Doa Sholat Jenazah Perempuan dan Laki-laki Lengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
27320-solat jenazah
Daftar Topik

Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan yang namanya kematian dan akan kembali lagi kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Manusia hanyalah sementara saja hidup di dunia ini dan hanya akan kekal di akhirat nanti. Nah, kali ini kami akan mengulas tentang doa sholat jenazah untuk perempuan dan laki-laki secara lengkap.

Sholat Jenazah


Jika ada saudara atau tetangga yang meninggal dunia, naga bagi umat Islam diwajibkan untuk mengurus jenazah tersebut. Hukum dari mengurus jenazah tersebut adalah fardhu kifayah. Fardhu kifayah adalah apabila di antara umat Islam ada yang mengurus jenazah dengan baik. Mulai proses dalam memandikan jenazah, menshalatkan jenazah, hingga menguburkannya. Jika sudah dilaksanakan, maka bagi umat Islam yang tidak ikut mengurusnya tidak berkewajiban dan juga tidak berdosa.

Namun jika di antara mereka semua tidak ada yang mau mengurus jenazah orang yang meninggal di sekitarnya, maka semua umat Islam yang ada  di wilayah tersebut akan mendapatkan dosa. Sedangkan bagi keluarga yang ditinggalkan, maka sebaiknya ia tidak meratapi kematiannya. Yang diperbolehkan iya itu hanya menangis sebagai bentuk dari bela sungkawa dalam hatinya karena mendapatkan shock atas kejadian tersebut. Akan tetapi tidak diperbolehkan meratapinya hingga menyiksa dirinya dan jenazah tersebut.

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW “segeralah untuk (mengurus) menguburkan jenazah seorang mayit, jaga dia adalah orang yang termasuk baik itu artinya kamu harus menyegerakan mengantarkannya kepada kebaikan juga. Namun jika dia adalah termasuk orang yang berbuat jahat, maka itu artinya kamu semua sama dengan akan menyingkirkan sebuah bencana kepada dirimu.” (HR Muslim)

Keutamaan Sholat Jenazah


Rasulullah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim:

“siapa saja orang yang melaksanakan sholat atas jenazah seseorang serta dia tidak mengiringinya hingga (ke pemakaman), maka ia akan mendapatkan pahala yang sebesarnya sama dengan 1 qirath. Akan tetapi, apabila Ia menggiring sampai (menuju pemakaman), maka ia bisa memperoleh pahala yang setara  dengan dua qirath”.

Kemudian ada yang bertanya “Apa yang dimaksud dengan pahala sebanyak dua qirath ya Rasulullah?” Kemudian beliau menjawab “yang kecil di antaranya itu bagaikan sebesar gunung Uhud”.

Jadi dari hadis yang telah disebutkan di atas bisa kita pahami bahwa sholat jenazah punya keutamaan yang sangat luar biasa. Sedangkan bagi orang-orang yang mau mengurusi jenazah mulai dari memandikan jenazahnya, mengkafaninya, menshalati jenazah hingga menguburkannya dengan sebaik-baiknya, maka ia berhak memperoleh pahala yang besarnya sama dengan dua qirath.

Sedangkan makna dari dua qirath sendiri yaitu besarnya seperti gunung Uhud. tentunya jika dibayangkan pahala yang akan didapatkan bagi orang-orang yang mengurusi jenazah saudaranya pahalanya sangat luar biasa. Sedangkan melaksanakan sholat jenazah bisa dikerjakan di masjid maupun di kuburan.

Sebagaimana yang terdapat dalam kitab tanwiul qulub bahwa jika jenazah adalah laki-laki, maka posisi saat dishalatkan kepalanya ada di Selatan. Sedangkan untuk jenazah perempuan saat dishalatkan posisi kepalanya di sebelah utara. Untuk jenazah jenis kelamin laki-laki, maka imam sholat jenazah posisinya harus berdiri tepat ke arah kepala jenazahnya. Sedangkan untuk jenazah perempuan, maka kepala jenazah harus ada di sebelah kanan Imam.

Sholat jenazah sendiri tidak menggunakan rukuk dan sujud, akan tetapi hanya berdiri dengan 4 takbir. Apabila jenazah disholatkan di kuburan yang kemungkinan tanahnya tidak suci, maka jika memakai sendal cukup dilepas namun berdiri di atas sendal tersebut. Jadi sandalnya itu hanya dipakai sebagai tempat. Jika sendalnya dipakai di kaki maka hukumnya tetap sebagai sandal namun jika dilepas dan kemudian kaki kita menumpang di atasnya hukumnya akan berubah menjadi tempat untuk sholat.

Niat Sholat Jenazah


Sebagaimana sholat pada umumnya, sholat jenazah juga diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Sedangkan bacaan doa sholat jenazah tentunya berbeda antara jenazah laki-laki dengan jenazah perempuan.

  • Niat-Sholat-Jenazah-Laki-Laki

“Ushalli’alaahadzal mayyiti arba’a takbiraatin fardlal kifaayati ma’muuman lillahit ta’aala”

“aku berniat melaksanakan shalat atas mayit ini dengan 4 takbir fardhu kifayah makmuman lillahita’ala”.

  • Niat-Sholat-Jenazah-Perempuan

“Ushollii ‘alaa haadzihill mayyitati arba’a takbirootin fardhol kifaayati ma’muuman lillaahi ta’aalaa”

“Aku berniat melaksanakan sholat atas mayit ini dengan 4 takbir fardhu kifayah makmuman lillahi ta’ala”.

Syarat Sholat Jenazah


Melaksanakan sholat jenazah harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Muslim bagi orang yang mensholatinya
  • Suci dari hadas besar dan hadas kecil
  • Menutup aurat sebagaimana sholat pada umumnya
  • Menghadap ke arah kiblat
  • Muslim bagi jenazah yang disholati
  • Keadaan jenazah sudah bersih atau sudah dimandikan

Mengkafani jenazah terlebih dahulu bukan merupakan syarat sholat jenazah. Akan tetapi diperbolehkan, namun boleh juga menshalati jenazah yang sudah dimandikan dan belum dikafani.

Rukun sholat Jenazah


Rukun dalam melaksanakan sholat jenazah ada 7 yakni:

  • Niat
  • Membaca takbir sebanyak 4 takbir
  • Berdiri bagi yang mampu
  • Membaca surat Alfatihah
  • Membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW setelah melakukan takbir yang kedua
  • Mendoakan jenazah sesudah melakukan takbir ketiga
  • Salam

Nah, di atas tadi yang merupakan ulasan tentang doa sholat jenazah baik itu untuk jenazah laki-laki dan perempuan. Semoga dengan dibuatnya artikel ini bisa menambah pengetahuan kita semua dan mengingatkan kita bahwa hidup didunia hanya sementara dan akhiratlah tujuannya.

BACA JUGA!

Inilah Kedahsyatan Kalimah Hasbunallah Wanikmal Wakil

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP