Hubungan Pancasila dengan Proklamasi Kemerdekaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
12820 Proklamasi Dan Juga Pancasila NU Online
Daftar Topik

Hubungan Pancasila dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Ketika memperhatikan apa saja fungsi serta peranan dari pancasila bagi bangsa Indonesia maka Pancasila adalah jiwa dari bangsa Indonesia, Selain itu Pancasila juga menjadi asas kerohanian serta dasar dari filsafat negara. Pancasila juga menjadi unsur penentu dari berlakunya tata tertib hukum yang ada di negara Indonesia.

Sedangkan untuk proklamasi sendiri adalah titik dari perjuangan bangsa Indonesia yang mempunyai tekad untuk memperoleh kemerdekaan, yang mana tekad tersebut disemangati dengan adanya jiwa Pancasila. Pancasila sendiri menjadi sumber dari segala sumber hukum, kemudian kesadaran akan cita-cita akan kemerdekaan sehingga hubungan Pancasila dengan proklamasi sangat berkaitan dengan erat.

Keterkaitan antara Proklamasi dan Juga Pancasila


12820 Proklamasi Dan Juga Pancasila NU Online

Source: NU Online

1. Pancasila adalah Dasar dalam Pembuatan Proklamasi

Proklamasi sendiri adalah sebuah pernyataan dari bangsa Indonesia mengenai kemerdekaan kepada seluruh pihak dan segala tindakan tindakan yang akan dilakukan untuk terwujudnya hal tersebut. Sehingga penyusunan dari undang-undang dasar yang berasaskan dari Pancasila untuk bisa menguatkan dari tujuan tersebut. Pancasila memberikan sebuah bukti serta kejelasan dari proklamasi bangsa Indonesia serta memberikan sebuah pertanggungjawaban.

2. Menjadi Dasar Perjuangan dari Bangsa Indonesia

Perlu Anda ketahui jika proklamasi adalah titik dari kulminasi atau titik jenuh dari perjuangan bangsa Indonesia untuk melawan Para penjajah. Perjuangan dari bangsa Indonesia ini pun selanjutnya dijiwai, disemangati serta didasari dengan adanya nilai-nilai yang berada di dalam Pancasila. Sehingga dapat dikatakan jika nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila tersebut adalah yang mendasari perjuangan dari bangsa Indonesia untuk bisa mendapatkan kemerdekaan yang puncaknya ditandai dengan pembacaan proklamasi. Dan inilah hubungan Pancasila dengan proklamasi.

3. Melawan Tindakan Para Penjajah yang Melecehkan Bangsa Indonesia

Kemudian nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila pada saat masa penjajahan sebelum adanya proklamasi selalu dilecehkan, direndahkan dan juga di injak-injak. Setelah itu dengan adanya proklamasi nilai dari pancasilapun semakin tinggi, diselamatkan dan juga ditegakkan. Oleh karena itumelakukan proklamasi yang pada awalnya para penjajah menganggap jika Pancasila sesuatu hal yang rendah dan juga dilecehkan, maka dengan adanya perjuangan dari bangsa Indonesia ini Pancasila mempunyai kedudukan yang sangat penting yaitu sebagai dasar negara.

Pentingnya Pancasila Bagi Negara Indonesia


12820 Proklamasi Dan Juga Pancasila Republika

Source: Republika

Seperti yang kita ketahui jika Negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keanekaragaman suku, kemudian ras, budaya dan juga agama. Setiap dari masyarakat Indonesia pun tentunya mempunyai hak untuk dilindungi, dihormati dan juga dihargai oleh negara tanpa harus memandang sebuah perbedaan. Memang terkenal sangat sulit jika terdapat sebuah negara dengan kebudayaan yang sangat kompleks untuk hidup saling berdampingan. Maka dari itu negara Indonesia memerlukan sebuah pemersatu sehingga terhindar dari adanya konflik dan juga perpecahan.

Pancasila adalah salah satu landasan dan juga pernah mandi dari kehidupan bangsa Indonesia sejak zaman kerajaan Majapahit. Pancasila sendiri adalah sebuah hal yang teruji kebenarannya dan kekuatan bahkan kesaktiannya. Sehingga Pancasila tidak akan pernah bisa dipisahkan dari kehidupan yang ada pada bangsa Indonesia sejak dahulu bahkan sampai saat ini.

Pancasila jugalah yang menjadi pegangan serta petunjuk arah bagi seluruh kegiatan dan aktivitas dari kehidupan di dalam semua bidang. Dimulai dari kehidupan yang bermasyarakat hingga proses dalam pengaturan pemerintah serta penyelenggaraannya yang seluruhnya harus didasari dengan adanya Pancasila. Hal tersebut memberikan makna jika seluruh tingkah laku dari masyarakat Indonesia didasari dengan adanya kelima sila tersebut.

Pentingnya Proklamasi dalam Bangsa Indonesia


12820 Proklamasi Pelajaran Sekolah Online

Source: Pelajaran Sekolah Online

Proklamasi adalah puncak dari perjuangan rakyat Indonesia untuk bisa mencapai kemerdekaan. Proklamasi sendiri adalah alat hukum internasional untuk bisa menyatakan kepada seluruh rakyat dan seluruh dunia jika bangsa Indonesia telah menggenggam semua hak dari kemerdekaan.

Jika kita cermati jika proklamasi sendiri adalah pernyataan yang mempunyai isi Jika keputusan dari sebuah bangsa untuk bisa menetapkan tatanan hukum nasional serta menghapuskan tatanan hukum kolonial. Proklamasi bagi bangsa Indonesia sendiri adalah sebuah pernyataan untuk bisa terlepas dari penjajahan. Sehingga, bisa menjadi suatu bangsa yang bebas dalam mengambil nasib bangsanya tanpa campur tangan penjajah.

Proklamasi adalah mercusuar yang menunjukkan bagaimana sejarah, pemberian dari inspirasi dan motivasi untuk bisa mendapatkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Dengan adanya proklamasi tersebut, bangsa Indonesia terlahir menjadi bangsa yang merdeka baik itu secara de facto maupun secara de jure.

Nah, itulah penjelasan singkat dari tiga hubungan Pancasila dengan proklamasi yang harus Anda ketahui. Kesimpulannya adalah Pancasila menjadi dasar dari semangat yang dimiliki oleh para pejuang untuk memproklamasikan kemerdekaan Negara Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia yang baik tentu harus mengetahui hal tersebut karena merupakan sejarah dalam kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA!

Susunan Acara 17 Agustus yang Harus Diketahui

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA