3 Jenis Fungsi Merge Cells pada Microsoft Excel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Logo Excel
Daftar Topik

Fungsi merge cellsMicrosoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka. Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. Tabel merupakan salah satu bentuk sajian informasi yang paling sering kita temui. Banyak fitur yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk mengolah data dalam tabel secara optimal. Salah satu fitur yang paling sering kita gunakan adalah merge cells.
Definisi dari merge  cells adalahsebuah fitur yang berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih cell yang berdekatan. Proses penggabungan tersebut akan menghasilkan satu cell gabungan. Namun yang perlu kamu ingat adalah ketiga jenis fitur ini hanya dapat digunakan pada cell yang berdekatan saja. Catatan tambahan lainnya adalah jika kamu menggunakan fitur filter & sort pada header cell range datamu, maka kamu harus berhati-hati menggunakan fitur merge cells. Penggabungan cell yang kamu lakukan akan membuat datamu menjadi tidak berurutan. Selain itu, data yang digabungkan menjadi tidak bisa diikutkan dalam proses filter.

Fungsi Merge Cells

Secara umum, fitur merge & center pada Microsoft Excel memiliki beberapa kegunaan yaitu merapikan tampilan cell dan data pada lembar kerja menjadi sesuai keinginan, mengelompokkan data tertentu dalam satu cell gabungan, dan menampilkan suatu data dengan lebih jelas dan terlihat. Fitur ini dapat diakses dari pilihan menu di tab Home pada halaman awal Microsoft Excel. Pada tab tersebut kamu akan menemukan ikon dengan nama merge & center. Microsoft Excel menyediakan 3 jenis fitur Merge and Center yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah penjabaran dari tiga jenis fitur merge & center pada Microsoft Excel. 

  • Merge & Center

fungsi merge cells 1. merge and center

Merge & center merupakan fitur yang tujuannya adalah untuk menggabungkan beberapa cells menjadi satu dan membuat data di dalamnya menjadi rata tengah. Sorot semua cell yang mau kamu gabungkan menjadi satu cell. Cell-cell yang ingin dijadikan satu harus berdekatan satu dengan yang lainnya. Jika terdapat data pada lebih dari satu cell yang digabungkan, maka data cell paling kiri ataslah yang tetap dipertahankan pada penggabungannya. Buka tab Home dan klik menu merge & center jika ingin menggabungkan cell tersebut dan membuat posisinya berada ditengah. Kalau kamu merasa jenis penggabungan tersebut kurang sesuai dengan apa yang diharapkan, kamu bisa melihat dropdown pada menu tersebut. Kamu akan menemukan jenis merge & center lainnya. 

  • Merge Across

Merge across adalah fitur untuk menggabungkan dua kolom atau lebih yang berdekatan menjadi satu kolom tanpa mengubah format alignment. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah fitur merge across tidak dapat digunakan untuk dua baris atau lebih menjadi satu baris. Contohnya, kalau kamu mau menggabungkan cell E1, E2, F1, F2, G1, dan G2 dengan menggunakan fitur Merge Across, akan menghasilkan dua gabungan cell. Berbeda dengan fitur merge & center yang hanya menghasilkan satu cell gabungan.

  • Merge Cells

fungsi merge cells 3. merge cells

Merge Cells adalah fitur yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa cells yang berdekatan menjadi satu cell tanpa mempertimbangkan kolom maupun baris serta tidak mengubah format Alignment. Pada dasarnya, fungsi Merge Cells sama saja dengan Merge & Center. Perbedaannya adalah Merge Cells tidak mengubah Format Alignment. Contohnya, kamu mau menggabungkan range A1:C4. Ketika kamu menyorot range tersebut dan memilih fitur Merge Cells, akan menghasilkan satu cell gabungan saja tanpa adanya perubahan alignment.

1. Microsoft Excel (1)

Ada kalanya kamu perlu untuk mengembalikan cell yang sudah digabungkan menjadi seperti semula. Kamu bisa menggunakan fitur terakhir yang ada dalam dropdown merge & center, yaitu unmerge cells. Sederhananya, fitur ini berfungsi untuk memisahkan gabungan cell yang tadinya sudah digabungkan. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menyorot gabungan cells yang mau dipisahkan lalu klik unmerge cells pada dropdown dari merge & center. Kalau kamu masih merasa cara ini kurang singkat, Microsoft Excel juga menyediakan jalan pintas, lho. Kamu bisa mengaktifkan fitur merge cells di Microsoft Excel hanya dengan menyorot cells yang akan digabungkan lalu tekan tombol Alt lalu H dan M pada keyboard. Kemudian dilanjutkan dengan huruf selanjutnya yang disesuaikan dengan fitur merging yang ingin kamu gunakan. Huruf C untuk merge & center, huruf A untuk merge across, huruf M untuk merge cells, dan huruf U untuk unmerge cells.

Baca Juga: Cara Membuat Watermark di Excel dengan Mudah

Kalau ternyata fitur merge & center di atas belum sesuai dengan kebutuhanmu, Microsoft Excel masih menyediakan alternatif lain buatmu. Alternatif-alternatif tersebut adalah: 

  1. Fill Justify

Fitur Fill Justify berguna untuk menggabungkan data dari banyak cell menjadi satu cell tanpa menghapus data apapun. Kalau menggunakan fitur merge & center, data yang digunakan setelah penggabungan adalah data pada cell pertama. Sedangkan pada fitu Fill Justify, semua data akan dimasukkan ke dalam cell yang digabungkan.

  1. Rumus CONCATENATE dan Ampersand (&)

Buat kamu yang mungkin lebih terbiasa menggunakan rumus dan fungsi pada Microsoft Excel, CONCATENATE dan Ampersand (&) bisa menjadi opsi yang lebih sesuai. Pada dasarnya, rumus CONCATENATE akan menggabungkan semua data yang termasuk ke dalam argumen rumus. Kamu bisa menggabungkan data apapun sesuai kebutuhanmu.

  1. Rumus TEXTJOIN

Rumus TEXTJOIN bisa kamu gunakan untuk menggabungkan banyak data menjadi satu cell. Kelebihan dari rumus ini adalah kamu bisa menggabungkan banyak data berdasarkan kriteria. Namun sayangnya fitur ini hanya dapat digunakan pada Microsoft Excel 2019 dan setelahnya.

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP