10 Ide Hiasan Kelas Bikin Suasana Belajar Menyenangkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
hiasan kelas Pita untuk jendela
Daftar Topik

Hiasan Kelas. Sekolah kerap kali disebut sebagai rumah kedua untuk para murid karena hampir seharian di setiap harinya mereka habiskan waktu di sekolah. Nah untuk membuat murid semakin nyaman dan semangat belajar, pihak sekolah bisa juga lho menyiasatinya dengan menghias dinding kelas. Yang paling penting dalam menghias kelas adalah murid juga ikut terlibat didalamnya.

Guru bisa mengajak para murid untuk membuat suasana kelas semakin menyenangkan dengan menghias kelasnya. Dengan menghias kelas mereka sendiri, murid akan merasa menjadi bagian dari ruangan tersebut. Tidak hanya itu, disini murid tidak hanya akan mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga dapat mengembangkan kreativitasnya ketika menghias kelas. Menghias ruangan kelas juga tentunya akan menjadi kegiatan menyenangkan bagi murid. Tanpa perlu panjang lebar lagi, yuk disimak beberapa rekomendasi dekorasi hiasan kelas menarik yang bisa dijadikan referensi.

Rekomendasi dekorasi hiasan kelas

1. Pita bermotif untuk hiasan jendela kelas

Pita untuk jendela kelas

Jendela kelas terlihat monoton? Mendekorasi jendela dengan kumpulan pita motif dapat membuat nuansa kelas terasa semakin menarik. Untuk tingkatan sekolah dasar, coba gunakan pita motif dengan banyak warna mencolok dan ceria. Sedangkan untuk hiasan kelas tingkatan SMP dan SMA, motif yang digunakan bisa satu corak dengan warna kalem. 

2. Mengkreasikan kertas lipat menjadi bulletin board

bulletin board

Hanya dengan bermodalkan kertas lipat, spidol, lem, dan kertas karton besar, kamu bisa membuat sebuah bulletin board yang unik lho. Dalam bulletin board, guru dan murid bisa memasukan kelengkapan info seperti kalender, jadwal kegiatan, waktu libur, hingga tanggal ulang tahun anggota kelas dalam kurun waktu sebulan. Bulletin board  ini juga bisa membuat murid lebih fokus dan tanggung jawab terhadap deadline tentunya.

3. Wallpaper di dinding kelas

Walpaper Kelas

Membuat wallpaper untuk dinding kelas tidak harus dengan cat lho. Kamu bisa menggunakan kertas karton atau origami untuk menjadikan dinding kelas terlihat lebih keren. Untuk sekolah tingkat  dasar, coba dengan mengkreasikan bentuk binatang atau tanaman disertai penggunaan warna cerah. Sedangkan untuk tingkatan SMP dan SMA, tema seperti mekanik juga bisa dicoba.

4. Lukisan gantung 

lukisan murid

Tugas sekolah pada mata pelajaran kesenian yang diberikan guru seperti lukisan juga bisa nih dijadikan hiasan dinding kelas. Jadi tidak hanya untuk dinilai kemudian hanya disimpan di rumah murid masing-masing, hiasan dinding kelas dari tugas lukisan tersebut dapat membuat murid semakin rajin dan semangat untuk menghasilkan sebuah karya. Lukisan yang akan dijadikan hiasan, dapat digantung ataupun ditempel dan tak lupa diberi bingkai seperti stik es krim.

5. Membuat hiasan kelas dengan tema tata surya

hiasan tata surya

Hiasan kelas juga bisa dijadikan sebagai alat penyampaian ilmu pengetahuan lho. Salah satunya adalah guru bisa menempelkan hiasan dari felt atau karton yang dibentuk seperti sistem tata surya. Hiasan tata surya ini akan membantu murid yang belum hafal dengan nama planet beserta posisinya. Dengan begitu murid akan lebih cepat paham dengan media penyampaian ilmu tersebut.

6. Kreasi origami berbentuk 3D

Hiasan kelas origami 3D

Origami atau kertas lipat tidak perlu diragukan lagi telah menjadi alat yang sering digunakan untuk menghias kelas. Hiasan kelas dari origami sangat mudah dibuat dan harganya pun terjangkau. Banyak warna hingga motif menarik dari origami yang bisa dipilih untuk membuat hiasan kelas. Beberapa bentuk yang dapat dicoba adalah kupu-kupu, bunga, dan bangau.

7. Hiasan kelas berisikan perkalian

hiasan perkalian

Hiasan satu ini dapat dicoba untuk murid sekolah dasar kelas 1 hingga 3 yang biasanya sudah mulai mempelajari ilmu perkalian awal. Agar tidak terasa sulit dan membuat pelajaran semakin menyenangkan, guru bisa mengajak murid berkreasi dengan kertas lipat berisikan angka perkalian untuk dijadikan hiasan kelas. Dengan metode seperti ini murid dijamin cepat hafal dengan jumlah perkalian mendasar.

8. Pohon absensi dari cat warna atau kertas lipat 

pohon absensi

Hiasan satu ini biasanya masih suka diterapkan di sekolah tingkatan sekolah dasar ataupun TK. Coba letakkan foto seluruh murid kelas disertai dengan simbol hadir atau tidak. Pohon absensi ini bisa dibuat dari kombinasi kertas lipat atau cat warna. Warna yang  digunakan bisa dengan warna cerah agar suasana ruangan terasa lebih hidup. Hiasan ini juga bisa membantu guru untuk menghemat  waktu dalam tugas absensi tentunya.

9. Jam dinding kelas dari piring plastik

jam dinding piring plastik

Piring plastik yang seringkali digunakan murid saat piknik jangan langsung dibuang ya. Piring tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yang bisa dijadikan hiasan kelas. Dengan piring plastik kamu bisa mengkreasikannnya menjadi bentuk jam dilengkapi hiasan kertas lipat. Meskipun jam dari piring plastik tidak hidup seperti jam aslinya, kreasi ini dapat mengasah kreatifitas murid serta mengajarkan mereka untuk memanfaatkan barang bekas tak terpakai menjadi hal bermanfaat lagi.

10. Hiasan kelas dari bahan felt

hiasan kelas dari felt

Nah ide yang terakhir ada dekorasi gantung yang bisa diletakkan di pintu ataupun jendela kelas. Dekorasi gantung bisa dicoba dengan bahan felt yang ringan. Bahan ini akan memberikan kesan fresh. Bahannya yang mudah bergerak apabila terkena angin ini sangat cocok dijadikan dekorasi gantung dan menambah kesan menarik pada pintu ataupun jendela. Tidak hanya itu, bahan ini juga mudah dibentuk seperti bunga, burung, ataupun ornamen lainnya.

 

Bagaimana? Kreatif dan menarik sekali ya beberapa rekomendasi hiasan kelas di atas. Kamu bisa mencoba dekorasi yang menurut kamu paling cocok untuk diterapkan bersama murid. Untuk hiasan kelas murid tingkatan SMP dan SMA bisa disesuaikan lagi ya, tentunya dengan pemilihan warna dan corak yang sesuai dengan usia mereka. Selamat mencoba.

Baca juga:

Cara Mengkonversikan Satuan Volume

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP