elevenia Mart kini sudah ada di 200 Lokasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
emart foto
Daftar Topik

elevenia merupakan salah satu merek dagang marketplace yang menyediakan aneka macam produk. Dikelola oleh PT XL Planet yang didirikan pada 2013 oleh SK Planet (Korea) dan XL Axiata (Indonesia). Pertengahan 2017 Salim Grup membeli PT XL Planet.

Dua tahun setelah bergabung dengan Salim Group, perusahaan ini telah meluncurkan 3 unit usaha, yaitu elevenia.biz, EDTS dan elevenia mart. Dan di tahun 2021 ini ada satu unit baru yang diluncurkan yakni e-Nusantara.

Mengutip hasil wawancara Tim “Manager Scope” dengan Chief Operating Officer PT XL Planet – Hendra Gunawan,  Edisi September 2021:

Apa itu elevenia mart?

Adalah sebuah solusi layanan yang merupakan gabungan vending machine dan kantin kejujuran. Semua transaksi akan terpantau dengan baik dan produk dapat berkembang dan beradaptasi sesuai kebutuhan.

Mengapa menjalankan elevenia mart?

Kami melihat kebiasaan dan keinginan konsumen untuk membeli jajanan di tengah jam sibuk kerja, namun sering kali mereka tidak bisa beranjak dari meja kerja karena padatnya pekerjaan. Konsumen khususnya karyawan kantor tidak selalu bisa meminta bantuan office boy untuk membelikan sesuatu. Rak jajanan elevenia mart kami nilai sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan karyawan sambil tetap menjaga efektivitas dan efisiensi waktu saat bekerja.

Elevenia mart menyediakan camilan makanan dan minuman, obat-obatan umum dan kebutuhan saat pandemi seperti hand sanitizer sampai tisyu. Item yang dijual di setiap rak dapat disesuaikan sesuai permintaan pasar.

Siapa yang mengeluarkan ide untuk menjalankan elevenia mart?

Diawali dari inisiatif karyawan kami dan didukung oleh manajemen.Ternyata mendapat respon yang baik saat dilakukan sampling bisnis model dengan menaruh satu rak jajanan elevenia mart di area kerja karyawan. Kemudian kami mulai mengembangkan sistem pembayaran, pengelolaan stock yang terintegrasi dengan baik. Elevenia mart mulai merambah area kerja di kantor-kantor ternama sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin di Jakarta. Responnya positif.

Siapa konsumen yang disasar?

Di awal perkembangannya kami menyasar area kantor yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak. Setelah itu hingga saat ini elevenia mart mulai merambah ke area layanan umum seperti co-working space, bengkel kendaraan resmi, apotek, tempat olahraga gym hingga ke rumah kos terkenal di Jakarta.

Di mana saja lokasinya?

Saat ini elevenia mart sudah tersebar di dua ratusan titik di kawasan DKI Jakarta, Tangerang dan Bekasi. 59% tersebar di area perkantoran, 37% di pemukiman dan sisanya di service area.

Jam operasionalnya?

Karena bentuk elevenia mart adalah rak yang dilengkapi point of sales untuk sistem pembayaran, maka ia dapat diakses 7 kali 24 jam.

Hanya satu rak saja?

Saat ini ada 2 jenis rak. Perbedaannya dalam hal jumlah stock keeping unit dan jumlah barang.

Tak ada orang yang menjaga rak?

Tidak ada. Biasanya lokasi elevenia mart diawasi oleh kamera pengawas (CCTV) yang dipasang pemilik tempat. Juga ada person in charge dari pihak pemilik tempat yang diberikan tanggung jawab untuk memantau. Tetapi person in charge ini bukan penjaga rak.

Berapa banyak stock keeping unit (SKU) dalam satu rak?

40 sampai 60 SKU.

Bagaimana perkembangan elevenia mart sejak awal sampai saat ini?

Karena respon baik, kami terus mengembangkan elevenia mart di banyak titik agar menjangkau pasar yang lebih besar. Kami menyempurnakan sistem yang terintegrasi dan memberikan kenyamanan kepada merchant dan supplier, sehingga penjualan dan ketersediaan barang selalu dijamin. Kemudahan dalam proses install rak juga sangat kami perhatikan. Merchant tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali dan bahkan bisa mendapatkan share revenue dari penjualan. Elevenia mart dikelola oleh tim yang sangat profesional.

Berapa omzet per hari?

Rata-rata Rp 400.000,-/rak/hari.

Elevenia mart mana yang paling bagus omzetnya?

Rak yang kami tempatkan di kantor FiberStar di MenaraKadin di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Berapa karyawan yang khusus mengelola elevenia mart?

Ada 8 orang di luar tim operasional. Tugas tim operasional mencakup pekerjaan di elevenia marketplace, elevenia bizdan elevenia mart.

Apakah lokasi elevenia mart dipilih di tempat yang jauh dari toko dan minimarket?

Hal ini menjadi salah satu aspek yang kami pertimbangkan. Selain itu, pilihan penempatan elevenia mart lebih ke arahkebutuhan tempat tersebut. Contohnya, salah satu lokasi elevenia mart di PT Transcosmos Indonesia di kawasan Kuningan. Di lokasi ini karyawannya bekerja selama 7 hari 24 jam, sehingga elevenia mart menjadi solusi kebutuhan mereka terutama pada saat malam hari.

Ke depannya elevenia mart akan dikembangkan menjadi apa?

Kami akan kembangkan dengan bentuk saat ini. Sekarang kami sedang mencoba melakukan penjajakan dengan sistem vending machine.

Elevenia mart menerima uang digital apa saja?

Semua uang digital yang sudah memakai QRIS dapat diterima untuk bertransaksi.

Berapa banyak barang yang hilang?

Kehilangan pasti ada. Saat ini masih di bawah 4% dari jumlah transaksi.

Mengapa dari awalnya perusahaan e-commerce juga membuka elevenia mart?

Awalnya memulai elevenia mart untuk kebutuhan internal di kantor kami. Lama-lama kami melihat model bisnis ini punya peluang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan umum. Lalu kami coba jalankan secara serius apalagi mendapat bantuan pengembangan sistem oleh tim EDTS.

 

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP