Film Kemerdekaan Indonesia Terbaik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Film-Kemerdekaan-Indonesia[1]
Daftar Topik

Hari kemerdekaan Indonesia memang hari yang sangat bersejarah dan paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengisi hari kemerdekaan Indonesia tersebut, berbagai macam cara serta persiapan telah dilakukan guna menyambut kemerdekaan. Banyak sekali lomba-lomba cup Hasan serta doa bersama dengan warga banyak dilakukan.

biar kamu lebih merasakan suasana kemerdekaan 17 Agustus, coba deh kamu adakan nonton bareng film kemerdekaan IndonesiaTersebut memang sangat cocok sekali bagi mahasiswa dan umum. Sebab dengan ditayangkannya film tentang kemerdekaan Raisa memunculkan lagi semangat kemerdekaan.

Peringatan 17 Agustus 1945

Setiap tahun di tanggal 17 Agustus  seluruh masyarakat Indonesia akan meramaikan dan merayakan hari proklamasi kemerdekaan dengan meriah. Mulai dari mengadakan lomba-lomba, upacara militer di istana merdeka dan lain sebagainya dengan partisipasi dari seluruh masyarakat Indonesia.

Lomba-lomba tradisional

Hari kemerdekaan memang sangat identik dengan lomba-lomba tradisional. dengan lomba-lomba tradisional tersebut akan lebih menghiasi serta meramaikan hari kemerdekaan Indonesia yang biasanya diadakan di desa ataupun kampung yang mana pesertanya adalah anak-anak cerpen remaja yang mana dikoordinir oleh pengurus desa seperti RT RW serta karang taruna.

Lomba-lomba tradisional yang menghiasi serta meramaikan hari kemerdekaan Indonesia seperti di bawah ini:

  • Makan kerupuk
  • Panjat pinang
  • Lari kelereng
  • Balap karung
  • Memasukkan paku ke dalam botol
  • Balap bakiak
  • Balap tempeh
  • Perang bantal
  • Pemecahan balon
  • Pengambilan koin dalam terigu
  • Joget jeruk
  • Memasukkan benang ke dalam jarum
  • Rebutan kursi
  • Tarik tambang
  • Gigit koin dalam semangka
  • Perang bantal
  • Sepeda lambat

Baca Juga: 10 FILM INDONESIA TERLARIS SEPANJANG MASA 2018

Film kemerdekaan Indonesia

Selain lomba-lomba tradisional yang memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, biasanya sebelum tanggal 17 Agustus maupun sesudahnya masyarakat banyak yang mengadakan nonton bersama terkait film kemerdekaan Indonesia. Sudah banyak film terkait kemerdekaan yang bertemakan perjuangan yang sudah diproduksi di tanah air. Berikut ini merupakan beberapa pilihan film kemerdekaan Indonesia terbaik yang wajib ditonton.

  • Merah Putih

Film kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah film dengan judul merah putih yang dirilis pada tahun 2009. Film merah putih tersebut diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia seperti Darius Sinathrya, Donny Alamsyah, Lukman Sardi, Zumi Zola dan juga Teuku Rifnu. Di dalam film merah putih tersebut telah mengisahkan tentang perjuangan di masa kemerdekaan Indonesia tahun 1947 ketika terjadi Agresi Militer Belanda 1.

Tidak hanya mengisahkan peperangan saja, namun film merah putih juga dibumbui dengan adanya drama serta terjadinya suatu konflik di antara karakternya. Karakter-karakter mempunyai suku, ras, agama serta latar belakang yang berbeda-beda satu sama lain.

  • Soekarno : Indonesia Merdeka

Film kemerdekaan Indonesia terbaik yang kedua adalah Soekarno: Indonesia merdeka yang mana film tersebut adalah hasil garapan sutradara kenamaan Indonesia yaitu Hanung Bramantyo. Sebagaimana judulnya, film tersebut memang menceritakan mengenai kisah hidup sang proklamator Ir Soekarno.

Ir Soekarno di film tersebut diperankan oleh Ario Bayu dan bung Hatta diperankan oleh Lukman Sardi. Sedangkan tokoh-tokoh yang lainnya diperankan oleh aktor-aktor kenamaan Indonesia seperti Tika bravani, Maudy Koesnadi sampai dengan Sujiwo Tejo.

  • Tanah Air Beta

Film kemerdekaan Indonesia terbaik yang selanjutnya adalah film dengan judul Tanah Air Beta. film tanah air Beta merupakan hasil produksi dari Alenia Pictures. Alenia Pictures merupakan rumah produksi yang dimiliki oleh Ari Sihasale serta Nia Zulkarnaen yang mana mereka merupakan orang yang dikenal selalu konsisten untuk membuat film film yang menceritakan tentang kekayaan Indonesia serta film nasionalisme. Konflik yang diangkat pada film Tanah Air Beta tersebut adalah konflik yang terjadi di Timor Timur yang menyebabkan Timor Timur tersebut memisahkan diri dari Indonesia.

  • The Raid : Redemption

The Raid redemption merupakan film yang sangat fenomenal dengan genre action yang telah berhasil mengharumkan nama republik Indonesia. di dalam film tersebut memperlihatkan genre action dengan seni pencak silat dan berhasil ditayangkan di berbagai macam festival film bergengsi yang ada di luar negeri.

Festival film Toronto, festival film glasgow, festival film Busan sampai dengan festival film sundance merupakan festival festival Film bergengsi yang telah menayangkan film The Raid redemption. Tidak hanya diputar saja, melainkan film The Raid redemption tersebut juga telah berhasil mendapatkan suatu penghargaan di ajang festival film Toronto yaitu The Cadillac’s People Choice Midnight Madness Award.

Nah, itulah tadi film kemerdekaan Indonesia terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menyelenggarakan nonton bersama menyambut datangnya hari kemerdekaan Indonesia.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP