Rekomendasi Equalizer Windows 10 yang Keren

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Equalizer Windows 10 - 5
Daftar Topik

Equalizer windows 10. Bagi kamu penikmat lagu atau arranger dan composer, audio merupakan hal yang paling penting. Dengan audio yang baik, kita dapat mendengarkan lagu dengan nyaman, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah lagu yang sedang dibuat. Dalam proses pembuatan lagu, untuk membuat lagu yang bergenre pop atau dangdut tentu tidak serta merta hanya menggunakan hasil rekaman yang kemudian disatukan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya karakter audio yang tidak melalui proses pengolahan audio lebih lanjut adalah flat dan kurang menonjolkan sebuah genre. Oleh karena itu, untuk menikmati lagu lebih baik dan juga dapat menonjolkan sebuah genre, kita memerlukan equalizer. 

 Equalizer merupakan sebuah alat audio yang berfungsi untuk menyesuaikan keseimbangan dan meratakan frekuensi. Equalizer dimanfaatkan untuk memperkuat atau melemahkan sebuah frekuensi, sehingga saat mendengarkan lagu kita dapat menyesuaikan warna audio dengan genre lagu yang ada. Biasanya, dalam equalizer kita akan mempercantik warna audio dengan mengatur komposisi mid, bass, atau treeble, sesuai dengan genre lagu. Tentu hal ini membutuhkan seni dan pengalaman dalam mengatur komposisi equalizer. 

Equalizer Windows 10 - 1

Jenis-Jenis dan Manfaat Equalizer 

Pada umumnya, jenis equalizer terbagi menjadi dua, yaitu Parametric Equalizer dan Graphic Equalizer. Parametric Equalizer merupakan salah satu jenis equalizer yang memiliki fungsi seperti Tone Control dengan tune potensio putar. Sedangkan Graphic Equalizer merupakan salah satu jenis equalizer yang memiliki fungsi spesifik dan mayoritas digunakan di industri entertainment, seperti recording, radio, hingga konser. Selain memberikan fungsi yang spesifik, Graphic Equalizer juga merupakan equalizer yang praktis karna menyediakan 5 – 31 bands, sehingga mempermudah kita untuk mengatur level tunning yang diinginkan sesuai kebutuhan. Tunner pada Graphic Equalizer juga berbeda dengan Parametric, pada Graphic Equalizer, tunner yang digunakan adalah potensio geser. Potensio geser juga lebih mudah digunakan karena secara visual mampu menunjukkan level tunning setiap band. 

Untuk sehari-hari, equalizer memberikan fungsi untuk mempercantik audio, memperpanjang usia speaker (karena speaker bekerja dengan frekuensi yang tepat dan tidak mengalami overload). 

Cara Menggunakan Equalizer Windows 10

Equalizer tidak hanya kita temukan di ruang recording, ruangan on air radio, ataupun konser saja loh. Ternyata Windows 10 juga menyediakan equalizer yang dapat kita atur level tunningnya sesuai dengan selera kita. Nah, pasti banyak dari kamu yang belum memaksimalkan equalizer ini  ya? Tempat untuk melakukan setting equalizer Windows 10 memang cukup tersembunyi dan juga memerlukan trik khusus agar mampu membuat tunning yang tepat. Buat kamu yang ingin memaksimalkan equalizer Windows 10, berikut adalah cara untuk menggunakan equalizer Windows 10. 

Sebelum kamu melakukan setting equalizer Windows 10, kamu perlu memastikan bahwa fitur equalizer Windows 10 sudah aktif. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka menu “Control Panel”;
  2. Kemudian, pilih “Hardware and Sound”;
  3. Pilih “Manage Audio Devices”;
  4. Setelah itu akan muncul dialog box yang menunjukkan daftar perangkat audio yang pernah tersambung dengan pc kamu. Pilih salah satu perangkat audio yang akan kamu gunakan;
  5. Kemudian akan muncul dialog box lagi dan klik tab “Enhancements”. Pada tab “Enhancements” kamu akan menemukan Pitch Shift, Equalizer, Headphone Virtualization, Loudness Virtualization. Pastikan kamu pilih “Equalizer” dan centang kotak pada sebelah kiri

Setelah equalizer Windows 10 kamu sudah aktif, kamu bisa melakukan preset audio dari yang sudah direkomendasikan oleh Windows atau sesuai dengan selera kamu. Caranya mudah, hanya dengan klik kotak yang berisi titik-titik di sebelah kanan dari preset equalizer yang ada. 

orang sedeng 3

Equalizer Terbaik Untuk Windows 10

Selain menggunakan equalizer bawaan dari Windows 10, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang juga tidak kalah bagus dengan bawaan Windows 10. Equalizer pihak ketiga mayoritas memberikan pilihan dan settingan yang lebih beragam. Berikut adalah beberapa rekomendasi equalizer pihak ketiga yang bagus untuk Windows 10. 

1. Voicemeeter Banana

Bagi kamu yang aktif dengan penggunaan mikrofon seperti seorang youtuber, pengisi suara, atau memiliki acara podcast, Voicemeeter Banana merupakan salah satu equalizer untuk Windows 10 yang tepat. Memiliki fitur audio mixing yang canggih dengan user interface yang ramah, kamu bisa dengan mudah melakukan penyesuaian audio. Voicemeeter Banana memiliki kelebihan dapat mempertajam suara dan meredam distorsi suara-suara luar yang masuk, sehingga kamu bisa melakukan rekaman hingga meeting dengan mikrofon lebih aman dan jernih. 

Selain fitur yang canggih, kelebihan dari Voicemeeter Banana adalah sebagai aplikasi donationware, sehingga kamu bisa memilih untuk tidak membayarkan biaya berlangganan. 

2. APO Equalizer

Aplikasi pihak ketiga lainnya yang bagus untuk Windows 10 adalah APO Equalizer. APO Equalizer merupakan aplikasi equalizer gratis yang memiliki fitur super lengkap dan mudah untuk disesuaikan. APO sendiri merupakan singkatan dari Audio Processing Object, jadi untuk kamu yang audionya menggunakan API (seperti ASIO dan WASAPI), kemungkinan APO ini tidak akan berfungsi. 

Selain fitur lengkap, APO juga memiliki jumlah filter yang tidak terbatas dan mendukung fitur multi-channel. Walaupun aplikasi ini gratis, namun APO Equalizer sudah mendukung penyesuaian suara Surround 3D loh. Penggunaan CPU yang rendah juga menjadikan APO sering dilirik. Sayangnya, APO memiliki user interface graphic yang kurang ciamik dan perlunya untuk mengedit filter dalam format file TXT. 

ipon 4

Selain kedua aplikasi di atas, masih banyak aplikasi equalizer windows 10 pihak ketiga lainnya yang bagus loh, mulai dari yang berbayar maupun yang gratis. Untuk mendapatkan aplikasi yang terbaik, kamu juga perlu menyesuaikan aplikasi tersebut dengan kebutuhan serta kemudahan aplikasi itu untuk kamu mengerjakan proyek audio. Jangan sampai pakai aplikasi yang malah membebankan kamu ya! Selamat mencoba!

Baca juga:

4 Cara Dual Boot Windows dan Linux

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA