Belajar Menulis dengan Font Titik Titik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
keluarga - 3
Daftar Topik

Font titik titik. Bagi orang tua, perkembangan buah hati merupakan sebuah tahapan yang tidak dapat dilupakan dan dilewatkan. Pada balita, perkembangan mereka akan sesuai dengan tahapan umur mereka masing-masing. Mulai dari belajar memegang sebuah benda, merangkak, hingga berjalan, semuanya akan berjalan sesuai dengan umur dan tentu akan diabadikan dan menjadi memori indah bagi orang tua. Momen lainnya yang juga tidak kalah indah adalah saat belajar bersama si kecil tentang menulis.

Menulis merupakan salah satu tahapan yang pasti dilalui oleh anak, namun setiap anak memiliki waktu untuk mulai siap belajar menulis yang berbeda-beda. Tidak sedikit orang tua yang kebingungan untuk menentukan kapan si kecil siap untuk diajarkan menulis. Sebagian orang tua beranggapan bahwa semakin dini anak diajarkan menulis, maka tingkat kepintaran si anak akan semakin dini terasah, namun sebagian lainnya juga beranggapan bahwa tahapan perkembangan anak dalam hal menulis cukup saat akan memasuki sekolah paling dini. Keduanya tidak ada yang salah asalkan orang tua mampu melihat kesiapan si kecil untuk belajar menulis. 

Ciri-Ciri Si Kecil Siap Untuk Belajar Menulis

anak kecil - 5

Ketika orang tua telah melihat si kecil siap untuk belajar menulis, orang tua dapat perlahan-perlahan mengenalkan tentang belajar menulis kepada si kecil. “Kira-kira ciri-ciri si kecil udah siap belajar menulis apa aja ya?” Nah, untuk memahami kesiapan si kecil untuk menulis, sebagai orang tua kamu dapat melihat ciri-ciri kesiapan mereka seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Kemampuan mengekspresikan bentuk seni

Jika si kecil mulai gemar membuat sebuah garis, goresan, atau bentuk-bentuk, maka sebenarnya si kecil telah memasuki fase perkembangan pratulis. Kemampuan si kecil untuk dengan sengaja membuat garis atau bentuk-bentuk tertentu telah menunjukkan bahwa si kecil telah menguasai pemikiran simbolik dan mampu menginterpretasi bentuk tersebut ke dalam bentuk lainnya, seperti tulisan. 

  • Kemampuan membaca sebelum menulis

Selain membuat karya seni secara sengaja, keterampilan membaca pada anak juga dapat menunjukkan kesiapan anak untuk mulai belajar menulis. Anak yang sudah bisa membaca akan mampu menciptakan kata-kata yang ada di sekitarnya dan kemudian dapat menyusun kata-kata tersebut. Hal ini dikarenakan si kecil telah familiar dengan huruf-huruf. 

  • Kemampuan motorik kasar

Kemampuan motorik kasar pada anak seperti gerakan otot besar, duduk, berdiri, berlari juga dapat menjadi ciri-ciri bahwa si kecil siap untuk belajar menulis. 

  • Perkembangan otot motorik halus

Dengan perkembangan otot motorik halus yang baik, perkembangan anak dalam memegang benda, meraut pensil, menggunting, akan menunjukkan bahwa si kecil siap untuk belajar menulis. Karena menulis tidak hanya memerlukan kesiapan ilmu namun juga fisik. 

Waktu Yang Tepat Si Kecil Belajar Menulis

Font Titik Titik - 2

Usia 5 tahun merupakan usia yang matang bagi si kecil untuk mulai belajar menulis bersama dengan orang tua. Karena pada umur ini, tahapan perkembangan si kecil sudah banyak dan pemahaman kata-kata mereka juga sudah banyak. Namun sebenarnya pada setiap tahapan perkembangan, si kecil menunjukkan kemampuannya untuk menulis. 

Pada usia 15 bulan misalnya, si kecil akan mulai memegang krayon atau spidol di tangan, tentu perkembangan tersebut dapat orang tua arahkan untuk mengenalkan si kecil dengan menulis. Pada usia 2,5 – 3 tahun, anak mulai mampu untuk menggambarkan bentuk sederhana seperti lingkaran yang berulang. Pada usia ini, si kecil juga telah memegang alat tulis dengan lebih sempurna. 

Bagi kamu orang tua yang bingung waktu yang tepat untuk si kecil belajar menulis, menurut the Official of American Academy of Pediatrics, anak yang berumur prasekolah lebih baik fokus untuk mengembangkan sosial-emosional mereka dibanding belajar menulis, karena pada usia tersebut mereka secara fisik belum siap untuk belajar menulis. 

Tips Agar Si Kecil Senang Belajar Menulis

Font Titik Titik - 4

Untuk kamu yang akan memulai belajar bersama dengan si kecil, berikut adalah beberapa tips untuk belajar menulis bersama agar si kecil tidak merasa bosan:

  1. Pastikan ruang belajar terasa nyaman, kamu dapat memulai belajar menulis di kamar si kecil atau atau di ruangan lain kesukaan si kecil
  2. Walaupun di ruangan kesukaan si kecil, pastikan tidak ada mainan yang berada di dekat dia ya. Mainan merupakan salah satu media yang membuat si kecil tidak fokus untuk belajar
  3. Membuat sedikit permainan yang berhubungan dengan menulis agar si kecil tidak bosan
  4. Fasilitasi si kecil dengan media pembelajaran yang menarik

Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Belajar Menulis

Fasilitas berupa media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting untuk mengenalkan anak dengan menulis. Hal ini dikarenakan media pembelajaran akan membantu mereka memahami maksud dan tujuan dari menulis dengan lebih mudah dan berlatih dengan mudah. Jika first impression anak terhadap belajar menulis sudah menyenangkan dan mudah, maka kedepannya orang tua akan lebih mudah mengajak anak untuk belajar menulis. 

Salah satu media pembelajaran yang umum digunakan adalah tulisan dengan font titik-titik atau dots font. Pada font titik-titik ini, orang tua bisa mengajak si kecil untuk belajar menulis dengan menyambungkan font titik-titik yang telah dibuat. Kamu tidak harus membeli buku khusus yang berisi kata-kata dengan font titik-titik. Pada Microsoft Word maupun internet sudah menyediakan berbagai macam pilihan font jenis titik-titik ini. 

Belajar menulis bersama si kecil merupakan salah satu tahapan perkembangan yang menyenangkan. Namun, jangan terus paksa si kecil untuk belajar ya, jika si kecil sudah memiliki impresi yang buruk terhadap belajar, susah untuk orang tua mengajak si kecil belajar kembali. 

Baca juga:

Kumpulan Font Latin Keren untuk Berbagai Kebutuhan

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP