Doa Pengantin Baru yang Benar dan Lengkap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
103-nikah pengantin
Daftar Topik

Pernikahan dalam agama Islam merupakan sebuah ibadah yang begitu suci dan mulia. Bahkan, dalam Islam pernikahan diibaratkan dengan kata mitsaqan ghalizha yang memiliki makna sangat agung. Dengan makna tersebut dapat dimaknai bahwa pernikahan tidak hanya sebatas mempersatukan dua insan antara laki-laki dan perempuan. Namun, dalam sebuah pernikahan juga menyatukan dua keluarga dari kedua mempelai. Maka dari itu dalam sebuah pernikahan, restu orang tua sangatlah penting agar pernikahan tersebut lebih berkah.

Dalam sebuah pernikahan yang paling penting yaitu doa dari wali masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dalam pernikahan nantinya dan berharap mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT untuk yang menjalankan pernikahan. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas seputar doa pengantin baru yang sesuai dengan ajaran Islam.  Selain itu juga dijelaskan mengenai sunnah menabuh rebana pada saat pernikahan. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Doa untuk Pernikahan Terbaik Sesuai Sunnah


Setiap apapun yang kita lakukan, pasti ada doanya tersendiri dan tak terkecuali dalam pernikahan. Nah, dari sekian banyak doa untuk pernikahan, doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW merupakan sebaik-baiknya doa. Hal ini tidak hanya doa untuk diri sendiri, tetapi ketika kita memberikan ucapan selamat kepada pengantin baru, bisa juga dengan ucapan doa. Sekalipun ucapan selamat untuk pengantin dalam bahasa Arab atau bahasa Inggris. Namun, dibalik itu juga terdapat doa yang terkandung di dalamnya.

Nah, berikut ini ada doa untuk pengantin baru sesuai dengan ajaran Islam dan bisa Anda baca untuk diri sendiri ataupun orang terdekat:

“Bârakallâhulaka wa jama’abainakumâ fîkhairin. Bârakallahu likulliwâhidin minkumâ fîshâhibihi wa jama’abainakumâ fî khairin”

Artinya: “Semoga tetap tercurahkan Berkah Allah kepadamu dan semoga Allah SWT selalu mengumpulkan  serta menyatukan kalian berdua dalam kebaikan. Semoga tetap tercurahkan rahmat Allah SWT bagi masing-masing mempelai atas pasangannya. Semoga Allah SWT selalu mengumpulkan kalian berdua dalam setiap kebaikan.”

Doa untuk Pengantin Mempelai Pria


Selain ada doa pengantin baru secara umum, ada juga doa yang dikhususkan untuk pengantin mempelai pria. Untuk mendoakannya ini bisa sekaligus ketika berjabat tangan dengan mempelai pria serta mengucapkan selamat atas pernikahannya.

Nah, berikut ini doa terbaik yang tepat untuk pengantin mempelai pria:

“Bârakallâhulaka, wa bâraka‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fîkhairin wa‘afiyah”.

Artinya, “Semoga berkah Allah SWT selalu tercurahkan untukmu. Semoga Allah SWT selalu memberikan kebahagiaan kepadamu dan pasangan. Semoga Allah SWT menyatukan kalian dalam kebaikan dan ‘afiyah,”

Doa untuk Pengantin yang Lainnya, Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Sebenarnya banyak sekali doa-doa yang bisa dibaca ketika dipernikahan. Seperti halnya doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menyantap makanan ketika menghadiri pernikahan. Adapun berikut ini doanya:

“Ya Allah wahai Tuhan ku, ampunilah mereka. Sayangi mereka dan selalu berikan keberkahan kepada mereka atas apapun yang Engkau karuniakan”.

Imam Muslim meriwayatkan dalam riwayat lain dengan lafadz sebagai berikut:

“Ya Allah, selalu berikan berkah kepada mereka atas apapun yang Engkau berikan. Berikan ampunan kepada mereka dan sayangilah mereka selalu” (HR. Muslim).

Ada juga lafadz lain yang bisa dibaca sebagaimana berikut ini:

“Ya Allah, cukupkanlah makan kepada mereka yang sudah memberi makan kepadaku. Berikanlah minum kepada orang yang sudah memberiku minum ketika haus”

Ada juga lafadz lain yang bisa dibaca, sebagaimana berikut ini:

“Orang-orang yang berpuasa di sisi kalian telah berbuka. Sudah menyantap makanan yang kalian berikan wahai orang-orang yang baik dan Malaikat akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kalian”.

Sunnah Menabuh Rebana di Pernikahan


Seperti yang sering kita jumpai saat mendatangi pernikahan adanya sekumpulan orang-orang yang memukul rebana. Tahukah Anda bahwa ada dua manfaat dari menabuh rebana saat pernikahan. Adapun dua manfaat tersebut meliputi untuk mengumumkan adanya pernikahan dan menghibur kedua mempelai serta tamu undangan.

Menabuh rebana di pernikahan juga termasuk sunnah, hal ini sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW, sebagaimana berikut ini:

“Ada sesuatu yang membedakan antara perkara halal dengan yang haram pada pesta pernikahan yaitu antara rebana dan nyanyian yang dimainkan oleh anak-anak kecil”.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah Radhiyallaahu ‘anha. Beliau  pernah mengantar mempelai wanita ke tempat mempelai pria yang berasal dari kalangan Anshar dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkata,

Nabi Muhammad bertanya kepada Aisyah “Wahai ‘Aisyah, apakah ada hiburan yang menyertai kalian di pernikahan tersebut? karena kebanyakan orang Anshar menyukai adanya hiburan.”

Bagaimana, mudah sekali kan doa pengantin baru sesuai dengan ajaran Islam? Dengan adanya doa pengantin baru ini diharapkan kedua mempelai selalu mendapatkan keberkahan dalam menjalin hubungan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

BACA JUGA! 

Konsep Kue Pengantin Elegan yang Paling Populer

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA