Ukuran dan Format Video Terbaik untuk Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
4. Ukuran video
Daftar Topik

Format video terbaik. Kebanyakan masyarakat kini hidup seperti tak terpisahkan dengan media sosial. Youtube salah satunya. Siapa yang tidak mengenal Youtube? Media sosial satu ini seringkali disebut lebih dari TV. Bagaimana tidak, dengan Youtube masyarakat kini bisa menyaksikan berbagai tayangan menarik sesuai minatnya kapanpun dan dimanapun mereka mau. Pilihan tayangan dengan unsur komedi, horor, tentang kecantikan, kuliner bahkan tayangan khusus anak-anak pun bisa disaksikan di Youtube. Nah menariknya, Youtube kini semakin diminati karena bisa menjadi tempat menyalurkan kreatifitas sekaligus mendapatkan penghasilan. Tidak mengherankan lagi kini Youtube menjadi primadona karena selain bisa mengunggah video secara gratis, Youtube membuka kerjasama dengan para youtuber seluruh dunia guna menjadi publisher google adsense. Jadi dengan Youtube, kamu bisa menghasilkan uang dari setiap video yang diunggah.

Mungkin kamu yang tengah membaca tulisan ini adalah termasuk orang yang mulai tertarik dan berminat terjun di dunia per’Youtube’an. Kalau begitu, pas banget disini kami ingin memberikan beberapa tips agar video yang kamu unggah ke Youtube memiliki kualitas baik dan menarik untuk ditonton. 

Sebelum mengunggah video ke Youtube, hal utama yang perlu ketahui adalah bahwa terdapat banyak sekali jenis atau format video yang bisa kamu buat. Jika kamu ingin mengunggah video ke Youtube, penting bagi kamu untuk memperhatikan hal-hal berkaitan dengan kriteria video seperti ukuran dan format video. Untuk mengunggah video di Youtube dengan hasil yang memuaskan, kamu harus memperhatikan kualitas video kamu agar ukuran pas dengan pemutar video Youtube. Hal tersebut perlu dilakukan karena jika tidak, kemungkinan besar video yang sudah kamu buat tidak bisa diunggah.

cara memindahkan lagu dari hp ke laptop dengan kabel data

Apapun tujuanmu mengunggah video ke Youtube, tugas utama yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas video yang akan diunggah. Kualitas video merupakan potensi yang menjadikan video kamu lebih disukai dan channel Youtube kamu akan mendapatkan reputasi baik dari Youtube. Dengan begitu, video-video yang kamu unggah di channel pun akan sangat mudah ditemukan dalam hasil pencarian Youtube. Nah membicarakan kualitas video, hal apa sih yang tercakup di dalamnya? Jadi, kualitas video ini sangat ditentukan oleh format yang kamu pilih serta ukuran video yang cocok. 

Lalu bagaimana sih format serta ukuran video yang direkomendasikan untuk diunggah ke Youtube agar tampilannya lebih maksimal? Berikut format dan ukuran video terbaik untuk diunggah ke channel Youtube. Disimak yuk.

Format Video Terbaik untuk Youtube

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa terdapat banyak sekali video yang dapat kita buat, mulai dari MP3, MP4, MKV, 3GP, dan lain sebagainya. Akan tetapi, dari sekian banyaknya format video yang ada, tidak semua mendukung untuk diunggah ke Youtube. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengunggah video ke Youtube dan tidak menginginkan munculnya keterangan format file tidak valid, bisa memperhatikan list format yang mendukung atau format yang dapat diterima oleh Youtube dibawah ini.

  • MOV
  • AVI
  • MP4 atau MPEG
  • WMV
  • FLP
  • MPEG PS
  • 3GPP
  • WebM

Jika kamu kebetulan memiliki video yang ingin diunggah ke Youtube dan tidak sesuai dengan format di atas, maka kamu harus mengubah atau convert videonya terlebih dahulu. Berikut ada beberapa tools yang bisa kamu pilih untuk melakukan convert video.

cara memindahkan lagu dari hp ke laptop dengan kabel data

1. iMovie

Aplikasi video editor ini khusus untuk kamu pengguna Mac OS yang juga dapat digunakan sebagai software video converter.

2. Windows Movie Maker

Aplikasi ini berbasis windows sederhana dan juga gratis dari microsoft.

3. Pinnacle Studio

Aplikasi satu video editor satu ini berbayar dan sangat kaya akan fitur. Meskipun berbayar, aplikasi ini sesuai dan recomended untuk kamu gunakan.

Ukuran Video Terbaik untuk Youtube

Setelah membicarakan format, kini saatnya beralih ke ukuran video. Membicarakan ukuran sebuah video, terdapat banyak sekali ukuran yang bisa kamu pilih. Namun kamu tetap harus memperhatikan ukuran dari video jika ingin mengunggah ke Youtube dengan hasil yang maksimal.

Hal penting yang perlu kamu ketahui bahwa Youtube menggunakan aspek ratio 16:9. Oleh karena itu, kamu harus memastikan ukuran video yang akan diunggah ke Youtube memiliki resolusi atau aspek rasio 16:9.

1. youtube

Berikut ukuran aspek rasio 16:9 dalam pixel:

  • 240p : 426 x 240 
  • 360p : 640 x 360
  • 480p : 854 x 480
  • 720p : 1280 x  720
  • 1080p : 1920 x 1080
  • 1440p : 2560 x 1440
  • 2160p : 3840 x 2160

Sebenarnya kamu bisa saja mengunggah video dengan ukuran selain di atas. Akan tetapi, biasanya kalau ukuran video rationya bukan 16:9, tampilan video akan tidak terlihat pas saat dijalankan di player Youtube.

Oh iya, khusus untuk kamu yang senang video dengan resolusi tinggi, berikut rekomendasi setelan untuk encode upload:

  • Format video MP4 / MPEG-4 dengan resolusi HD minimal 1080p
  • Audio Codec: AAC-LC 
  • Video Codec: H264
  • Frame Rates (Ini sebaiknya disesuaikan dengan video material aslinya supaya tidak terlihat seperti patah-patah).

Nah itu dia pembahasan seputar format dan ukuran video terbaik yang bisa kamu aplikasikan saat akan mengunggah video ke channel Youtube. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca juga:

Cara Cek Kecepatan Internet yang Harus Kamu Tahu

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP