Font KTP yang Biasa Digunakan dan Dipakai

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Font KTP maupun e-KTP
Daftar Topik

Font KTP. Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Kartu Tanda Penduduk atau yang biasa disingkat dengan KTP merupakan salah satu kartu yang wajib dipunya sebagai bukti kewarganegaraan. Sejak tahun 2009 hingga saat ini, jenis KTP yang digunakan adalah e-KTP. Nah, sebenarnya apa sih e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk elektronik itu? e-KTP atau KTP-el merupakan jenis Kartu Tanda Penduduk yang dibuat secara elektronik, baik dari segi fisik maupun sistem penggunaannya yang dapat berfungsi secara komputerisasi. 

Program e-KTP pertama kali diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan pertama kali dimulai pada tahun 2009. Sebagai proyek percontohan nasional, terdapat 4 kota yang ditunjuk pertama kali untuk menerapkan e-KTP. Diantaranya yaitu Makasar, Yogyakarta, Padang, dan Denpasar. Pada tahun 2011, Kementerian Dalam Negeri baru meluncurkan secara resmi pelaksanaan e-KTP  di kabupaten/kota lainnya yang terbagi menjadi 2 tahap. 

Gambar font KTP (Paragraf Awal)

Lalu, apa sih latar belakang adanya program e-KTP? Hal yang melatarbelakangi program e-KTP adalah untuk mencegah pembuatan KTP lebih dari satu karena sistem pembuatan KTP konvensional dapat memungkinkan seseorang untuk memiliki lebih dari satu KTP. Penyebabnya adalah belum adanya basis data yang terpadu untuk menghimpun data penduduk dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Fungsi e-KTP

Berikut beberapa fungsi e-KTP yang perlu kamu ketahui. Diantaranya yaitu:

  • Berlaku sebagai identitas diri.
  • Berlaku secara nasional, sehingga kamu tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk urusan perizinan dan kepentingan lainnya.
  • Mencegah adanya pemalsuan dan penggandaan KTP.
  • Terciptanya keakuratan data penduduk sebagai pendukung program pembangunan yang akan dilaksanakan nantinya.

Syarat Pengurusan e-KTP

Untuk mendapatkan e-KTP, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi lho. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Wajib berusia minimal 17 tahun
  2. Menunjukkan surat pengantar dari kepala desa maupun kelurahan
  3. Mengisi formulir yang ditandatangani oleh kepala desa atau kelurahan, dan
  4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)

Format e-KTP

Format e-KTP dan font ktp

Struktur pada e-KTP terdiri dari 9 layer yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengamanan dari KTP konvensional. Pada e-KTP juga terdapat chip yang ditanam di antara plastik transparan dan putih pada 2 layer paling atas. Di dalam chip tersebut terdapat antena yang akan mengeluarkan gelombang saat digesek. Nah, gelombang itulah yang akan dikenali oleh alat pendeteksi e-KTP sehingga dapat diketahui apakah KTP tersebut berada di tangan orang yang benar atau salah. Tahap dari pembuatan e-KTP juga cukup panjang, lho. Diantaranya yaitu:

  1. Hole punching: melubangi kartu untuk meletakkan chip di dalamnya
  2. Pick & pressure: proses menempatkan chip pada kartu
  3. Implanter: proses pemasangan antena dengan pola melingkar berulang yang menyerupai spiral
  4. Printing: proses pencetakan kartu
  5. Spot welding: pengepresan kartu dengan menggunakan aliran listrik
  6. Laminating: proses penutupan kartu dengan menggunakan plastik pengaman

Selain itu, e-KTP juga dilindungi dengan keamanan pencetakan yang berupa microtext, filter image, invisible ink, relief text, dan penggunaan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design

Font pada KTP maupun e-KTP

Font KTP maupun e-KTP

Penggunaan font pada KTP maupun e-KTP juga tidak sembarangan, lho. Berdasarkan jenis font, terdapat setidaknya 2 font yang digunakan pada e-KTP dan KTP konvensional. Biasanya, font ini sudah terinstal di komputer kamu karena merupakan font default yang sudah tersedia dalam komputer maupun laptop. Nah, font pada KTP terdiri dari 2, diantaranya adalah font arial dan font OCR. Penggunaan font OCR terdapat pada penulisan Nomor Induk Keluarga (NIK) sedangkan font arial digunakan untuk penulisan data diri pengguna KTP maupun e-KTP.

Ukuran KTP pada Ms. Word

Bagi kamu yang mempunyai KTP dengan data yang salah dan tidak sempat ke catatan sipil, bisa menggantinya secara mandiri, lho. Kamu bisa mengedit KTP-mu cukup dengan memfotonya lalu lakukan proses editing atau kamu juga bisa mendownload template KTP yang banyak tersedia di internet. Nah, jika kamu ingin mengeditnya di aplikasi Microsoft Word, ukuran KTP yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  • Dalam cm: 8.56 cm x 5.398 cm
  • Dalam mm: 85.6 mm x 53.98 mm
  • Dalam inch: 2.12 inch x 3.38 inch
  • Dalam pixel: 323 pixel x 204 pixel

Cara Mengedit Ukuran KTP di Ms. Word

Cara Mengedit Ukuran KTP di Ms. Word (Cara 1)

Biasanya, gambar yang di-import atau dimasukkan dalam Ms. Word bisa berubah. Hal ini dikarenakan ukuran foto yang tidak sesuai dengan resolusi atau penggunaan handphone untuk memfoto KTP yang hasil ukurannya berbeda saat dimasukkan ke dalam Ms. Word. Sehingga kamu perlu men-setting ulang gambar KTP tersebut agar ukurannya sesuai. Langkah – langkah yang perlu kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Memasukkan gambar template e-KTP di Ms. Word dengan memilih menu Insert >Image
  2. Klik kanan pada gambar. Lalu, pilih opsi Size and Position.
  3. Selanjutnya, kamu harus menghilangkan centang pada Lock aspect ratio. Lalu, ubah ukuran Height dan Width sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan. Dan tekan OK.
  4. Setelah itu, kamu bisa langsung mencetak KTP tersebut.
  5. Apabila kamu ingin mencetak KTP tersebut sebagai hasil dari fotokopi, kamu bisa mengganti warna pada gambar menjadi hitam putih. Kamu cukup memilih opsi Format > Color. Lalu, pilih warna hitam putih. 
  6. Untuk mengoptimalkan penggunaan kertas, kamu bisa memperbanyak foto KTP pada halaman Ms. Word sampai penuh. Setelah itu, kamu dapat mencetaknya dengan warna hitam putih.

Nah, itulah beberapa informasi terkait KTP termasuk font KTP maupun e-KTP yang dapat menambah wawasanmu. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:

10 Jenis Font Sertifikat dan Piagam

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP