Fakta Unik Rolled Oats yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
rolled-oats
Daftar Topik

Rolled Oats Siapa yang tak kenal oat? Makanan satu ini tentunya tidak asing bagi kamu yang sedang melakukan diet sehat. Dari beberapa jenis oat, rolled oats merupakan salah satu yang populer. Kira-kira apa yang membedakan jenis oat ini beda dengan yang lain? Simak ulasan yang satu ini.

Apa itu Rolled Oats?

rolled-oats

Rolled oats atau oat gulung adalah sejenis oatmeal yang dipotong kecil-kecil. Bahan makanan ini dapat dimasak dan dimakan apa adanya, atau bisa ditambahkan ke resep masakan lain.

Oat adalah jenis biji-bijian yang tinggi serat dan protein. Panganan ini memberikan pelepasan energi yang lambat dan telah terbukti menurunkan kadar kolesterol.

Sejarah konsumsi oat gulung dimulai dengan orang Yunani dan Romawi kuno yang merendam gandum utuh dalam air untuk waktu yang lama sebelum memasaknya. Hal ini berguna untuk menghasilkan bubur yang akan mereka makan untuk sarapan. Kata “oat” sendiri berasal dari kata Inggris Kuno oat yang berarti “membajak”.Uniknya, nama ini diambil karena gandum ditanam di ladang yang telah dibajak oleh sapi atau kuda sebelum ditanam.

Cara makan oat yang paling populer adalah dalam bentuk oatmeal, yang dibuat dengan memasak oat gulung dalam air atau susu hingga lunak. Kamu juga dapat menambahkan oat gulung ke berbagai hidangan. SepertiĀ muffin, kue, roti, pancake, puding, hingga sup krim.

Baca Juga: Uniknya Natto, Kacang Kedelai Fermentasi Khas Jepang

Manfaat Rolled Oats Untuk Kesehatan

manfaat-rolled-oats

Oat merupakan sumber penting serat larut yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Oat juga mengandung beta-glukan yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan memperlambat pembentukan bekuan darah. Selain itu, rolled oats memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:

1. Membantu merawat kulit

Selain mengurangi kadar kolesterol dalam darah, makanan satu ini juga dapat merawat kulit. Siapa sangka, oat juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga baik untuk mencerahkan kulit dan membasmi jerawat serta bekasnya. Tak heran jika bahan makanan satu ini baik untuk dijadikan sebagai bahan utama untuk masker wajah maupun scrub. Penambahan bahan lain seperti madu juga akan menambah efek baik oat pada kulit wajahmu, loh.

2. Membantu menurunkan resiko asma

Selain gurih, oat juga ternyata mampu menurunkan resiko penyakit asma. Efek ini juga dapat dirasakan oleh kalangan anak-anak maupun dewasa. Berdasarkan penelitian yang ada, kandungan oat membantu menurunkan resiko asma pada anak. Hal ini terjadi pada sebagian dari 3.781 anak yang rutin mengkonsumsi oat sebelum usia 5 tahun.

3. Menurunkan resiko diabetes

Serat larut pada oat membantu penderita diabetes untuk merespon inulin. Sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Dalam mengkonsumsinya, para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk menambahkan gula didalamnya. Selain itu oat juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

4. Membantu mengendalikan tekanan darah tinggi

Kandungan natrium yang rendah pada oatmeal dapat sangat membantu dalam mengurangi resiko darah tinggi. Untuk penderita darah tinggi, zat satu ini sebaiknya dihindari. Agar lebih maksimal, penderita darah tinggi juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi bahan makanan lain yang mengandung natrium. Seperti garam dapur ataupun penyedap rasa dengan kandungan MSG tinggi.

5. Menurunkan berat badan berlebih

Kandungan seratnya yang tinggi membuat oat sering kali dijadikan sebagai makanan diet. Karena fungsinya yang dapat melancarkan pencernaan, oat dapat sangat membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan. Umumnya, kita juga akan merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi oat. Dalam mengkonsumsinya, kamu dapat membuat oat menjadi bubur. Jangan lupa untuk menambahkan bahan lain seperti buah-buahan agar kandungan gizinya semakin bertambah.

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP