Fungsi Sensor Proximity yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Fungsi-Sensor-Proximity[1]
Daftar Topik

Sebagai salah satu perangkat yang memiliki segudang fungsi, tentunya kamu bisa melakukan berbagai macam hal hanya dengan smartphone. Mulai dari telepon, SMS, main game sampai dengan menonton video. Tapi apakah kamu tahu bahwa smartphone yang kamu miliki bisa menjadi canggih karena adanya sensor yang salah satunya adalah sensor proximity.

Apa sih Proximity?

Proximity ialah sensor jarak yang menggunakan sebuah sensor elektronik yang tentunya sangat mampu mendeteksi sebuah objek yang berada di sekitarnya tanpa diperlukan adanya sentuhan fisik. Bisa Bisa juga disebut bahwa sensor proximity merupakan perangkat yang bisa mengubah suatu informasi terkait dengan adanya suatu gerakan ataupun adanya objek dan menjadi sinyal listrik.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait fungsi sensor proximity, maka simak artikelnya di bawah ini.

Fungsi Proximity Sensor pada Smartphone

Sebagaimana penjelasan tadi bahwasanya sensor proximity yang disingkat P-Sensor yaitu perlengkapan yang wajib ada pada Smartphone. Tentunya kamu pernah tahu bukan ketika sedang melakukan panggilan telepon dan smartphone didekatkan ke telinga maka smartphone kamu otomatis akan mati.

Nah itulah fungsi sensor proximity pada smartphone yang cara kerjanya akan mendeteksi keberadaan objek yang mendekati dan kemudian memberikan sinyal untuk mematikan layar smartphone. Akan tetapi, ketika kamu sudah hampir selesai melakukan panggilan telepon, maka sensor proximity Akan mengirim sinyal guna mengaktifkan lagi layar smartphone.

Jenis-jenis Proximity Sensor (Sensor Jarak)

Ada 4 jenis proximity sensor di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Inductive Proximity Sensor (Sensor Jarak Induktif)

inductive proximity sensor atau sensor jarak induktif merupakan sensor darat yang dipakai untuk mendeteksi adanya logam baik itu jenis non ferrous maupun ferrous. Sensor tersebut bisa dipakai untuk mendeteksi adanya objek logam, menghitung logam serta aplikasi pemosisian. Sensor induktif tersebut sering dipakai untuk mengganti saklar mekanis sebab memiliki kemampuan bisa beroperasi dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan saklar mekanik biasa. Selain itu, sensor jarak induktif juga lebih kuat dan handal.

  • Capacitive Proximity Sensor (Sensor Jarak Kapasitif)

Kapasitif proximity sensor atau sensor jarak kapasitif merupakan sensor jarak yang bisa mendeteksi komposisi kimia, gerakan, tingkat serta komposisi cairan atau juga tekanan. Sensor jarak kapasitif tersebut bisa mendeteksi adanya bahan bahan dielektrik rendah misalnya seperti kaca maupun plastik serta bahan bahan dielektrik yang jauh lebih tinggi.

Pada dasarnya sensor jarak kapasitif tersebut serupa dengan sensor jarak induktif. Letak perbedaan kedua konsep tersebut yaitu medan elektrostatik dihasilkan oleh sensor kapasitif dan medan elektromagnetik dihasilkan oleh sensor induktif. Elemen aktif tersebut karena dibentuk oleh dua elektroda logam. Keduanya telah diposisikan guna membentuk ekuivalen dengan kapasitor yang terbuka.

Elektroda itu akan diletakkan pada rangkaian osilasi yang memiliki frekuensi yang tinggi. Saat terdapat suatu objek yang mendekat ke permukaan sensor tersebut, maka nantinya medan elektrostatik pelat logam itu akan terinterupsi. Kemudian bisa mengubah kapasitansi sensor jarak itu sendiri. Perubahan tersebut mampu untuk mengubah kondisi yang ada di dalam pengoperasian sensorĀ  dan menjadikannya mampu untuk mendeteksi adanya suatu objek.

  • Ultrasonic Proximity Sensor (Sensor Jarak Ultrasonik)

Sensor jarak ultrasonik atau Ultrasonic proximity sensor memakai suatu prinsip koperasi yang mana prinsip tersebut menyerupai sonar atau radar. Prinsip tersebut menghasilkan gelombang frekuensi yang cukup tinggi guna gema yang telah diterima setelah adanya pantulan dari objek yang telah mendekatinya.

Sensor jarak ultrasonik tersebut mampu untuk menghitung waktu antara penerimaan sinyal dengan pengirimannya. Itu bertujuan guna membentuk jarak objek bersangkutan. Ultrasonic proximity sensor itu sering dipakai guna mendeteksi adanya suatu objek serta mengukur jarak objek disuatu proses otomasi di pabrik.

  • Photoelectric Proximity Sensor (Sensor Jarak Fotolistrik)

Photoelectrik proximity sensor atau sensor jarak fotolistrik memakai elemen yang peka terhadap cahaya. Itu bertujuan guna mendeteksi adanya suatu objek. Sensor proximity fotolistrik tersebut terdiri dari sumber cahaya serta penerima. Ada 3 jenis sensor jarak fotolistrik yakni direct reflection, refleksi dengan reflektor dan juga thru beam.

Nah, itulah tadi fungsi sensor proximity yang harus diketahui oleh kamu guna menambah wawasan bahwa ternyata hal-hal yang tidak terduga tersebut karena adanya suatu hal yang sama sekali tidak pernah ada dalam pikiran kita. Maka dari itu, semoga artikel yang telah dibuat di atas bisa menjadi referensi dan juga rujukan untuk mencari tahu fungsi sensor proximity beserta dengan jenis-jenis sensor proximity yang lainnya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP