Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Memilih Asuransi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
insurance Word Cloud  printed on  paper on blue font
Daftar Topik

Seorang Ibu mengeluhkan biaya masuk Taman Kanak-kanak di sebuah Yayasan pendidikan ternyata mahal sekali. Lebih dari dari yang diterima suaminya sebulan sekali. Setiap tahunnya biaya pendidikan semakin mahal saja.

Pendidikan anak merupakan prioritas utama dalam keluarga. Betapa bahagianya orangtua, setelah kerja keras mencari  nafkah bisa menyekolahkan anaknya hingga pendidikan tinggi. Tapi, itu semua tidak gampang. Dana pendidikan anak harus dipersiapkan sedini mungkin.

Banyak cara mempersiapkan dana untuk pendidikan. Salah satunya yang sedang berkembang di masyarakat saat ini adalah asuransi pendidikan. Banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan program asuransi pendidikan.  Bentuk, syarat, maupun jumlah yang ditawarkan pun bervariasi.

 

Pentingnya Asuransi


Asuransi adalah investasi mu dan keluarga, dengan cara menginvestasikan dana dalam bentuk premi yang dibayarkan sesuai periode waktu yang disepakati dengan perusahaan asuransi. Biasanya ada yang dibayarkan setiap bulan sekali, 3 bulan, 6 bulan maupun 12 bulan sekali. Kamu sendiri yang menentukan kapan dana akan dibayarkan dan masa investasi. Kamu bisa dengan tenang menyusun rencana pendidikan untuk anak di masa depan.

Dana yang sudah tersimpan ini, akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan tersebut.  Ada asuransi yang menawarkan program pengembalian sejumlah dana, seperti dana untuk pendidikan saat anakmu berumur tertentu atau saat mereka akan memasuki jenjang pendidikan. Contoh : saat anakmu berumur 7 tahun, akan masuk Pendidikan Sekolah Dasar, kamu akan menerima sejumlah dana yang dapat dicairkan. Dana ini dapat digunakan untuk biaya masuk sekolah dan lainnya.

 

Kelebihan Asuransi


Dibandingkan dengan menabung di bank, asuransi menawarkan jaminan lebih. Jika saat asuransi berjalan, kamu mengalami musibah, tidak bisa bekerja lagi atau meninggal dunia, dan tidak dapat membayar dana asuransi lagi maka perusahaan asuransi tetap memberikan dana tersebut pada saat waktu jatuh tempo. Uangmu tidak akan hilang dan kamu masih bisa mendapatkan jaminan dana sampai waktu yang disepakati.

 

Memilih Perusahaan Asuransi


Pastikan kita memilih perusahaan asuransi yang tepat dan terpercaya. Dana yang kita investasikan bukanlah dana yang kecil, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih perusahaan asuransi yang tepat. Tips untuk membeli produk asuransi:

  • Perusahaan asuransi yang berpengalaman. Kamu harus survey terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli produk. Banyaknya perusahaan asuransi saat ini tidak menjamin semua berpengalaman dan bisa dipercaya.
  • Jenis asuransi. Ada dua jenis asuransi yang berkembang,asuransi konvensional dan syariah.  Kedua asuransi berbeda dari sistem pembagian keuntungan.
  • Jenis Pembayaran. Asuransi pendidikan dapat dibayar dengan menggunakan Rupiah ataupun mata uang asing lainnya. Kamu tinggal menentukan pilihan, menyesuaikan dengan dana yang kamu miliki.
  • Waktu Pembayaran. Jangka waktu pembayaran asuransi bermacam-macam tergantung keinginan, ada yang sebulan sekali, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.
Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA