Film Tentang Islam yang Wajib untuk Ditonton

0
121020 My Name Is Khan

Film Tentang Islam yang Wajib untuk Ditonton – Bosan menjalani stay at home? Jangan khawatir, karena ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghalau rasa jenuh dan bosan di rumah salah satunya dengan menonton film. Dengan banyaknya genre film yang tersedia, tentunya akan membuat stay at home menjadi lebih menyenangkan karena bisa menonton film bersama keluarga sambil menikmati cemilan khas buatan tangan bunda.

Salah satu genre film yang direkomendasikan untuk ditonton bersama-sama dengan keluarga yaitu, film tentang Islam. Ada banyak film dengan tema islami yang menarik dan wajib di tonton, bahkan beberapa ada yang masuk dalam kategori box office movie karena alur cerita yang bagus dan banyak tersirat pesan di dalamnya.

Dengan menonton film tentang Islam, tentunya ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Bukan hanya sekedar hiburan semata, biasanya film-film dengan tema islami akan menyajikan nilai-nilai kebaikan dari agama Islam sehingga bisa membuat para penontonnya mendapatkan wawasan serta mengambil hikmah dari cerita di dalam film.

5 Film Tentang Islam yang Wajib untuk Ditonton

1. My Name Is Khan


121020 My Name Is KhanRekomendasi film tentang islam yang pertama yaitu, My Name Is Khan. Film yang dibintangi oleh aktor kenamaan Bollywood ini, sangat wajib untuk di tonton. Karena alur ceritanya sangat menarik serta tidak akan membuat penonton menjadi jenuh dan bosan. Akting dari Kajol dan Shahrukh Khan menjadi daya tarik yang dijamin akan membuat penonton terkesima saat menontonnya.

Kisah di dalam film menceritakan tentang seorang muslim dengan marga Khan (diperankan oleh Shahrukh Khan) dan mempunyai keterbelakangan mental yang dituduh sebagai seorang teroris. Selain menyematkan nilai-nilai kemanusiaan, film ini juga memberikan gambaran tentang ajaran Islam yang cinta damai, serta memberikan motivasi agar mempunyai sikap toleransi dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan tanpa memandang ras, agama, warna kulit bahkan kewarganegaraan.

Dengan menonton film ini, para penonton akan dibuat tertawa dengan tingkah lucu dari Shahrukh Khan pada awal kisahnya dimulai. Namun, setelah itu Anda akan dibuat berlinang air mata saat konflik-konflik mulai bermunculan di dalamnya. Oleh sebab itu, jangan lupa siapkan tisu jika ingin menonton film tersebut.

2. Sang Pencerah


121020 Sang PencerahBagi yang suka dengan kisah-kisah perjuangan dalam menggapai cita-cita, menonton film sang pencerah sangat wajib untuk dilakukan. Karena, alur cerita di dalam film sangat menarik dan penuh dengan nilai-nilai islami yang bisa menambah wawasan bagi penontonnya.

Film ini mengisahkan tentang salah satu tokoh ulama besar kebanggaan Indonesia yaitu, K.H. Ahmad Dahlan. Seorang ulama dan cendekiawan  yang membawa perubahan besar terhadap dunia pendidikan agama Islam serta menjadi pelopor berdirinya organisasi Muhammadiyah di tanah air. Selain nilai-nilai islam, film ini juga kental dengan pelajaran hidup yang sangat memotivasi bagi siapapun yang menontonnya.

3. Mencari Hilal


121020 Mencari HilalFilm selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk ditonton yaitu, mencari hilal. Film yang mengisahkan tentang hubungan ayah dan anak ini sangat wajib di tonton, karena didalamnya menggambarkan tentang kehidupan keluarga ayah dan anak yang tidak selalu harmonis serta dilengkapi dengan konflik-konflik penuh dengan nilai kehidupan.

Di sini, penonton akan disuguhkan dengan alur cerita menarik serta tidak membosankan dan bisa menemukan makan dari ajaran agama Islam melalui dialog-dialog padat tentang pola pikir, masalah tradisi serta beberapa masalah kehidupan sosial yang erat kaitannya dengan agama Islam.

Film ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi terhadap anak-anak di rumah agar lebih memahami nilai ajaran agama Islam di dalam kehidupan sehari-hari dan juga keluarga. Namun, pastikan samping jika anak-anak Anda ingin menonton film ini. Tujuannya, agar bisa melakukan quality time bersama keluarga serta memberikan penjelasan yang baik apabila anak kurang mengerti dengan beberapa hal di dalam film.

4. Sang Kiai (Hadratus Syaikh K.H. Hasyim As’ary)


121020 Sang KiaiFilm yang berhasil masuk dalam nominasi 86 piala Oscar ini,sangat wajib di tonton saat stay at home atau di sela-sela menjalani work from home. Film ini menceritakan tentang perjuangan K.H Hasyim Asy’ary serta K.H. Wahid Hasyim dan  para santri-santrinya dalam mempertahankan perjuangan Indonesia memerangi tentara sekutu dan Jepang.

Alur cerita di dalam film sangat menarik serta mengesankan, karena disisipi dengan adegan tembak-tembakan untuk melawan para penjajah. Selain itu, di sini penonton juga kan disuguhkan dengan suasana dunia pesantren yang dinamis serta menambah wawasan agama Islam dan juga mengetahui sejarah tentang perjuangan kemerdekaan yang dilakukan oleh ulama dan santri.

5. Ali


121020 AliSalah satu jenis film biopic ini masuk dalam daftar rekomendasi yang wajib untuk ditonton, karena film produksi Hollywood yang mengangkat kisah tentang kehidupan petinju legendaris Muhammad Ali ini berhasil menampilkan citra positif dari agama Islam. Film ini mengisahkan tentang kehidupan  Muhammad Ali di kurun waktu 1964 hingga 1974, yang penuh dengan perjuangan dan juga tantangan karena statusnya yang sebagai orang muslim.

Dari beberapa rekomendasi film tentang Islam diatas, manakah yang menurut Anda paling menarik? Jangan lupa untuk memilih salah satu film tema islami tersebut untuk dijadikan sarana hiburan saat di rumah.

BACA JUGA!

7 Film Indonesia yang Bikin Nangis Wajib Ditonton