Fadhilah dan Arti Surat Al-Fatihah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Surat al fatihah adalah surat pertama dalam alquran yang wajib dibaca ketika melaksanakan shalat. Tidak hanya itu, alfatihah juga dibaca ketika kita ingin mengirim doa kepada yang sudah meninggal. Beberapa fungsi surat alfatihah tersebut tentunya tidak terlepas dari arti surat al fatihah itu sendiri. Banyak keutamaan atau fadhilah yang terkandung di dalamnya yang akan kita bahas lebih lanjut.

Surat pembuka yang ada dalam alquran ini biasa disebut dengan ummul quran, dimana dia adalah inti alquran. Surat alfatihah ada 7 ayat, namun ada salah satu madzab yang menghitung surat al fatihah terdiri atas 6 ayat tanpa bismillah. Arti surat alfatihah sendiri sudah banyak dibahas oleh ulama’ terdahulu.

Arti Surat Al Fatihah


Surat al fatihah adalah surat yang diturunkan di kota Makkah, sehingga termasuk ke dalam surat makiyyah yang disebut sebagai “pembuka”. Letak surat al fatihah adalah di awal alquran yakni sebagai pembukaan. Allah juga telah memberikan keputusan atau kllaimnya bahwa surat alfatihah merupakan induk dari seluruh surat yang ada dalam alquran.

Selain itu, saat salat baik fardhu maupun sunah, kita diwajibkan untuk membaca al fatihah. Oleh sebab itu, surat pembuka ini disebut as-sab’ul Matsaany yang artinya tujuh ayat yang dibaca berulang saat salat.

Fadhilah Membaca Surat Al Fatihah


1. Surat yang bermakna munajat seorang hamba kepada Tuhannya

Pada dasarnya, arti surat al fatihah sendiri sudah jelas berisi doa atau munajat. Dimana dalam surat tersebut juga terdapat pujian kepada Allah dan betapa agungnya Tuhan kita.

Fadhilah surat alfatihah ini juga termasuk ke dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang berisi, bahwa Allah berfirman bahwa Dia telah membagi surat al fatihah kepada hamba-Nya. Siapapun yang membaca al fatihah maka akan dikabulkan oleh Allah permohonannya.

2. Surat paling agung dalam alquran

Keutamaan selanjutnya dibuktikan dengan sabda Rasulullah kepada Saad ibn al Mu’alla mengenai surat paling agung dalam alquran. Beliau berkata bahwa teragung tersebut berbunyi alhamdulillaahi rabbil aalamiin yang merupakan al sab’ul matsani.

3. Sebagai rukyah

Salah satu sahabat yang bernama Said al Khudri pernah bercerita mengenai hal yang dia alami saat dalam perjalanan. Ketika kelompok tersebut sedang singgah di suatu tempat, ada seorang wanita yang menghampiri dan bertanya kepada kelompok Said. Wanita tersebut berkata bahwa kepala suku di wilayah tersebut tersengat binatang dan kebetulan pada saat itu, tidak ada tabib yang menyembuhkan, dan dia pun bertanya apakah ada dari kelompok Said tersebut yang bisa rukyah.

Setelah itu, ada satu orang yang berdiri dan melakukan rukyah kepada kepala suku tersebut sehingga sembuh. Ketika ditanya surat apa yang dia baca, maka orang itu menjawab bahwa tidak ada yang dibaca kecuali ummul quran. Lalu, ketika sampai di MAdinah disampaikanlah peristiwa tersebut kepada Rasulullah, dan Rasulullah pun mengiyakan khasiat al fatihah sebagai rukyah.

4. Penyempurna salat


Seperti yang kita tahu bahwa al fatihah adalah surat yang dibaca ketika salat dan hukumnya adalah wajib. Dimana syariat ini disandarkan pada sabda Rasulullah yang artinya, “Tidak sah salat seorang itu jika tidak membaca al fatihah” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Doa selamat bagi yang meninggal

Alfatihah seringkali dibaca untuk mendoakan seseorang yang telah meninggal, dimana harapannya al fatihah tersebut dapat sampai padanya dan memperingan siksa kuburnya. Selain itu, Rasulullah juga pernah bersabda mengenai keutamaan surat al fatihah yang satu ini, yaitu “Ketika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka segeralah bawa mayit tersebut ke pemakaman dan bacakanlah untuknya al fatihah di samping kepalanya”.

6. Mendapat jaminan atas apa yang diminta

Salah satu ayat dalam surat al fatihah mengandung makna memeinta yang berbunyi iyyaka na’budu waiyyaaka nasta’iinu. Dimana dalam sebuah hadis qudsi dijelaskan, bahwa dalam ayat tersebut terdapat hubungan yang terjalin antara Allah dengan hamba-Nya, serta bagi yang membaca apa yang dia minta.

Selanjutnya, saat seorang hamba membaca ayat keenam dan ketujuh surat al fatihah, maka Allah berfirman bahwa hal tersebut adalah untuk hamba-Nya dan baginya apa yang dia minta.

Masya Allah sungguh indah arti surat al fatihah ini serta dengan keutamaan yang banyak pula. Maka, mari kita memaknai al fatihah dengan sebenar-benarnya, bukan hanya dengan bacaan semata. Surat al fatihah mengandung dialog antara Allah dengan hamba-Nya, dimana dalam surat tersebut merupakan bentuk kepasrahan kita sebagai makhluk, serta doa agar dibimbing ke jalan yang lurus, jalan orang-orang saleh. Semoga kita ini termasuk golongan orang yang baik saja. Oleh sebab itu, kita hindari segala hal yang kiranya akan menjerumuskan kita. Mari perbaiki diri menjadi lebih baik, agar di dunia dibimbing dan di akhirat masuk surga.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA