Karya Gambar Cerita: Pengertian, Ciri, dan Fungsinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cerita-rakyat-lutung-kasarung
Daftar Topik

Pengertian Gambar Cerita – Membuat karya gambar cerita merupakan salah satu materi yang diajarkan pada Kelas 5 SD. Materi ini bisa ditemukan di Tema 2 Subtema 3. Gambar cerita punya ciri khas yang unik dan beda dengan cerita lainnya. Diantaranya adanya gambar yang membuatnya lebih menarik.

Kali ini Blog elevenia akan mengupas secara lengkap tentang gambar cerita. Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya.

Pengertian Gambar Cerita

pengertian-gambar-cerita

Ganbar cerita ialah kombinasi antara gambar dan tulisan yang membentuk sebuah cerita. Sebuah gambar dalam cerita biasanya menunjukkan kegiatan atau adegan yang dilakukan tokoh cerita.

Untuk tokoh yang digambarkan, biasanya terdiri dari beragam jenis. Bisa manusia, hewan, tumbuhan bahkan berbagai benda lain yang ada di sekitar kita. Gambar cerita sangat mudah ditemukan. Contohnya pada beragam buku ilustrasi anak, dongeng, hingga komik.

Fungsi Gambar Cerita

gambar-cerita

Gambar cerita memiliki beberapa fungsi penting. Namun ada satu fungsi utama bagi gambar ini. Yaitu untuk memberikan ilustrasi dan gambaran yang detail kepada pembaca mengenai imajinasi serta peristiwa yang ada di dalam cerita.

Selain itu adanya gambar di dalam cerita dapat membuatnya menjadi kelihatan lebih menarik, menyenangkan serta berkesan saat dibaca. Terutama pada gambar cerita yang full color atau berwarna. Selain itu ragam kejadian yang ada di cerita jadi makin mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Ciri Gambar Cerita

ciri-gambar-cerita

Gambar cerita memiliki beberapa ciri, antara lain:

  1. Jumlah gambar dalam cerita lebih banyak ketimbang tulisan.
  2. Gambar yang ada memiliki alur yang berurutan.
  3. Gambar menjelaskan cerita yang terjadi.
  4. Terdapat balon dialog pada tokoh. Namun, ada juga buku cerita yang menuliskan dialog tokoh dibawah gambar cerita.

Cara Membuat Gambar Cerita

membuat-gambar-cerita

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat gambar cerita. Berikut ulasan singkat mengenai langkah mudah pembuatan gambar cerita:

  1.  Tentukan tema dan ide pokok untuk membuat cerita yang ingin digambarkan dalam gambar cerita. Setelah menentukan ide pokok, kamu dapat mulai merancang beberapa unsur penting lain di dalam cerita. Seperti menentukan alur, penokohan, latar, gaya bahasa, sudut pandang, hingga amanat.
  2. Gambarkan sketsa tokoh sesuai dengan adegan yang ingin digambarkan dengan pensil. Pensil lebih mudah untuk dihapus dengan penghapus karet.
  3. Setelahnya, kamu bisa menggunakan spidol atau drawing pen untuk menebalkan sketsa yang sudah jadi.
  4. Berilah warna gambarmu sesuai selera. Di sini, kamu bebas untuk menggunakan beragam pewarna. Seperti pensil warna, krayon, spidol hingga cat air.
  5. Terakhir, tambahkan beberapa dialog untuk melengkapi gambar cerita buatanmu.

Sebagai tips tambahan, bagi kamu yang lebih profesional dapat menggunakan program desain grafis untuk mengikuti langkah-langkah di atas. Seperti Adobe Photoshop, Ibispaint, Medibang, dan Clip Paint Studio (CSP). Kamu bisa menggunakan handphone, laptop, PC maupun komputer tablet untuk menggambar. Untuk lebih maksimal, kamu juga bisa mengunakan drawing tab sebagai alat gambar utamamu.

Itu dia tadi info tentang materi gambar cerita untuk kelas 5 SD. Semoga bermanfaat!

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP