Hukum Jual Beli Kucing Menurut Agama Islam

0

Saat ini banyak masyarakat yang mempertanyakan mengenai hukum jual beli kucing dalam Islam. Hal ini dikarenakan banyaknya pendapat berbeda yang menanggapi permasalahan ini. Padahal kita ketahui bahwa jual beli kucing saat ini sedang menjadi tren di kalangan pecinta kucing. Apalagi kucing merupakan binatang yang menggemaskan, jadi sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

Mencari tahu mengenai hukum dari hal-hal yang kita perbuat merupakan suatu keharusan dalam Islam. Sebab, dalam Islam kita diajarkan untuk selalu melakukan sesuatu sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an dan hadist merupakan pedoman hidup bagi umat Islam.

Keistimewaan Kucing dalam Islam


Kucing merupakan binatang yang istimewa dalam Islam, karena kucing merupakan binatang kesayangan dari Nabi Muhammad SAW. Bahkan hal ini juga diperkuat dengan adanya beberapa hadist Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa kucing merupakan binatang yang memiliki kedudukan dalam Islam. Kucing memiliki kedudukan dalam islam dikarenakan kucing termasuk binatang yang tidak najis dan sering dijadikan sebagai bagian dari keluarga.

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa kucing merupakan binatang yang bersih dan bebas dari najis. Selain itu, Rasulullah juga menambahkan bahwa kucing merupakan binatang yang air liur, keringat, badan dan bekas sisa makanannya termasuk suci. Bahkan hidup kucing lebih bersih dari manusia.

Hadist Tentang Jual Beli Kucing


1. Hukum yang memperbolehkan jual beli kucing

Ada beberapa pendapat yang menjelaskan bahwa hukum jual beli kucing diperbolehkan. Salah satunya yaitu pendapat dari ulama empat madzhab yaitu Hanafi, Hambali, Maliki, dan Syafi’i. Menurut pendapat ulama tersebut, jual beli kucing diperbolehkan karena kucing yang diperjualbelikan bukanlah kucing liar dan binatang najis sehingga diperbolehkan.

2. Hukum yang mengharamkan jual beli kucing

Adapun juga beberapa pendapat yang mengharamkan jual beli kucing. Seperti hadist yang diriwayatkan dalam HR Muslim, Abu Az Zubair radhiyallahu’anhu berkata, “Saya bertanya kepada jabir radhiyallahu’anhu tentang hasil penjualan anjing dan kucing. Maka jabir radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah SAW melarang untuk melakukan hal tersebut.” Tetapi dijelaskan juga dalam kitab Raudhatu Al-talibin wa ‘Umdat Al-Muftin bahwa kucing yang dimaksud merupakan kucing liar, bukan kucing rumahan seperti yang diperjualbelikan.

Manfaat Memelihara Kucing

Selain pentingnya mengetahui hukum jual beli kucing, kita juga harus mengetahui manfaat yang didapatkan apabila memelihara kucing. Dengan adanya manfaat ini, semoga Anda yang ingin memelihara kucing bisa segera memeliharanya. Berikut manfaat yang bisa didapatkan ketika memelihara kucing.

1. Membuat jantung sehat


Kesehatan jantung merupakan hal yang peting dalam kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa dengan memelihara kucing, maka jantung Anda bisa semakin sehat. Hal dikarenakan kucing dapat mengurangi rasa cemas yang dialami oleh seseorang. Dengan berkurangnya rasa cemas yang Anda miliki, maka jantung Anda bisa semakin sehat.

2. Bisa menjadi penyelamat

Penyelamat biasanya identik dengan manusia yang menyelamatkan berbagai hal. Selain manusia, ternyata kucing juga bisa menjadi penyelamat loh. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai peristiwa yang diselamatkan oleh kucing. Misalnya di daerah Inggris, kucing telah berhasil memperingatkan manusia yang hampir terkena serangan epilepsi.

3. Baik untuk Lingkungan Sekitar

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan lagi yaitu membuat lingkungan yang baik. Sebab, kucing apabila meninggalkan kotoran tidak sebanyak anjing. Jadi membuat lingkungan disekitar menjadi lebih baik. Hal ini juga sesuai dengan studi yang dilakukan pada tahun 2009.

4. Mengurangi depresi


Manusia tidak pernah lepas dengan gangguan depresi yang diakibatkan oleh berbagai hal seperti banyaknya masalah dan sebagainya. Salah satu obat yang bisa mengurangi gangguan depresi adalah kucing. Tingkah lucu kucing kadang kala dapat membuat kita bisa tertawa bahagia. Dengan kebiasaan tersebut, dapat membuat kita memiliki rasa senang dan bahagia. Hal inilah yang dapat menyebabkan gangguan depresi kita semakin berkurang.

5. Membantu dalam hubungan sosial

Kesulitan dalam berhubungan sosial bisa diselesaikan dengan memelihara kucing. Hal ini dikarenakan sifat kucing yang manja kepada pemiliknya bisa dijadikan sebagai pembangkit kepercayaan kepada orang lain. Dengan begitu, maka dapat membuat kita lebih mudah untuk memiliki hubungan sosial dengan orang lain.

6. Membantu dalam berkomunikasi

Kucing selain bisa sebagai penghibur juga bisa berperan sebagai teman curhat. Sebab, kucing merupakan binatang yang memiliki pendengaran baik. Dengan melakukan curhat kepada kucing, maka kita dapat melatih cara berkomunikasi kita kepada orang lain. Hal itulah yang dapat membantu kita berkomunikasi kepada orang lain dengan baik.

Dengan mengetahui hukum jual beli kucing, maka kita bisa menyimpulkan bahwa jual beli kucing diperbolehkan sesuai dengan pendapat dari ulama empat madzhab. Tetapi apabila Anda tidak setuju dengan ini, dan lebih mempercayai mengenai hadist yang mengharamkan jual beli kucing maka tidak apa-apa. Karena hadist yang menjelaskan tentang jual beli kucing sangat banyak.

BACA JUGA!

Cara Merawat Anak Kucing yang Ditinggal Induknya