Fungsi Sertifikat Bahasa Inggris TOEFL

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10920 TOEFL Versaceoutletinc
Daftar Topik

Tes TOEFL sudah ngomong diikuti oleh orang-orang di seluruh dunia yang merupakan salah satu tes bahasa Inggris. Banyak orang yang melakukan tes TOEFL dengan berbagai alasan. Selain itu fungsi sertifikat bahasa Inggris TOEFL sendiri ada banyak sekali kegunaannya. Berikut ini adalah fungsi dari sertifikat bahasa Inggris TOEFL yang menjadikan banyak orang ingin lulus tes tersebut.

1. Syarat Masuk Perguruan Tinggi


10920 Tes Umn
Source: umn

Fungsi sertifikat bahasa Inggris TOEFL yang pertama yaitu sebagai syarat untuk masuk perguruan tinggi. Memang ada beberapa universitas negeri ataupun swasta yang yang mengisyaratkan skor TOEFL untuk syarat masuknya. Sedangkan untuk skor TOEFL yang ditentukan juga berbeda dari masing-masing universitas.

Biasanya skor TOEFL yang menjadi syarat untuk masuk perguruan tinggi dalam negeri lebih rendah daripada skor TOEFL untuk syarat masuk perguruan tinggi luar negeri. Biasanya skor TOEFL yang disyaratkan untuk masuk program S2 ataupun S3 di universitas dalam negeri adalah 450-500 (ITP TOEFL).

Sedangkan syarat skor TOEFL untuk masuk universitas di luar negeri sekitar 500-550 (ITP TOEFL). Maka dari itu, jika Anda hendak melanjutkan jenjang studi S2 dan S3 ke perguruan tinggi sebaiknya mulailah untuk belajar TOEFL serta ikut tes TOEFL dengan target skor seperti yang sudah disebutkan di atas.

2. Syarat Lulus dari Perguruan Tinggi


10920 Universitas Nasional Tempo
Source: Nasional Tempo

Sebagaimana syarat untuk masuk perguruan tinggi, fungsi sertifikat bahasa Inggris TOEFL juga dibutuhkan sebagai syarat kelulusan perguruan tinggi. Biasanya skor yang disyaratkan untuk lulus dari perguruan tinggi universitas adalah 450 (ITP TOEFL). Namun beberapa universitas juga meminta kepada calon-calon lulusan untuk mencapai skor 500 (ITP TOEFL) atau bahkan lebih.

Oleh sebab itu, selama proses perkuliahan para mahasiswa diharuskan untuk mempersiapkan dirinya belajar bahasa Inggris dan memperoleh skor TOEFL yang telah disarankan oleh perguruan tingginya. Fungsi dari skor TOEFL yang menjadi salah satu syarat untuk lulus dari perguruan tinggi tersebut yaitu supaya bisa mendapatkan gelar akademik dari perguruan tinggi tempat ia kuliah.

Maka dari itu jika seorang mahasiswa masih belum bisa memperoleh target skor TOEFL yang sudah ditentukan oleh perguruan tingginya, maka ia masih belum diperbolehkan untuk ikut wisuda dan mendapatkan ijazah akademik. Akan tetapi hal tersebut juga tergantung dari kebijakan serta ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi.

3. Syarat Memperoleh Beasiswa


10920 Beasiswa Kaltim Today
Source: Kaltim Today

Calon pelamar beasiswa biasanya akan diberi syarat dari lembaga pemberi beasiswa untuk punya skor TOEFL tertentu. Hal tersebut dilakukan karena lembaga beri beasiswa diberi kepastian bahwasanya calon yang mendapatkan beasiswa dari lembaganya memang benar-benar sudah kualifikasi akademik dan juga memiliki kemampuan untuk pendukung belajar yang lainnya.

Dengan demikian, para calon penerima beasiswa sudah diyakini siap betul untuk belajar dan tidak akan ada kendala dalam bahasa pengantar perkuliahan. Selain itu ia juga diharapkan sudah tidak bingung lagi dengan bahasa literatur yang biasanya dipakai di dalam proses belajar ataupun penelitian. Sehingga hal tersebut bisa memperkecil kemungkinan penerima beasiswa akan gagal menyelesaikan studinya.

4. Syarat Melamar Pekerjaan


10290 Lamar Pekerjaan LinovHR
Source: LinovHR

Sertifikat bahasa Inggris TOEFL selain digunakan dalam dunia akademik juga berfungsi untuk syarat melamar pekerjaan. Misalnya pada beberapa lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pegawainya untuk punya skor TOEFL tertentu seperti di perusahaan ataupun CPNS. Hal tersebut dikarenakan tentu saja memiliki hubungan yang erat dengan harapan bahwa calon pelamar pekerjaan punya keterampilan dalam berbahasa Inggris yang mumpuni. Dengan demikian kelak dia akan menjadi lancar dan optimal dalam proses penyelesaian tugas-tugas di perusahaan tersebut.

Jika seseorang ingin melamar pekerjaan dan punya keterampilan dalam berbahasa Inggris tentunya menjadi salah satu nilai tambah untuknya. Terutama bagi perusahaan yang ruang lingkupnya sudah internasional dan tentu membutuhkan karyawan fasih berbahasa Inggris secara aktif dan baik sangat dibutuhkan. Baik itu spoken, conversation atau juga secara tertulis atau written.

5. Ingin Menguji Kemampuan


10920 TOEFL Versaceoutletinc
Source: Versaceoutletinc

Fungsi sertifikat bahasa Inggris TOEFL yang terakhir yaitu sebagai bukti pengujian pada kemampuan diri sendiri dalam berbahasa Inggris yang selama ini sudah ia pelajari. Selain itu, mungkin ada juga orang-orang yang mengikuti tes TOEFL ini hanya untuk iseng-iseng saja dan menjawab rasa ingin tahu tentang tes TOEFL yang dimaksud. Hal-hal seperti itu sah-sah saja bagi seseorang yang ingin ikut tes TOEFL dan mendapatkan sertifikat bahasa Inggris TOEFL.

Jadi itulah tadi beberapa fungsi sertifikat bahasa Inggris TOEFL yang pada umumnya banyak yang ingin mendapatkan sertifikat dan skor tinggi. Tentu saja hal tersebut sangat penting bagi sebagian orang karena akan menyangkut masa depan mereka. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan maupun mendaftar beasiswa dan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi S2 dan S3 tentunya sertifikat bahasa Inggris TOEFL ini sangat dibutuhkan.

Semoga Dengan hadirnya artikel ini bisa membantu Anda dalam mendapatkan jawaban Apa saja fungsi dari sertifikat bahasa Inggris TOEFL.

BACA JUGA!

5 Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Harus Diketahui Mahasiswa

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA