7 Efek Samping Bleaching Badan yang Harus Kamu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Memutihkan dalam waktu singkat
Daftar Topik

Efek samping bleaching badan. Sedang ingin memutihkan badan? Salah satu proses yang kamu lakukan adalah proses bleaching badan. Bleacing adalah salah satu cara untuk menjadikan kulit kamu terlihat lebih putih bersih dengan mengurangi produksi melanin pada kulit. Kalau kamu belum tahu, melanin ini bisa mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Hal ini sebetulnya disebabkan karena secara alami kulit akan mengeluarkan melanin untuk melindunginya dari sinar UV matahari yang berbahaya. Nah, hal instan yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan kulit adalah dengan melakukan proses bleaching.

Namun, apakah bleacing ini aman untuk kulit dan tubuh kamu? Nah, agar kamu lebih paham berikut adalah efek samping bleaching badan yang harus kamu ketahui.

efek samping bleaching badan

Efek samping bleaching badan

1. Sel kulit lama akan teregenerasi

Hal yang akan langsung terlihat setelah melakukan proses bleaching adalah kulit yang terlihat putih bersinar. Bukan menjadi hal yang aneh pula karena dalam krim tersebut terdapat kandungan pencerah seperti AHA dan tretinoin. Kandungan ini selain mampu buat kulit jadi cerah tetapi juga berfungsi untuk proses pengelupasan kulit. Selain kulit yang menjadi putih, kandungan hydrogen peroxide pada krim bleaching juga akan membuat bulu pada kulit menjadi warna pirang atau transparan.

2. Efeknya akan berbeda-beda untuk tiap orang

Kenyataannya, setiap kulit memiliki reaksi yang berbeda-beda pada bahan kimia. Proses bleaching pun harus kamu lakukan dengan pertimbangan yang matang dan akan lebih baik untuk konsultasi ke dokter dulu sebelum melakukannya. Apalagi, bagi kamu yang mempunyai jenis kulit sensitif. 

Bagi sebagian orang, proses bleaching bisa membuat kulit makin putih, kenyal, dan tidak kusam. Tapi reaksi produk bleaching bagi sebagian orang lainnya akan berbeda. Sebelum melakukannya, tidak ada salahnya bagi kamu untuk melakukan tes terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan krim di kulit belakang telinga dan lihat hasilnya dalam 24 jam.

Apabila terjadi iritasi, kemerahan, dan gatal, sebaiknya urungkan kembali niat untuk melakukan proses bleaching. Kalau kulitmu tidak bermasalah, jangan lupa untuk tidak melakukan bleaching pada kulit lebih dari dua minggu sekali karena bisa merusak kesehatan kulit tubuh. 

3. Bisa memutihkan wajah dalam waktu singkat

Memutihkan dalam waktu singkat

Bagi sebagian perempuan, hal yang diinginkan adalah mempunyai kulit yang cerah dan terlihat putih. Apalagi, kalau kamu selalu beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Selain rutin melakukan perawatan kulit dengan produk khusus, kamu bisa melakukan bleaching karena dapat memutihkan kulit dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan bleaching dapat mengurangi pigmen berwarna gelap yang diproduksi sel melanin. Caranya adalah dengan menggunakan krim yang mempunyai kandungan seperti peroksida, amonia, hydroquinone, kojic acid, dan asam azelaic.

4. Kulit kamu bisa jadi lebih sensitif

efek samping bleaching badan Kulit menjadi lebih sensitif

Bleaching tidak hanya menghambat pembentukan melanin agar kulit jauh lebih putih. Akan tetapi, proses perawatan ini juga mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel-sel mati pada kulit. Jadi, kalau kamu terus-menerus melakukan bleaching, maka kulit bisa menjadi semakin sensitif.

5. Setelah prosesnya kamu harus rutin melakukan perawatan kulit

Setelah proses bleaching, hal yang dianjurkan adalah tidak bepergian dan sebaiknya kulit tubuh tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan kulit yang telah mengalami proses bleaching menjadi lebih sensitif dari biasanya. Namun, kalau kamu terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa untuk mengaplikasikan susncreen atau sunblock dengan SPF diatas 30. Selain itu, saat akan mandi dianjurkan pula untuk menggunakan sabun cair yang sesuai dengan jenis kulit. 

6. Ada bahaya dari bleaching

Bahan kimia yang terdapat pada produk bleaching bisa memiliki efek buruk bagi kulit. Efeknya yaitu menyebabkan iritasi seperti gatal-gatal. Kalau produknya tidak cocok pada kulit kamu, maka kulit akan mengalami alergi hingga bisa menyebabkan mata memerah. Efek panjangnya memakai bleaching pun bisa menyebabkan kerusakan hati, ginjal, hingga kanker.

Pastikan kamu memahami efek samping dari bleaching sebelum memakainya. Lalu, sebaiknya perhatikan lagi saat melakukan proses bleaching agar krim tidak mengenai kuku. Hal ini untuk mengatasi agar kuku tidak menjadi kering dan terasa perih. 

7. Sebaiknya putihkan badan secara alami

Pilih yang alami

Kulit yang cantik itu bukan hanya yang berkulit putih saja lho. Kulit cantik adalah kulit yang dirawat dengan baik dan juga kulit yang sehat. Tapi, kalau kamu memang mau memutihkan kulit dan tidak mau melakukan proses bleaching sebenarnya banyak produk lebih aman lainnya untuk bisa kamu coba. Misalnya dengan rajin melakukan eksfoliasi seperti menggunakan produk lulur atau scrub. Selain itu, saat harus beraktivitas keluar rumah, jangan lupa untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen atau sunblock yang cocok dengan jenis kulitmu. 

 

Gimana, sudah semakin yakin untuk melakukan bleaching? Apapun itu pilihanmu sebaiknya cari tahu dulu efek samping bleaching badan dengan benar atau berkonsultasi dulu ke dokter.

Baca juga:

9 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Patut Dicoba

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA