6 Ragam Jenis Ikan Discus yang Lucu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Ikan Discus Merah
Daftar Topik

Ikan discusIkan hias adalah salah satu hiburan masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta ikan hias. Terdapat berbagai jenis ikan hias yang biasanya diperjual belikan di pasaran. Salah satu ikan yang dikenal paling indah dan sering dipelihara adalah ikan discucs. Bentuk dan warnanya sangat beragam sekali. Mulai dari warna gelap hingga putih. Asal dari ikan hias yang indah ini adalah Sungai Amazon, di Brazil sana. 

Waktu terus berlalu hingga jenis ikan discus banyak dipertemukan di berbagai daerah. Ikan ini merupakan bagian dalam genus syymphyssin. Berdasarkan dengan klasifikasi yang ada, terdapat 3 jenis spesies yaitu, Green Discuss (S. aequigavciatys), Hrckel Discus atau biasa disebut sebagai S. discus. Terdapat juga Blue and  Brown Discus atau S. Haraldi. 

Seputar ikan discus

Bentuknya yang lebar dan lucu menjadi salah satu daya tarik pecinta ikan. Dan juga merupakan ikan yang tenang dan tentunya menyenangkan apabila berada di akuarium. Sebelum itu, perlu diketahui beberapa fakta tentang ikan discus, yaitu:

  • Salah satu ikan yang tidak disarankan bagi para pemula yang memiliki ikan. Diperkirakan cukup sensitif dengan perubahan lingkungan dan tidak mudah beradaptasi. Perlu perhatian khusus untuk ikan ini apabila kamu mencoba memeliharanya. Usahakan kamu menciptakan lingkungan yang sama dengan habitat aslinya. Pastikan airnya memiliki susu yang hangat sekitar 29-34 derajat Celcius. Air di tempat baru harus tenang tanpa ada ombak atau arus. Karena ikan ini sangat cepat mengalami depresi, stres, dan sakit, hingga mati. 
  • Selain suhu yang harus diperhatikan, kebersihan akuarium juga sangat penting. Diharapkan ketika memeliharanya, kamu melakukan pergantian air yang teratur. Gunakan filtrasi yang mekanis dan biologis. Selain itu, harus air yang digunakan adalah air tawar yang suhunya lebih dingin dari sebelumnya, dan tidak lebih hangat dari air akuarium. 
  • Hal penting lainnya perihal air lainnya yang harus diketahui adalah pH untuk ikan discus. Ikan ini akan bisa hidup dengan pH yang sangat rendah untuk bertahan hidup. pH  yang sesuai dengan ikan ini adalah pH konsisten dan mendekati netral. Kondisi pH yang tidak sesuai akan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ikan ini. 
  • Ikan ini juga tidak dapat berada satu akuarium dengan spesies ikan lain. Kondisi yang mudah sakit dan terluka menjadi salah satu penyebabnya. Akan tetapi, apabila ingin membuatnya hidup dengan spesies lain, kamu bisa mencoba 72 jam terlebih dahulu. Apabila dalam proses 72 jam itu tidak ada masalah, kamu bisa menyatukan dengan spesies lain. 

Jenis ikan discus

Ikan ini memiliki berbagai warna yang beragam, mulai dari merah, hijau, kuning, biru, dan oranye. Bagi para pecinta ikan discus, berikut beragam jenis ikan discus yang perlu kamu ketahui:

1. Pearl Pigeon Discus

Ikan satu ini memiliki warna dasar putih dan ada aksen merah. Daya tarik ikan ini dari corak pola bintik putih dan warna dasar oranye atau merah. Jadi apabila dilihat lebih detail, pearl pigeon discus ini memiliki tiga warna yakni putih, merah, dan oranye. 

2. Red Discus

Symphysodon discus atau Heckel discus berasal dari Rio Negro di Brazil. Red discus ini memiliki corak yang menarik dengan sembilan batang yang melintang secara vertikal di tubuhnya. Warna merah yang indah, sedikit warna putih, dan mata merah gelap menjadi daya tarik dari Red Discus ini. 

Baca Juga: 4 Cara Ikan Cupang Blue Rim Agar Cepat Mutasi

3. Blue Diamond

ikan discus Blue Diamond Discus

Blue diamond discus yang memiliki warna biru pekat seluruhnya. Untuk siripnya menampakkan aksen putih dengan nuansa biru tua yang indah. Apabila jenis blue diamond ini terkena cahaya, bagian siripnya terlihat menyala dan berwarna merah terang di matanya. Kilau yang terpancar dari blue diamond ini seolah-olah kilau logam yang terang. Sungguh indah apabila berada di dalam akuarium yang tenang. 

4. Brown Discus

ikan discus Brown Discus

Symphysodon aequifasciatus axelrodi atau dikenal dengan ikan discus coklat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pemeliharaannya tidak mudah, namun berbeda dengan jenis coklat ini yang lebih mudah dipelihara. Sesuai dengan namanya, brown discus memiliki warna coklat muda hingga coklat kemerahan seperti warna karat. Garis-garis vertikal pada brown discus ini cukup telihat dan nampak sekali berbentuk serangkaian garis vertikal di seluruh tubuhnya. 

5. Green Discus

ikan discus Green Discus

Green discus, sesuai dengan namanya yakni memiliki warna hijau. Discus hijau menampilkan berbagai macam warna mulai dari hijau pekat sampai dengan kuning kehijauan. Walaupun terdengar cukup indah dengan warna hijau atau kuning, tapi terkadang ikan ini warnanya pucat dan hambar. 

6. Pigeon Blood Discus

Ikan pigeon blood discus ini pertama kali ada di Thailand yakni sekitar tahun 1980-an. Apabila diperhatikan, pigeon blood ini mirip dengan pearl pigeon. Akan tetapi, pigeon blood discus memiliki mata merah yang gelap. Warna dasar dari pigeon blood discus adalah oranye terang hampir seperti krem. Terdapat pola sarang lebah yang sedikit berwarna merah cerah dan menutupi seluruh tubuh pigeon blood. Ikan pigeon blood discus juga memiliki ekor hitam. 

Itulah ragam jenis ikan discus yang bisa coba kamu pelihara. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam merawatnya. Jangan sampai setelah memutuskan membelinya, tapi tidak dapat terawat dengan baik. Pastikan kamu memperhatikan cara-cara nya merawatnya dengan baik. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP