. Menu-menu ini jelas sekali sangat menyehatkan tubuh, khususnya bagi pencernaan kamu. Dengan menjalani program diet sehat, kamu tidak boleh makan sembarangan. Hanya makanan-makanan tertentu yang boleh kamu konsumsi. Sementara itu, makanan lain seperti junk food atau pun makanan cepat saji sebaiknya dihindari, sebab kurang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Lalu, apa saja makanan yang pas untuk yang tengah dalam program diet:

Omelet Sayur/Jamur

Menu pertama yang bisa kamu konsumsi adalah menu dengan dua butir telur rebus dan brokoli rebus sebanyak satu mangkuk kecil saja. Atau, kamu juga bisa mengolah telur tersebut menjadi omlet sayur maupun omlet jamur. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu tinggal mengocok kedua buah telur tersebut secara manual, lalu tambahkan sayur atau jamur yang sudah diiris tipis. Tambahkan garam secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, barulah digoreng dengan minyak yang tidak terlalu banyak.

Oatmeal/ Roti Gandum/ Bubur Kacang Hijau

Tiga menu sarapan yang bergizi yaitu oatmeal, roti gandum dan kacang hijau merupakan menu yang sangat tepat untuk menambah asupan energi di pagi hari. Oatmeal dan roti gandum sangat kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi lebih bagi kamu yang sedang diet. Begitu juga dengan bubur kacang hijau yang sangat kaya akan kandungan protein dan seratnya sehingga dapat membuat perut kenyang namun tidak memperburuk berat badan.

Sereal dan Susu Rendah Lemak

Segelas susu yang rendah lemak dan sereal menjadi referensi yang sangat baik, terutama bagi kamu yang tengah dalam program diet. Nantinya, kamu akan merasa lebih rileks bila kamu mengkonsumsi campuran sereal dan susu rendah lemak selagi hangat-hangat. Tak hanya praktis, sereal dan susu pun sangat menyehatkan.

Nasi Merah dan Tumis Sayur

Apa kamu ingin sekali mengkonsumsi nasi saat tengah dalam program diet? Maka kamu bisa melakukannya. Namun dengan memakan nasi merah bukan nasi putih. Nasi merah tentu berbeda dengan nasi putih. Nasi merah lebih banyak mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, lengkapi menu sehat kamu dengan tumis sayur segar.

Olahan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini pun berlaku bagi mereka yang tengah alam program diet. Olahan kacang kedelai sendiri sangat baik, dan bisa diolah menjadi berbagai makanan yang menggugah selera. Salah satunya adalah makanan dari bahan dasar kedelai adalah tahu. Kamu bisa menjadikan tahu sebagai bahan utama sup ataupun sayur.

Kentang Rebus dan Orak-Arik Telur

Kentang rebus dengan orak-arik telur merupakan menu lain yang disarankan untuk diet. Menu sarapan yang satu ini sangatlah praktis dan mudah dibuat. Kamu cukup menyiapkan dua buah ketang yang telah dicuci bersih, kemudian rebuslah hingga matang. Untuk orak-arik telur sendiri, cukup dengan menyiapkan satu butir telur saja, kemudian digoreng di atas wajan yang telah dipanaskan dengan sedikit minyak sayur di atasnya. Setelah itu, orak-arik telur yang sedang digoreng tersebut hingga matang.

Salad Buah dan Sayur

Apa kamu sangat suka sayur dan buah? Tak hanya diolah menjadi minuman jus, olahan lainnya yang bisa kamu buat dari buah-buahan adalah salag segar. Kamu bisa menggunakan sejumlah jenis sayur dan buah sebagai bahan utama dari salad tersebut. Misalnya saja, selada, apel, alpukat, kubis, anggur dan pisang. Potonglah semua bahan di atas, kemudian siramkan saus mayones di atasnya. Tak lupa juga taburkan biji wijen atau cincang kacang almond dan minyak zaitun di atasnya. Menu sarapan yang satu ini tentu sangat lezat dan membuat tubuh lebih sehat.

Itulah sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi saat tengah dalam program diet atau program penurunan berat badan. Diet bukan berarti kamu menyiksa tubuh kamu, tapi diet merupakan cara untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP