Fakta Menarik Tentang Rumah Gadang Minangkabau

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Kamu tengah berlibur ke Sumatera barat Maka jangan sampai lupa untuk datang dan melihat rumah gadang. Bagi kamu yang sangat menyukai mengenai budaya pastinya sangat mengenal apa itu rumah gadang atau juga disebut dengan rumah Gadang, yang mana rumah ini merupakan rumah tradisional dari adat Minangkabau yang sering dijumpai ketika datang ke Sumatera barat.

Rumah gadang ini sendiri memiliki bentuk yang sangat megah unik dan juga cantik sehingga menjadikan rumah gadang menjadi salah satu kebanggaan dari budaya di Indonesia. Selain memiliki 2 nama tersebut ternyata rumah Gadang juga dikenal dengan nama lain yakni rumah bagonjong yang mana seperti ini sering kali di ucap oleh masyarakat setempat.

Sejarah dan Bentuk Khas dari Rumah Gadang yang Atraktif


Rumah Gadang merupakan rumah yang sempatdicetak di uang koin rp100 yang dikeluarkan pada tahun 1971 oleh Bank Indonesia. Rumah Gadang ini memiliki tipe arsitektur yang unik dan juga inspiratif.

Rumah Gadang sendiri memiliki bentuk segiempat yang tidak simetris di mana desain tersebut memang sedikit lebih miring keluar. Bentuk dari rumah gadang memang tidak tegak lurus hal ini dipengaruhi oleh keadaan alam dari wilayah Minangkabau yang menang dominan dengan daratan tinggi daratan rendah sehingga rumah tersebut dapat tahan bencana alam contohnya seperti gempa.

Perlu untuk kamu ketahui jika bentuk tanduk runcing dari atap rumah gadang tentunya memiliki makna tersendiri. Konon katanya tanduk yang memiliki bentuk seperti kerbau tersebut merupakan simbol kemenangan kompetisi adu kerbau dari seorang raja yang ada di pulau Jawa. Dengan adanya peristiwa bersejarah tersebut maka digambar menjadi sebuah kejayaan serta warna baru pada Minangkabau pada kala itu.

Bahkan terdapat versi lain ketika awal mula dari adanya tanduk di atap rumah gadang. Dimana atap tersebut ialah terinspirasi dari adanya bentuk kapal yang pada saat itu melintasi sungai Kampar yang bernama kapal “lancang”. Kapal tersebut pada saat sudah sampai di muara diangkat ke daratan dan dibangun kan atap dengan menggunakan tiang layar yang diikatkan dengan tali.

Sebab memiliki beban yang sangat berat tiang tersebut menjadi lebih miring atau melengkung yang akhirnya kapal tersebut beralih fungsi untuk menjadi rumah gadang yang sangat nyaman untuk ditinggali bagi masyarakat Minangkabau.

Apakah Rumah Gadang Berdiri di Kawasan Tempat Adat Minangkabau?


Fakta Menarik Tentang Rumah Gadang MinangkabauPerlu untuk kamu ketahui jika rumah gadang tidak akan berdiri di seluruh wilayah Sumatera barat sebab rumah Gadang hanya boleh dibangun di area yang mempunyai status nagari. Nagari juga memiliki makna dari desa yang telah menyetujui dengan adanya pembagian administrasi di mana pembagian tersebut disesuaikan dengan adanya batas wilayah dan juga wewenang. Bahkan terdapat kawasan dengan nama rantau dimana bagi para perantau Minang kabau tidak diperbolehkan untuk membangun rumah adat.

Selain itu rumah gadang juga menganut sistem matrilineal atau didominasi oleh para perempuan di mana jumlah kamar yang ada di rumah gadang juga ditentukan oleh seberapa banyak jumlah dari perempuan yang akan menghubunginya.

Bagi para wanita yang telah menikah nantinya akan mempunyai kamar sendiri untuk ditempati sedangkan bagi para gadis nantinya akan disatukan dalam satu kamar pada bagian ujung di rumah gadang. Sedangkan untuk para ibu yang telah lanjut usia beserta dengan anak kecil, akan tidur dikamar yang berlokasi dekat dapur.

Sedangkan pada bagian depan umumnya rumah gadang akan mempunyai dua bangunan yang disebut dengan rangkiang atau lumbung padi. Sedangkan pada bagian sisi ruang gadang nantinya mempunyai anjuang atau merupakan tempat dari pendapatan kepala adat maupun pengantin.

Rumah Gadang Memiliki Ornamen yang Sangat Cantik


Jika kamu melihat rumah gadang dari dekat maka kamu bisa melihat terdapat banyak ukiran ornamen dengan berbagai macam motif. Contohnya ukiran ornamen bunga, akar, daun, dan juga bidang empat persegi bahkan sampai pola yang melingkar di mana pola tersebut akan saling sambung menyambung.

Rumah gadang juga memiliki ornament bakal diukir dengan menggunakan papan vertikal yang akan dilapisi dengan belahan bambu. Dari hasil ukiran tersebut memang menciptakan arsitektur yang sangat megah di mana semua ornamen tersebut memiliki makna, fungsi, serta keindahan tradisional yang tiada tara.

Nah, itulah sekilas info yang dapat diberikan mengenai fakta dari rumah Gadang. Dengan adanya ulasan diatas, sangat diharapkan sangat mampu memberikan bantuan dan juga manfaat kepada kamu.

Baca Juga! 8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Patut Kamu Coba

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus