Empat Cara Membuat Clay yang Mudah dan Murah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
clayy[1]
Daftar Topik

Clay atau yang sering dikenal dengan nama Play dough ini sangat menarik perhatian baik itu anak-anak atau orang dewasa yang suka berkreasi dan membuat sesuatu dari clay. Dengan clay kamu bisa membuat berbagai bentuk-bentuk lucu dan bahkan ternyata hasil clay yang dibentuk ini bisa dimodifikasi dengan dikeringkan, lalu dijual menjadi souvenir atau penghias rumah dan menjadi sumber penghasilan. Clay ini bukan hanya terbuat dari plastisin, tapi bisa dari bahan-bahan yang sering kita jumpai.

Yuk, simak bagaimana cara membuat clay yang mudah dan praktis dari bahan-bahan di sekitar kita ini :

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu

Hal paling penting dalam membuat clay ini adalah bagaimana clay yang kamu buat menjadi kalis. Begitu juga kalau mau membuat clay dari bahan tepung terigu ini. Takarannya harus pas supaya adonannya menjadi kalis dan bisa mudah dibentuk. Cara membuat clay tepung terigu ini juga paling mudah karena bahan digunakan juga tidak terlalu banyak.

Bahan:

  • 80gr Tepung Terigu
  • 80gr Tepung Tapioka / Tepung Kanji
  • 80gr Tepung Beras
  • 200gr Lem Putih / Lem Kayu

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung dengan lem kayu, kemudian uleni hingga tercampur rata.
  2. Jika sudah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
  3. Warnai setiap bagian dengan warna berbeda. Cara mewarnainya adalah dengan memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
  4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
  5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.

Cara Membuat Clay dari Sabun

Hasil dari clay yang terbuat dari bahan sabun mandi batangan nantinya akan cenderung lebih lembut karena bahan sabun pada umumnya mengandung parafin dan minyak. Clay dari sabun ini cocok untuk dijadikan hiasan dinding rumah.

Bahan:

  • 1 buah sabun mandi batangan
  • Tepung terigu secukupnya
  • Lem putih atau lem kayu secukupnya
  • 1 sendok teh garam dapur halus
  • Pewarna makanan

Cara membuat:

  1. Ambil sebuah sabun batang lalu potong kecil-kecil. Kemudian rendam potongan sabun tersebut dalam air. Ukuran air setinggi potongan sabun.
  2. Diamkan rendaman tersebut sampai sabun menjadi lembek. Jika ada yang masih mengeras, bisa dihaluskan dengan sendok agar sabun manjadi halus dan lembut.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu, garam dan lem putihnya.
  4. Uleni semua bahan tersebut sampai tercampur rata dan kalis. Jika belum kalis bisa ditambahkan terigunya atau lem putihnya sampai menjadi kalis.
  5. Jika adonan sudah kalis berarti adonan clay sudah jadi. Agar terlihat cantik, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Selanjutnya uleni sekali lagi sampai warna menyatu sampai rata.
  6. Clay yang sudah jadi siap dibuat mainandan dibentuk sesuai selera.

Cara Membuat Clay dari Kertas Tissue

Clay berbahan dasar kertas tissue bisa dibilang lebih tahan lama dan kerasnya juga lebih maksimal. Dengan demikian Clay dari tissue ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan rumah atau souvenir.

Bahan:

  • 1 gulungan kecil tisu toilet atau tisu makanan
  • 150 gram lem putih/lem kayu
  • 2 sdm minyak goreng/minyak sayur
  • 100 g tepung terigu
  • Pewarna makanan sesuai selera

Langkah-langkah:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah rendam semua kertas tisu yang sudah kamu persiapkan. Kemudian suwir-suwir dan remas sampai halus. Jika ingin lebih mudah, silahkan di blender saja.
  2. Siapkan wadah berukuran sedang lalu kamu masukan semua bahan seperti lem putih, tepung terigu, minyak gorang / minyak sayur dan bubur kertas tisu. Kemudian kamu uleni sambil di tekan-tekan sampai adonan menjadi rata dan kalis.
  3. Jika adonan sudah kalis, masukkan pewarna makanan dalam adonan tersebut sesuai dengan selera kamu. Kalau sudah dicampur, kamu bisa uleni kembali sampai pewarna tercampur rata dengan adonan.
  4. Jika sudah selesai, maka kamu telah berhasil membuat clay ala kamu. Selanjutnya kamu tinggal bentuk adonan tersebut sesuai dengan keinginan kamu. Untuk adonan sisa, kamu bisa simpat di tempat atau wadah yang tertutup agar tidak kering dan mengeras.

Cara Membuat Clay dari Roti Tawar

Kalau clay dengan bahan dasar roti tawar teksturnya agak terasa. Karena bagaimanapun juga, bahan yang digunakan memang sudah melewati proses pematangan. Jadi, teksturnya agak sedikit berbeda dengan clay berbahan dasar lainnya, dan cara membuat clay roti tawar ini juga lebih membutuhkan waktu lebih banyak. Tapi, hasilnya juga akan sangat bagus dan menarik.

Bahan:

  • 5 lembar roti tawar, merknya bisa apa aja
  • 2 sendok makan lem kayu, merknya bisa apa aja
  • Minyak goring atau minyak sayur secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, ambil 5 lembar roti tawar yang udah kamu persiapkan, lalu angin-anginkan supaya agak mengering dan berubah sedikit agak kaku. Kira-kira selama 4 – 5 jam saja.
  2. Selanjutnya, kamu siapkan wadah dengan ukuran sedang lalu suwir-suwir roti tawar menjadi suwiran kecil. Lalu kamu campurkan lem putih ke dalam suwiran roti tersebut.
  3. Lalu, uleni adonan tersebut sampai menjadi kalis. Jika adonan tidak kalis kamu cukup menambahkan roti tawar lagi.
  4. Setelah adonan menjadi kalis, masukan sedikit minyak goreng atau minyak sayur ke dalam adonan. Lalu kamu uleni lagi adonan itu sampai minyak dan adonan tercanpur rata.
  5. Setelah adonan sudah selesai, kamu bisa membentuk adonan seperti apa yang kamu mau. Jika ada adonan clay tersisa, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup rapat agar clay tidak mengering dan tidak menjadi keras.

Nah, itulah empat cara membuat clay yang dapat kamu ikuti. Selamat mencoba ya!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP