Gambaran Surga Dan Neraka Menurut Al-Quran

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
18320-sunshine surga
Daftar Topik

Ahlussunnah wal jamaah memiliki keyakinan bahwa surga dan neraka adalah ada. keyakinan ini tidak terlepas dari firman Allah dalam surah Al Baqarah ayat 24 sampai 25.  Dimana inti dari ayat tersebut adalah manusia diperintahkan untuk memelihara dirinya dan keluarganya dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Neraka ini disebutkan oleh Allah hanya untuk orang yang kafir. Lalu, bagi mereka yang memiliki iman dan selalu berbuat baik tempat kembalinya adalah surga dimana mengalir di bawahnya sungai-sungai.

Mengimani adanya kedua tempat tersebut berarti membenarkan adanya surga dan neraka, sehingga hal itu merupakan salah bentuk iman kita kepada Allah. Manusia akan selalu diberi pilihan untuk menjalani hidupnya, entah itu menuju surga atau neraka. Surga dan neraka telah digambarkan secara jelas oleh Allah dalam al quran.

Surga dan Kenikmatannya


Surga dan segala kenikmatannya tidak jarang digambarkan oleh Allah lewat firmannya dalam al-Quran maupun hadis Qudsi. Seringkali pula Allah menggambarkan keadaan surga dengan berfirman yang intinya adalah Allah telah menyiapkan untuk hamba-hambanya yang bertaqwa apa yang tidak pernah didengar oleh telinga, apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, serta tidak pernah terlintas dalam hati setiap manusia.

Selanjutnya Allah juga seringkali membedakan antara surga dan neraka, atau akhirat dengan dunia yang tentunya tidak sebanding. Allah mengecilkan dunia dan membesarkan akhirat. Dimana Nabi juga pernah bersabda bahwa di surga tanpa cemeti lebih baik dari dunia seisinya.

Kenikmatan surga juga dibahas dalam al-Quran surah an-Nisa ayat 13 yang berisi bahwa siapapun yang taat kepada Allah dan Rasulnya, maka baginya adalah surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan mereka akan kekal di dalamnya.

1. Penamaan surga

Secara bahasa surga disebut dengan al-bustan yang artinya kebun atau sebuah kebun yang di dalamnya terdapat pepohonan. Bangsa Arab sendiri menyebut kebun kurma sebagai al jannah. Sedangkan jika diartikan secara istilah surga adalah tempat yang telah disediakan oleh Allah untuk orang-orang yang taat, yang di dalamnya terdapat  segala kenikmatan, kebahagiaan, kelezatan serta kesejukan.

Surgajuga disebut  memiliki beberapa tingkatan yang disebut dengan nama-nama tertentu seperti Darus Salam (surah Yunus ayat 25), Darul Khuld (surah Qaf ayat 34), Jannatun Na’im (surah Luqman ayat 8), dan al-Firdaus (surah al-Kahfi ayat 108).

2. Pintu-pintu surga

Dinyatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Sahl bin Saad, bahwa Rasulullah bersabda “Di dalam surga terdapat delapan pintu, salah satunya adalah ar-Rayyan dan tidak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa”.

Selain itu, diriwayatkan oleh sahabat lain yaitu Utbah bin Ghazawan RA yang menuturkan bahwa Rasulullah pernah bersabda tentang jarak antara satu pintu dan pintu lainnya berjarak sekitar empat puluh tahun perjalanan, serta akan datang hari dimana orang-orang berdesakan untuk memasukinya.

3. Tingkatan surga

Ada banyak tingkatan surga, kedudukan surga yang paling tinggi adalah surga firdaus. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dimana Nabi sendiri memerintahkan umatnya untuk berdoa memohon surga Firdaus. Bunyi hadis tersebut adalah “Jika kalian meminta kepada Allah, maka mintalah kepada-Nya Firdaus yang merupakan surga paling utama dan tingkatan tertinggi, di dalamnya terdapat Arsy ar-Rahman dan pada Firdaus itulah memancar sungai-sungai surga”.

4. Bangunan dalam surga

Allah tidak memandang derajat seseorang dari keduniawian yang dimilikinya, namun siapapun yang bertaqwa kepada Allah maka orang tersebut layak mendapat penghargaan di akhirat. Hal ini dibuktikan dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al Asy’ari bahwa di dalam surga akan dibangun kemah yang terbuat dari mutiara yang disediakan bagi mereka yang mukmin.

5. Makanan penghuni surga

Penghuni surga adalah kumpulah orang-orang pilihan. Di dalamnya dapat eminta segala jenis makanan maupun minuman. Seperti yang dijelaskan dalam surah Al Waqiah ayat 20-21 bahwa para penghuni surga akan mendapatkan makanan apapun yang mereka sukai. Selain itu, minuman penghuni surga adalah air kafur dan mereka meminumnya dari piala atau bejana emas.

Dahsyatnya Neraka


Selain surga, ada pula neraka yang disiapkan oleh Allah untuk mereka yang tidak beriman kepada-Nya serta mendustakan Rasul yang diutus kepada mereka. Maka mereka itulah yang akan menerima azab yang sangat pedih. Neraka adalah tempat dimana penderitaan antara hidup dan mati dan hal itu merupakan kehinaan bagi siapapun. Hal ini selaras dengan firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 192. Selain itu, neraka juga merupakan seburuk-buruk tempat kembali (surah Az Zumar: 15).

Neraka secara bahasa disebut An-Naar yang artinya api (Al-lahab), dimana seperti yang kita tahu sifat api adalah membakar. Maka di dalam neraka tersebut ada kobaran api yang menyala-nyala (surah al Ahzab: 64). Ada banyak nama neraka yang tersebut dalam al-Quran diantaranya jahannam (an-Naba’: 21-22), as-Sa’ir (QS. Asy-Syura: 7), al-Jahim (QS. An-Naziat: 36), dll.

1. Panas api neraka

Rasulullah mengibaratkan panas api neraka dengan 70 kali lipat panas yang ada di dunia. Dimana beliau membuat contoh dengan menuturkan “Api kalian, yang dinyalakan oleh anak Adam, hanyalah satu bagian dari 70 bagian nyala api Jahannam”

2. Makanan dan minuman penghuni neraka

Diterangkan dalam surat Al-Ghasiyah ayat 6-7 bahwa makanan penghuni neraka hanyalah pohon berduri yang tidak mengenyangkan dan tidak menggemukkan. Pohon yang dimaksud menurut Said bin Jubair adalah pohon zaqum.

Sedangkan minuman bagi para penghuni neraka adalah sesuatu yang menjijikkan yaitu air nanah yang hampir tidak bisa dia telan (QS. Ibrahim: 16-17). Serta berupa air mendidih yang akan memotong ususnya dan mencerai-beraikan kulit mereka (QS. Muhammad: 47).

Setelah mengetahui gambaran surga dan neraka di atas tentunya hal itu diharapkan bisa menambah keimanan kita, dimana Allah akan memberi imbalan surga bagi mereka yang bertaqwa dan neraka untuk mereka yang ingkar. Semoga kita termasuk manusia yang dirahmati oleh Allah sehingga elak mendapat surga yang penuh kenikmatan.

BACA JUGA! 

Tata Cara Beserta Bacaan Sujud Sahwi yang Benar

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP