Menambahkan Gadget Windows 10 pada Desktop

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
(3) Mendapatkan Gadget Desktop Kontemporer Melalui Rainmeter
Daftar Topik

Gadget windows 10.  Bagi kamu yang belum tahu apa sih gadget desktop itu? Gadget desktop merupakan suatu widget yang bisa ditambahkan ke desktop Windows dengan tujuan meningkatkan produktivitas pengguna. Fitur ini pertama diperkenalkan pada sistem operasi Windows Vista. Beberapa gadget desktop ada yang sudah disediakan bersamaan dengan distribusi Windows. Namun selama beberapa tahun kemarin, gadget desktop sudah tidak tersedia lagi. Eits, kamu tidak perlu khawatir karena widget satu ini sudah bisa ditambahkan ke Windows 10 dengan menggunakan alat pihak ketiga.

Dulunya, gadget desktop sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Widget satu ini dapat menampilkan cuaca, waktu, catatan tempel, hingga kecepatan pada CPU. Pada dasarnya gadget desktop adalah aplikasi mini yang dapat diletakkan di sekitar desktop dan sebagian besar berada di sisi kanan. Namun, terkadang gadget desktop juga bersembunyi di balik aplikasi utama kamu dan bertindak seolah-olah merupakan bagian dari latar belakang desktop, lho.

Tapi, sangat disayangkan setelah kedatangan Windows 8, widget satu ini mulai ditinggalkan. Untungnya, setelah kedatangan Windows 10 sebagai salah satu lawan dari pendekatan Start Screen pertama pada Windows 8, gadget desktop dan alat-alat serupa sudah dapat dipulihkan.

Kerentanan Keamanan yang Dapat Membunuh Windows Gadgets

Alasan utama mengapa Microsoft memilih untuk melepaskan gadget dari versi Windows yang lebih baru adalah terkait kerentanan keamanan. Pada tahun 2012 lalu, Microsoft juga mengumumkan bahwa kerentanan dalam gadget dapat memungkinkan terjadinya operasi ataupun berjalannya Eksekusi Kode Jarak Jauh. Dalam hal ini, penyerang jarak jauh dapat memperoleh akses secara langsung ke PC kamu. Biasanya, kode serangan tersebut berupa:

(1) Windows Desktop Gadgets

“Beberapa gadget yang sah … dapat mengandung kerentanan” dan kamu bisa tertipu dengan menginstal “Gadget jahat.”

Dari kedua kode serangan tersebut, peretas dapat langsung menjalankan kode di bawah profil akunmu dan berpotensi untuk membuka pintu belakang malware lain hingga bisa membajak seluruh PC kamu. Sebelum kedatangan Windows 8, gadget desktop pada Windows Vista dan Windows 7 terus dilakukan perbaikan untuk meminimalisir adanya peretasan. Namun, setelah Windows 8 dirilis, gadget desktop sudah tidak tersedia lagi.

Cara Mendapatkan Gadget Baru di Windows 10 dengan Kualitas Widgets HD

Biasanya gadget desktop tersedia dari Microsoft Store. Pada Windows 10, alangkah baiknya untuk menggunakan Widgets HD. Caranya sangat mudah, kamu cukup menginstal aplikasi, lalu jalankan, dan klik widget yang ingin kamu lihat serta kamu pilih. Setelah gadget tersebut dimuat, widget dapat diposisikan ulang pada desktop Windows 10 dan aplikasi utama pada desktop mu dapat ditutup.

(3) Mendapatkan Gadget Desktop Kontemporer Melalui Rainmeter

Untuk menjalankan widget pada Windows 10 sama halnya dengan yang ada pada Windows Vista. Kamu cukup mengarahkan mouse ke atas widget yang menunjukkan tombol X untuk menutup widget tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengaturnya pada tombol pengaturan. Contohnya seperti pada widget cuaca dan jam yang mengharuskan kamu untuk menyesuaikan dengan lokasi dimana kamu berada. Untuk satuan cuaca, kamu juga dapat memilih antara Fahrenheit maupun Celcius. Sangat menarik bukan?

Walaupun gadget desktop gratis, aplikasi satu ini juga menawarkan pembelian dalam jenis widget tambahan pada aplikasi. Misalnya seperti feed berita, tes kecepatan internet, galeri gambar, dan sebagainya.

  • Windows Desktop Gadgets

Windows desktop gadgets yang biasa digunakan adalah DesktopgadgetsRevived-2.0.exe.

Untuk gadget desktop satu ini, kamu harus mengekstrak file ZIP yang sudah diunduh sebelum menjalankannya. Setelah aplikasi tersebut diinstal, gadget gaya Windows Vista maupun Windows 7 tradisional dapat diakses dengan mudah. Kamu cukup mengklik kanan desktop dan pilih menu “gadgets”. Kamu dapat melihat gadget yang telah ditambahkan melalui Control Panel lalu pilih Appearance dan Personalisasi. Setelah itu, kamu dapat menambahkannya ke desktop dengan mengklik dan menyeretnya ke tempat yang kamu inginkan.

Setelah gadget tersebut terpasang, kamu dapat melihat bahwa aplikasi satu ini pada dasarnya adalah pengganti untuk gadget yang asli. Dengan mengklik ikon roda gigi di bagian sudut pengaturan, kamu dapat mengubah ukuran dan mengkonfigurasinya di setiap gadget. Pada dasarnya, hal ini adalah Gadget Desktop Windows asli yang sudah dikemas ulang untuk dijalankan pada Windows 10.

  • 8GadgetPack

(2) 8GadgetPack

Selain gadget di atas, kamu juga bisa memilih aplikasi ringan lainnya seperti 8GadgetPack. Aplikasi satu ini gratis dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan gadget di Windows 8.x dan Windows 10, lho. Untuk menggunakan 8GadgetPack, kamu bisa mengunduh setup-nya. Setelah aplikasinya terunduh dan terbuka, kamu cukup mengklik tombol + untuk membuka daftar gadget dan seret 8GadgetPack ke desktopmu. Pada gadget satu ini juga terdapat layar opsi. Dari fitur tersebut, kamu dapat mengatur warna, lokasi, dan data lainnya untuk mengkonfigurasi gadget sesuai dengan tujuan kamu. Setelah selesai, kamu harus memilih gadget yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kamu ya!

  • Mendapatkan Gadget Desktop Kontemporer Melalui Rainmeter

Apabila tangkapan layar dari gadget desktop gaya lama benar – benar tidak bisa digunakan, kamu bisa memilih opsi lain. Salah satunya adalah rainmeter. Sebenarnya apa sih rainmeter itu? Rainmeter merupakan alat yang digunakan untuk menyesuaikan desktop Windows. Fitur – fitur di dalamnya memiliki kemampuan untuk memperkenalkan informasi ke desktop seperti perkiraan cuaca saat ini dan beberapa fitur lainnya. Selain itu, rainmeter juga membuka banyak pilihan fitur untuk dipasang dan disesuaikan dengan desktop kamu. Jika kamu ingin mencari gadget windows 10 yang dapat meningkatkan produktivitas, kamu juga harus waspada ya. Karena rainmeter bisa menjadi tenggang waktu yang sangat besar sehingga tidak semuanya bisa dijalankan dengan cara yang sederhana.

Baca juga:

Cara Menambahkan IDM ke Chrome

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA