Gaya Pacaran Anak Jaman Now yang Konsepnya Beda

0
Gaya Pacaran Anak Jaman Now

Ketika seseorang jatuh cinta, maka yang ada di pikirannya adalah kebahagiaan. Cara orang dalam menjalin hubungan asmara juga berbeda, bahkan anak sekolah pun juga sudah cinta-cintaan. Memang tidak salah jika anak sekolah mulai pacaran, tapi yang meresahkan adalah gaya pacarannya. Cara mereka pacaran ini dijuluki gaya pacaran jaman now oleh netizen. Hal ini tentu membuat orang tua semakin resah akan pergaulan anak mereka. Bagaimana sebenarnya gaya pacaran remaja sekarang, berikut infonya.

Gaya Pacaran Anak Zaman Sekarang

Anak zaman sekarang memang tumbuh dan berkembang pada era modern, tetapi bagi anak yang kurang pengawasan tentu akan bermasalah. Mengingat ada banyak hal bersifat negatif yang beredar di TV maupun internet yang bisa dengan mudah diakses anak-anak. Salah satunya adalah pacaran, ini bukan hal yang salah tetapi memang belum pantas untuk anak-anak. Terlebih lagi banyak yang mengikuti gaya pacaran orang dewasa serta sinetron yang ada di TV.  Seperti apa sebenarnya gaya pacaran jaman now ini?

1. Gaya Pacaran Seperti Orang Dewasa

Ada banyak remaja bahkan anak-anak yang sudah mengenal pacaran dan dunia percintaan, padahal itu belum waktunya untuk mereka. Mungkin ini pengaruh dari apa yang mereka sering lihat, entah itu di kehidupan nyata atau di sinetron. Gaya pacaran anak jaman now ini memang terbilang berlebihan sebagai anak remaja. Karena banyak melakukan skinship dan juga seolah hubungan yang dijalani itu serius. Bahkan yang lebih parah, ada yang melakukan hubungan yang terlalu intim.

2. Mengikuti Adegan di TV dan Informasi dari Internet

Media dan teknologi semakin berkembang, ada dampak positif tentu ada negatifnya. salah satunya adalah tidak ada batasan pengakses, yang mana artinya anak-anak dan remaja bebas mengakses apa saja. tahu apa dampaknya? Tentu apa dilihat mereka akan ditiru dalam kehidupan, bagaimana jika yang mereka lihat adalah sesuatu yang buruk?

Hal ini akan berpengaruh terhadap keseharian mereka, jika yang dilihat adalah drama percintaan di TV maka akan diikuti. Mereka akan mulai mengenal pacaran, gaya pacaran jaman now juga tentu ikut adegan sinetron yang berlebihan.

Baca Juga: Tips Pacaran Langgeng agar Sampai ke Pelaminan

3. Terlalu Berlebihan

Gaya pacaran anak jaman now memang jauh berbeda dibandingkan denan jaman dahulu. Sekarang semua orang mengenal pacaran, bahkan anak kecil yang masih sekolah dasar sekalipun. Lalu bagaimana bisa mereka pacaran? Ada pengaruh lingkungan, sosial media, serta kurangnya edukasi mengenai hal ini. Cara mereka berpacaran juga termasuk menggelikan dan kurang pantas. Biasanya sering merayakan hari jadi, atau mengunggah kemesraan di sosial media dengan caption menggelikan.

Tips Untuk Orang Tua Mengenai Gaya Pacaran Anak

Gaya Pacaran Anak Jaman Now

Dengan anak jaman sekarang yang mengenal pacaran seperti itu pasti menimbulkan rasa khawatir pada orang tua. Lalu bagaimana langkah yang harus diambil oleh orang tua?

1. Edukasi penting diberikan kepada anak supaya mereka tidak salah dalam bertindak. Anda perlu menasihati anak tentang bagaimana pacaran yang sehat dan usia yang tepat. Serta hal terpenting adalah memberitahu batasan dalam berpacaran kepada anak.

Hal penting lain yang perlu diberitahukan kepada anak adalah kecermatan dalam memilih pasangan. Terlebih lagi jika anak perempuan yang rentan mengalami pelecehan, harus benar-benar bisa membedakan mana yang berniat baik dan tidak. Maka dari itulah pendidikan seksual seperti ini memang sangat penting diberitahukan kepada anak sejak dini.

2. Sebagai orang tua yang bijak pasti Anda tidak mengajarkan kekerasan kepada anak. Begitu pula dengan anak harus diberi tahu bahwa ketika memulai hubungan dengan seseorang maka harus menghindari kekerasan. Baik pria maupun wanita, kekerasan itu adalah hal yang tidak diperkenankan dan buruk. Ini penting diajarkan kepada anak, yaitu mengenai jenis kekerasan yang bisa saja diterima jika berhubungan dengan orang yang buruk.

  • Stalking, ini adalah perbuatan menguntit dan masuk dalam kategori kekerasan juga. Karena hal ini tentu menyeramkan, karena akan diawasi dan perlu untuk diwaspadai.
  • Kekerasan digital, hal ini memang tidak secara langsung karena melalui platform digital. Bentuknya adalah seperti penghinaan, ejekan, hingga pencemaran nama baik.
  • Kekerasan finansial, ini adalah bentuk perbuatan yang berusaha menguasai seseorang dengan menggunakan uang. Meskipun hal ini tidak terlihat, tetapi termasuk ke dalam kategori kekerasan.
  • Kekerasan seksual, ini bisa berupa ejekan atau pelecehan fisik yang bersifat merendahkan secara seksual. Hal ini adalah kekerasan yang harus dihindari, karena memang akan sangat merusak nama baik dan meberi trauma.
  • Kekerasan fisik, bentuk dari kekerasan ini adalah seperti memukul, mendorong, mencekik, dan berbagai jenis kekerasan melalui fisik lainnya.

Gaya pacaran jaman now memang membuat orang geleng kepala, makanya orang tua perlu ikut turun tangan. Jangan sampai hal ini berkelanjutan dan malah menjadi lebih parah dan membuat generasi muda menjadi rusak.

Cara Merayu Pacar yang Lagi Marah Hanya Lewat Chat