Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

10 Jenis Font Sertifikat dan Piagam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
jenis font
Daftar Topik

Font sertifikat. Memilih font dalam aneka ragam desain tentu tidak bisa sembarangan begitu saja. Meski nampaknya sepele, namun pilihan font dapat merefleksikan emosi serta pesan bagi pembacanya. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti misalnya konteks desain tersebut, apakah font-nya mudah dibaca atau tidak, hingga mengatur perpaduan antara satu font dengan font yang lainnya.  Begitu juga ketika mendesain sertifikat dan juga piagam.

Jenis Font untuk Sertifikat dan Piagam

Memang tidak ada aturan baku yang mengikat mengenai pemilihan font dalam sertifikat dan piagam, namun font yang biasa digunakan cenderung memiliki ciri khas menambah sisi estetik dari sertifikat ataupun piagam ini. Nah bagi kamu yang masih bingung memilih font untuk sertifikat atau piagam, berikut rekomendasinya. 

1. Old English Regular

1. Old English Regular

Ini merupakan jenis font yang paling umum digunakan dalam desain sertifikat ataupun piagam. Font ini mencerminkan nuansa klasik nan kuno, mengingatkan kita pada judul koran di Inggris pada masa lampau. Tidak heran jika font ini lantas banyak digunakan untuk bagian header sertifikat atau piagam, karena menimbulkan kesan fokus sebagaimana bagian headline pada koran. 

2. Taylor Gothic

2. Taylor Gothic

Jika bosan dengan jenis font Old English Regular, maka kamu bisa mencoba alternatif lain dengan menggunakan jenis font yang serupa, salah satunya adalah Taylor Gothic Font. Memiliki gaya yang relatif mirip dengan Old English Regular, namun bedanya Taylor Gothic Font ini cenderung lebih bold sehingga menampilkan kesan yang tegas ala gaya gothic. 

3. Adine Kirnburg

3. Adine Kirnberg

Bila tidak ingin menggunakan jenis font yang terkesan lawas, kamu bisa menggantinya dengan jenis font yang memiliki gaya lembut dan elegan, sehingga menampilkan kesan klasik yang tak lekang oleh masa. Salah satunya adalah font Adine Kirnburg ini. Dengan desain lengkung yang lembut, Adine Kirnburg sangat sesuai untuk digunakan dalam konteks formal, juga pada sertifikat dan piagam. 

4. Darleston

Masih pada jenis font bergaya elegan dan lembut, Darleston dapat menjadi opsi lain yang bisa dipilih jika mencari font yang serupa dengan Adine Kirnburg. Darleston menampilkan kesan luwes nan cantik, sehingga kerap digunakan pada undangan-undangan pernikahan. Namun, tak ada salahnya bila jenis font ini digunakan untuk sertifikat dan piagam karena kesan yang ditampilkan masih cocok. 

5. Rechtmant

Menginginkan font yang terkesan halus namun tetap memiliki nuansa bold yang tegas? Kamu bisa memilih font Rechtmantm. Dengan lengkungan yang halus dan cantik, font Rechtmant ini memiliki tambahan garis tebal untuk tiap hurufnya sehingga tetap terkesan tegas dan profesional. Sangat cocok untuk digunakan dalam desain aneka sertifikat dan juga piagam. 

6. Radiant Antique

Font Radiant Antique ini cocok bagi kamu yang menginginkan jenis font yang unik dan tidak mainstream untuk desain piagam dan sertifikat. Font ini memiliki desain huruf tiga dimensi dengan shadow dan garis pada bagian dalam font. Sangat cocok untuk digunakan pada bagian header dari sertifikat ataupun piagam karena tentunya font ini akan menarik perhatian dari pembacanya. 

7. Certificate

Sesuai namanya, jenis font yang satu ini merupakan jenis font yang cocok digunakan untuk sertifikat ataupun piagam. Mengusung gaya klasik dengan lengkung dan garis yang cantik dan berkesan dinamis, tidak heran jika font Certificate banyak digunakan untuk keperluan formal. Kamu juga dapat mencobanya untuk digunakan pada desain sertifikat ataupun piagam.

8. Cygnet

Font Cygnet ini sangat pas untuk kamu yang tengah mencari jenis font yang simpel namun tetap cantik untuk sertifikat dan piagam. Font ini cenderung italic, dengan lengkungan sederhana yang membuatnya terkesan mudah dibaca namun tetap cantik, tidak polos saja seperti font-font serif. Sangat pas untuk desain dalam konteks keperluan formal, mulai dari undangan hingga sertifikat dan piagam. 

9. Chocolate

Selain lengkungan dinamis hingga lengkungan rumit yang cantik, kamu juga bisa memilih font berjenis curly untuk sertifikat dan piagammu. Meski biasanya font jenis ini menampilkan kesan lucu dan enerjik sehingga kerap digunakan untuk desain dalam keperluan santai, namun beberapa jenis font tetap cocok digunakan untuk konteks profesional. Salah satunya adalah font bernama Chocolate ini. Dengan bentuk font ‘keriting‘ yang unik,  ini tidak memiliki bentuk yang terlalu rumit sehingga tetap mudah dibaca sehingga masih cocok bila digunakan untuk keperluan formal seperti misalnya untuk sertifikat ataupun piagam. 

10. Amika Blackletter

Rekomendasi  lain untuk jenis font yang dapat digunakan dalam desain piagam dan sertifikat adalah font bernama Amika Blackletter. Sekilas, font ini serupa dengan jenis Old English yang klasik, namun tidak terlalu rumit dan tidak terlalu banyak lengkungan sehingga masih terkesan modern dan dinamis. Font ini memiliki garis pada huruf kapital yang mempermanis tampilannya. Karena lengkungannya tidak serumit font klasik, font ini sangat cocok bagi kamu yang mencari jenis font yang mudah untuk dibaca. Selain itu, nuansa bold pada font ini membuatnya terlihat tegas, namun tentunya tetap cantik dan formal, sangat pas untuk dijadikan header sertifikat ataupun piagam. 

jenis font

Nah, itu dia 10 rekomendasi font sertifikat ataupun piagam yang cantik. Kamu bisa memilih font manapun yang disukai, namun ada baiknya untuk tetap memerhatikan kaidah-kaidan dalam desain sehingga tetap terkesan estetik dan indah untuk dibaca. Jadi, yang mana font cantik nan unik pilihanmu? Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Download Font secara Cepat, Praktis, dan Gratis

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP