Foto Bokeh Adalah? Cara Membuat Efek Bokeh

0
30720 Bokeh Unbox Id
Source: Unbox id

Ketika memasuki dunia fotografi pastinya anda akan mendengar beberapa istilah yang sangat asing jika didengar. Salah satu istilah yang terdapat dalam dunia fotografi adalah bokeh. Mungkin jika anda merupakan orang awam akan terlihat begitu asing dengan istilah bokeh ini. akan tetapi jika anda orang yang mempunyai hobi fotografi pastinya sudah mengenal istilah tersebut.  jika sudah mengenal dengan istilah ini sudah dapat dipastikan bahwa anda akan selalu menginginkan bokeh di setiap foto kamu yang diabadikan.

Lantas apa sih istilah bokeh itu? Jika anda sangat penasaran dengan istilah tersebut, maka kami akan memberikan informasi tentang foto bokeh adalah dan bagaimana cara membuat efek bokeh.

Pengertian Efek Bokeh dalam Dunia Fotografi


30720 Bokeh B Fotogr
Source: Belajar Fotografi

Foto bokeh adalah suatu istilah yang sering digunakan dalam dunia fotografi. Bokeh itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu ‘boke’ yang mempunyai arti blur, bias, buram atau mengaburkan. Jadi, pada dunia fotografi bokeh diartikan sebagai daerah yang blur dimana diakibatkan karena terdapat di area ‘out of focus’ pada foto yang area ini diperoleh dikarenakan adanya lensa yang terbatas hingga cahaya yang mampu masuk kedalam lensa menjadi out of focus atau juga bisa disebut dengan “the way the lens rendes out of focus points of light”. Di dalam dunia fotografi, istilah bokeh ini pertama kali dikenalkan oleh seorang ahli  editor sebuah majalah photo Techniques yang bernama Mike Johnston di tahun 1997.

Maka dari itu, apabila anda melihat suatu foto yang mempunyai sebagian dari foto tersebut sangat tajam dan bagian lainnya tidak maka itulah yang dikatakan bokeh atau memiliki efek blur. Lantas, apa alasan foto bokeh itu dibuat? Foto bokeh dibuat untuk beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Menghilangkan bagian dari foto yang memang tidak dibutuhkan.
  • Menonjolkan objek utamanya.
  • Mendapatkan nilai estetika yang terdapat dalam suatu foto.

Cara Membuat Efek Bokeh Pada Foto


30720 Bokeh Viva
Source: Viva

Untuk membuat efek bokeh pada sebuah foto, sebenarnya itu tergantung dengan menggunakan kamera apa anda mengambil fotonya. Bisa dengan menggunakan kamera DSLR atau dengan menggunakan kamera pada ponsel.  Namun terdapat terdapat dua cara yang bisa anda gunakan untuk membuat efek bokeh yaitu adalah sebagai berikut.

  • Dengan melakukan pengaturan yang terdapat pada kamera sebelum anda mengambil sebuah foto
  • Mengeditnya dengan menggunakan aplikasi photo editor misalnya dengan menggunakan adobe photoshop.

Dalam menghasilkan foto dengan efek bokeh, maka ada empat hal yang akan berpengaruh terhadap tingkat kebaikan foto. Adapun empat hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Aperture atau biasa disebut dengan bukaan yang terdapat pada lensa
  • Focal length lensa
  • Jarak antara objek dengan lensa
  • Jarak antara background dengan titik fokus atau objek

Membuat Efek Bokeh dengan Adobe Photoshop


30720 Adobe Photoshop Bokeh
Source: Photoshop Cafe
  1. Langkah pertama, silahkan anda pilih suatu foto yang akan diberikan efek bokeh, dan anda bisa membukanya melalui aplikasi editor adobe photoshop ini.
  2. Kemudian, anda lakukan duplikasi layer background hingga foto tersebut akan mempunyai 2 layer.
  3. Selanjutnya anda bisa menggunakan filter blur yaitu dengan mengklik menu filter lalu klik icon blur dan pilihlah Gaussian blur.
  4. Kemudian, silahkan pilih tingkatan dari blur yang akan anda gunakan.
  5. Berikutnya rubahlah opacity layer dengan tingkatan 60%. Kemudian ubahlah jenis dari opacity menjadi darken.
  6. Lalu lakukanlah duplikasi lagi di layer background hingga foto itu menjadi tiga layer.
  7. Di layer foto yang ketiga, silahkan anda pilih filter blur yakni dengan pergi ke menu filter lalu klik icon blur dan pilihlah Gaussian blur.
  8. Kemudian, anda bisa meningkatkan blur dei layer ketiga ini.
  9. Berikutnya rubahlah opacity layer dengan tingkatan 40 %. Kemudian ubahlah jenis dari opacity menjadi lighten.
  10. Langkah selanjutnya layer backgroundnya silahkan di unselect yaitu dengan cara klik sebuah icon mata.
  11. Kemudian silahkan anda pilih menu merge visible yang berada di icon mata tersebut.
  12. Lalu layer backgroundnya bisa anda select lagi yaitu sama dengan cara klik icon mata tersebut.
  13. Di foto yang terdapat di layer kedua, anda bisa menghapus dengan menggunakan eraser di bagian yang akan dibuat lebih tajam.
  14. Dan terakhir, anda bisa menyimpan foto tersebut dengan menggunakan format yang diinginkan.

Nah itulah sedikit informasi tentang foto bokeh adalah efek yang sering digunakan dan bagaimana cara membuat efek bokeh yang bisa kami bagikan.  Bagaimana, sangat mudah bukan untuk membuat foto dengan efek bokeh?  Jadi jika anda masih seorang pemula ataupun bukan seseorang yang suka dengan dunia fotografi sangat wajib nih untuk mengetahui apa itu efek bokeh.

BACA JUGA!

Teknik Dasar Fotografi Produk yang Wajib Diketahui