Font untuk Printer Dot Matrix yang Digunakan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Font Untuk Printer Dot Matrix - 1
Daftar Topik

Font untuk printer dot matrix. Bagi para pengusaha, perkembangan teknologi merupakan salah satu jawaban untuk memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis agar berjalan efektif dan efisien. Dalam hal akuntansi, kini sudah banyak aplikasi System Application and Processing atau SAP yang memudahkan para pengusaha untuk mengelola keuangan mereka hingga membuat laporan keuangan. Dalam hal pencatatan arus keluar masuk barang, para pengusaha dapat menggunakan aplikasi web based seperti Jurnal dan Moka, yang mengakomodir fitur pemantauan stok barang. Dalam hal mencetak dokumen untuk kepentingan usaha, pastinya pengusaha menggunakan printer. 

Saat ini printer menjadi salah satu jenis aset tetap yang wajib dimiliki oleh para pengusaha, mengingat fungsi dan kebutuhan untuk digunakan sehari-hari. Umumnya, sebuah kantor pasti memiliki printer Inkjet dan Laserjet. Printer Inkjet merupakan printer yang memiliki cartridge atau tinta berbagai macam warna pada satu printer, sedangkan printer Laserjet merupakan printer yang memiliki cartridge satu warna saja. Namun, bagi beberapa kantor lainnya, mereka juga memiliki printer Dot Matrix. Wah, printer dot Matrix berbentuk seperti apa? Fungsinya untuk apa? Apakah kita wajib punya? Sebelum memutuskan untuk membeli printer Dot Matrix, kamu bisa membaca artikel ini terlebih dahulu agar memahami printer apa yang kamu butuhkan ya!

Printer Dot Matrix?

Font Untuk Printer Dot Matrix - 1

Printer Dot Matrix merupakan jenis printer “impact printer”, sebuah printer yang bekerja dengan cara “mengetuk” dalam mencetak dokumen. “Berarti printer Dot Matrix sama halnya seperti mesin ketik?” Betul sekali, pada dasarnya printer Dot Matrix mengadopsi konsep mesin ketik yang menggunakan pita dengan print head. Pita pada printer Dot Matrix akan berperan menggantikan tinta yang digunakan pada printer Inkjet dan Laserjet. Jika berbicara tentang ketahanan, printer Dot Matrix memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan printer Inkjet dan Laserjet dalam hal mencetak dokumen yang banyak dan rutin. 

“Apakah semua perusahaan memerlukan printer Dot Matrix?” jika kamu bertanya seperti itu, maka jawabannya adalah tidak. Tidak semua perusahaan memerlukan printer Dot Matrix. Perusahaan atau usaha yang cocok menggunakan printer Dot Matrix adalah usaha-usaha yang aktivitas bisnisnya banyak mencetak dokumen, seperti usaha penjualan barang dan ekspedisi. Seperti pada penjelasan sebelumnya, printer Dot Matrix memiliki ketahanan mencetak dokumen dalam skala besar yang lebih tinggi dibandingkan printer jenis lain, hal ini tentu menguntungkan pengusaha karena mampu menekan biaya pembelian printer. 

Kelebihan dan Kekurangan

Font Untuk Printer Dot Matrix - 2

Bagi kamu yang masih galau untuk membeli printer Dot Matrix, berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh printer Dot Matrix, yaitu: 

  1. Ketahanan dalam mencetak dokumen dalam kuantitas yang banyak tinggi
  2. Dalam mencetak dokumen, printer Dot Matrix hanya membutuhkan pita atau ribbon yang harganya lebih murah dibandingkan dengan tinta
  3. Printer Dot Matrix memiliki kelebihan yaitu dapat mencetak dokumen rangkap sekaligus
  4. Biaya maintenance atau perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan jenis printer yang lainnya

Walaupun memiliki keunggulan, printer Dot Matrix juga memiliki kekurangan seperti:

  1. Memiliki suara yang berisik
  2. Resolusi cetak rendah
  3. Tidak cocok untuk mencetak gambar

Font yang digunakan

font 4

Pada lingkungan sehari-hari, kamu dapat menemukan hasil cetakan printer Dot Matrix pada faktur penjualan atau pada resi ekspedisi. Jika kamu jeli melihat struk belanja, kamu akan menyadari bahwa faktur penjualan antar toko akan memiliki jenis font yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kita dapat mengubah font printer Dot Matrix. Printer Dot Matrix telah menyediakan beberapa jenis font bawaan yang dapat kamu ubah sesuai dengan selera. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah font pada printer Dot Matrix. 

  1. Hidupkan printer Dot Matrix;
  2. Kemudian tekan tombol “Pause” selama 3 hingga 5 detik, tunggu hingga lampu indikator yang terletak dekat dengan tombol “Pause” berkedip;
  3. Setelah lampu indikator berkedip, langkah selanjutnya adalah tekan tombol “Font” untuk mengganti jenis font yang ingin kamu gunakan. Tanda jika kamu sudah berganti dari satu tipe font ke tipe font yang lainnya adalah saat printer Dot Matrix telah mengeluarkan suara;
  4. Jika sudah memilih jenis font, kamu dapat menekan tombol “Pause” sekali lagi untuk menyimpan font yang sudah dipilih. 

mesin ttik 3

Rekomendasi Printer Dot Matrix Terbaik

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang elektronik membuat produk berbagai jenis printer, termasuk printer Dot Matrix. Tidak hanya memproduksi printer Dot Matrix, merek-merek tersebut juga memproduksi printer Dot Matrix dengan berbagai macam tipe dan fungsi. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk kamu yang sedang bingung memilih printer Dot Matrix. 

1. Epson Printer Dot Matrix tipe LX310 (Rp2.250.000)

Memiliki kecepatan cetak mencapai 357 karakter per detik pada mode High Speed Draft Mode. 

2. Epson Printer Dot Matrix tipe LQ-310 (Rp2.766.000)

Memiliki jumlah dot Matrix sebanyak 24 pin, sehingga mampu mencetak hingga 416 karakter per detik pada High Speed Draft Mode. 

3. Epson Printer Dot Matrix tipe LQ-590 (Rp6.700.000)

Merupakan printer Dot Matrix yang ekonomis dengan fitur Eco-Drive untuk menekan penggunaan listrik. 

4. Epson Printer Dot Matrix tipe LQ-2190 (Rp8.400.00)

Merupakan printer Dot Matrix yang berukuran lebih besar dengan kecepatan cetak mencapai 480 karakter per detik. 

Printer Dot Matrix cocok digunakan untuk kamu yang terbiasa mencetak dokumen seperti Faktur Penjualan dalam volume yang banyak, karena dengan printer Dot Matrix kamu dapat mencetak lebih cepat namun tetap menjaga umur printer dengan biaya pemeliharaan yang rendah. Selain rekomendasi printer di atas, kamu dapat menemukan printer Dot Matrix dengan kualitas yang bagus dengan harga yang lebih affordable loh! Semoga bermanfaat! 

Baca juga:

10 Jenis Font Sertifikat dan Piagam

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP