Fakta Unik Presidensi G20 Indonesia 2022

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
g20
Daftar Topik

Presidensi G20 Indonesia 2022 – Indonesia merupakan salah satu anggota dari salah satu kelompok ekonomi dunia, G20. Pada tahun lalu, Indonesia terpilih untuk memegang Presidensi G20 2022. Adanya acara ini tentu menjadikannya sebagai salah satu ajang bagi Indonesia untuk unjuk gigi di kancah Internasional. Apa saja ya, keunikan Presidensi G20 Indonesia tahun ini? Simak ulasan khas Blog elevenia yang satu ini.

Apa itu G20?

g20

G20 (Group of Twenty) merupakan organisasi yang beranggotakan 19 negara dengan ekonomi besar di dunia dan juga Uni Eropa. Secara resmi, G20 bernama The Group of Twenty (G20) Finance Ministers and Central Bank Governors atau Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1999. G20 bertujuan sebagai oraganisasi antar pemerintah yang menyatukan kekuatan ekonomi maju dan berkembang untuk membahas isu-isu penting perihal ekonomi di dunia.

Hal yang melatarbelakangi pembentukannya kelompok ini ialah krisis ekonomi Asia di tahun 1998 serta pertemuan G7 yang menyatakan bahwa kurang efektifnya pertemuan itu jika tidak melibatkan kekuatan ekonomi lain. Sehingga diperlukan beberapa pendapat diluar G7 agar cakupan bahasan semakin meluas. G20 telah menjadi forum konsultasi dan kerjasama, khususnya pada hal yang berkaitan dengan sistem moneter dunia.

Pertemuan G20 diadakan setiap tahunnya di negara yang terpilih menjadi menjadi ketua. Pada akhir Oktober 2021 lalu, Indonesia terpilih menjadi ketua organisasi ekonomi ini.

Fakta Menarik Presidensi G20 Indonesia 2022

Pertemuan KTT G20 2022 disambut antusias oleh Presiden Jokowi. Pertemuan G20 tahun ini akan berbeda dari yang sebelumnya. Selain tema yang dihadirkan lebih segar, terdapat banyak hal yang akan dibahas pada KTT G20 2022. Ini dia daftar fakta lengkapnya:

1. Memiliki tema “Recover Together, Recover Stronger”

tema-g20-precidency-indonesia

Tema yang diangkat pada KTT G20 Indonesia 2022 adalah “Recover Together, Recover Stronger” atau Pulih Bersama, Pulih Menjadi Lebih Kuat. Tema ini dipilih untuk mengajak seluruh dunia untuk bekerja sama, saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh kuat dan berkelanjutan. Diharapkan, dengan adanya tema ini, ekonomi dunia akan pulih dan menjadi lebih baik di masa depan.

2. Keunikan Logo yang Dipilih

logo-g20-indonesia-2022

Ada beberapa keunikan yang ditampilkan dalam logo G20 Indonesia 2022. Warna merah putih melambangkan warna bendera Indonesia. Terdapat juga dua ciri khas yang terdapat dalam kebudayaan Indonesia, yaitu perpaduan antara gunungan dan kawung.

Gunungan merupakan simbol peranan aktif Indonesia dalam membawa dunia masuk dalam babak baru, yaitu pemulihan pascapandemi. Sedangkan kawung melambangkan keperkasaan, keadilan serta kesempurnaan. Perpaduan keduanya terlihat seperti sulur tanaman yang terus tumbuh. Hal ini merepresentasikan semangat untuk memulihkan ekonomi bersama.

3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pertemuan KTT G20 ke XVII ini akan diadakan pada tanggal 30-31 Oktober 2022. Adapun tempat pelaksanaan yang dipilih tahun ini ialah Bali.

4. Mengangkat Isu Iklim, Ekonomi Digital dan Kesehatan Global

topik-g20-2022

Pertemuan KTT G20 tahun 2022 akan berfokus kepada beragam isu yang sedang marak terjadi di masa kini. Ada 3 topik utama yang akan diangkat, yaitu Sistem Kesehatan Dunia, Transformasi  dan Ekonomi Digital, dan juga Transisi Energi.

Dari segi kesehatan, Indonesia berencana untuk memperkuat kesehatan dengan menggunakan vaksin dalam negeri. Untuk digitalisasi, Indonesia harus mampu bertransformasi. Yaitu dengan memanfaatkan sistem komunikasi satelit orbit rendah atau low earth orbit satellite untuk menjangkau layanan komunikasi hingga wilayah terpencil. Selain itu, ada banyak beberapa topik lain yang akan diangkat, seperti pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan juga permasalahan iklim dunia.

5. Membawa Keuntungan bagi Indonesia

Adanya acara ini tentu membawa beberapa keuntungan bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Diantaranya:

  • Bentuk pengakuan Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia
  • Memberikan nilai tambah pada pemulihan Indonesia
  • Menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan pariwisata dan beragam produk unggulan lokal kepada dunia
  • Membuat Indonesia menjadi salah satu fokus dunia, terutama bagi pelaku ekonomi dan keuangan.

Sumber:

risti.habibie
risti.habibie
Hobi nulis, rebahan, mengkhayal dan coret-coret. Pokoknya apa aja deh yang bisa ngilangin gabut~
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP