Fungsi dan Cara Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
26820 Surat Izin Usaha Kargoku Id
Daftar Topik

Indonesia bisa dibilang menjadi tempat melakukan bisnis UKM yang paling besar. Banyak orang yang merintis bisnis tersebut. Perdagangan merupakan bisnis yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Apabila Anda ingin melakukan suatu bisnis perdagangan, maka harus melakukan pengurusan surat izin perdagangan. Surat izin usaha perdagangan memiliki banyak manfaat tentunya untuk bisnis Anda. Berikut ini terkait dengan surat izin perdagangan.

Fungsi Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan


26820 Surat Izin Usaha Finansialku
Source: Finansialku

Setiap pengusaha tentunya menginginkan usaha diakui oleh negara. Terlebih lagi jika memiliki usaha jenis UKM. Memiliki surat izin perdagangan, membuat usaha yang Anda lakukan menjadi lebih mudah. Terlebih lag jika hendak mengajukan pinjaman atau agar mendapatkan dana bantuan dan sebagainya. Berikut ini merupakan fungsi yang akan didapatkan jika usaha Anda memiliki surat izin perdagangan.

  1. Setiap usaha memiliki suatu pengesahan atau peresmian tentunya dari pemerintah. Peresmian tersebut sebagai bukti bahwa usaha yang dilakukan sudah sesuai standar dan memiliki dukungan dari pemerintah. Sesuatu yang bisa digunakan sebagai bukti adalah surat izin usaha perdagangan atau yang biasa disingkat dengan SIUP.
  2. Umumnya terkedang pemerintah mengadakan suatu proses lelang. Proses lelang tersebut diperuntukkan bagi para pengusaha-pengusaha. Apabila usaha Anda memiliki SIUP, maka bisa mengikuti pelelangan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  3. Kemudian jika Anda bergerak dalam suatu perusahaaan yang didalamnya terdapat suatu kegiatan antar negara. Seperti melakukan ekspor dan juga impor. Maka memiliki surat izin usaha perdagangan, akan mempermudah Anda untuk melakukan kegiatan tersebut sekaligus.

Proses Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan


26820 Surat Izin Usaha Kargoku Id
Source: Kargoku.id

Apabila Anda seorang pengusaha maka, harus tahu syarat yang harus dilakukan untuk melakukan pengurusan SIUP. Kemudian proses pengurusan yang tepat agar surat segera jadi.

  1. Memiliki suatu akta yang bisa dijadikan bukti terhadap pendirian dari suatu usaha. Bukti tersebut berguna apabila dikemudian hari ternyata usaha yang dijalankan mengalami kendala dan harus melakukan pengurusan dengan pemerintah. Maka akan dipermudah karena telah memiliki akta pendirian.
  2. Pengurusan tersebut dapat dilakukan oleh pengusaha sendiri. Tetapi jika tidak mampu dikarenakan tidak tersedianya waktu, maka bisa melimpahkan hal tersebut kepada seseorang yang memiliki kuasa yang telah dipercaya.
  3. Kemudian Anda akan diberikan formulir untuk pengurusan surat izin usaha perdagangan. Formulir tersebut nantinya akan bermaterai 6000 sebagai bukti bahwa yang tertulis memang benar adanya.
  4. Kemudian Anda juga akan diberikan beberapa lembar surat pernyataan. Dalam hal tersebut, Anda bisa melakukan pengisian surat pernyataan sebagai keterangan dari usaha yang dilakukan dan masih banyak lagi.
  5. Selanjutnya setiap pengurusan surat pasti memerlukan syarat dokumen yang berkaitan. Anda juga harus mempersiapkan hal tersebut. Berikut ini adalah dokumen yang wajib dipersiapkan sebagai proses pengurusan surat izin usaha perdagangan.
  6. Adanya fotokopi KTP dari direktur yang memiliki kewajiban atau yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam pemegang usaha. Nantinya, KTP akan digunakan sebagai bukti identitas diri. Terkait orang yang melakukan pendirian usaha dan masih banyak lagi.
  7. Melengkapi fotokopi NPWP direktur. Setiap orang yang hendak membuka usaha pastinya memiliki penghasilan yang cukup untuk digunakan. Sudah pasti orang tersebut tergolong orang yang menerima beban pajak atau dalam artian wajib dikenakan pajak. Oleh karena itu, NPWP menjadi suatu bukti bahwa orang tersebut taat hukum dengan melakukan pembayaran pajak tepat waktu.
  8. Melengkapi fotocopy NPWP badan usaha. Suatu badan usaha juga memiliki dasar hukum tertentu dalam proses pajaknya. Jadi, badan usaha juga merupakan objek wajib pajak yang harus membayar pajak. Kelengkapan dokumen ini memang digunakan sebagai bukti, bahwa pajak dari badan usaha memang dibayarkan secara tepat dan sesuai.
  9. Lampirkan pula fotokopi dari akta pendirian usaha. Hal tersebut sebagai bukti bahwa usaha tersebut telah berdiri dan telah disetujui oleh lembaga yang berwenang. Dengan demikian, pihak pemberi SIUP bisa percaya dan pengurusan menjadi lebih mudah.
  10. Melampirkan fotokopi domisili yang menjadi tempat pendirian suatu usaha. Setiap usaha yang dilakukan harus jelas tempat pendiriannya.
  11. Memiliki neraca perusahaan.
  12. Melampirkan pas foto dari direktur. Pas foto ini nantinya akan tergantung dari lembaga yang bersangkutan. Pas foto digunakan untuk melengkapi data terkait dengan pendirian badan usaha yang dilakukan.

Proses pengajuan surat izin usaha perdagangan sebenarnya tampak mudah. Asalkan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan persyaratan yang terpenuhi. Setiap pengajuan akan menjadi lancar apabila persyaratan yang diminta tidak mengalami kendala tertentu.

Bagi Anda yang memiliki badan usaha tertentu, maka harus segera melakukan pengajuan surat izin. Memiliki SIUP merupakan bentuk kerja sama dengan pemerintah. Apabila bisnis yang dilakukan telah terdaftar dan legal menurut pemerintah, maka untuk kedepannya tidak akan mengalami kendala.

BACA JUGA!

Tips agar Usaha Kuliner Mu Laris Manis

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

30920 Jual Pulsa

7 Peluang Usaha Modal 1 Juta

Setiap orang pasti ingin membuka usaha. Namun, banyak yang menjadi kendala, berbagai kendala tersebut akhirnya