Diagram Lingkaran: Cara Midah Mempelajarinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Diagram lingkaran
Daftar Topik

Diagram lingkaran. Minggu depan kamu ujian matematika tapi kamu masih belum paham betul apa itu diagram lingkaran? Tenang, kali ini aku akan menjelaskan mengenai apa itu diagram lingkaran dengan mudah dan menyenangkan. Diagram ini sendiri seringkali kita temui dalam pelajaran matematika yang kadang menjadi momok bagi sebagian pelajar karena lumayan susah untuk di pahami. Bahkan terkadang para pelajar ogah-ogahan untuk mempelajari hal ini karena beranggapan bahwa pelajaran mengenai diagram lingkaran tidak akan ditemui lagi di kemudian hari, padahal faktanya hal tersebut masih sering dipakai dalam dunia kerja untuk menghitung data statistik, serta data perbandingan.

Berangkat dari fakta tersebut, maka memahami hal ini sangatlah penting khususnya untuk kamu yang punya pandangan untuk bekerja di tempat yang berhubungan dengan perhitungan data. Kamu tidak perlu khawatir tidak akan paham, karena di kesempatan kali ini aku akan menjelaskan mengenai diagram lingkaran mulai dari rumus menghitung diagram lingkaran, diagram derajat, diagram persentase, rumus lingkaran serta elemen lainnya.

Apa itu Diagram Lingkaran?

Diagram Lingkaran sendiri merupakan sebuah diagram berbentuk lingkaran yang berisi sebuah data statistik yang terbagi menjadi bagian-bagian tertentu dan setiap bagian tersebut memiliki nilai sendiri. Jika diperhatikan dengan seksama, bentuk diagram lingkaran ini sama seperti bentuk kue pie yang telah diiris-iris.

Diagram lingkaran ini biasanya banyak dijumpai dalam dunia bisnis dan juga juga media elektronik. Bahkan diagram lingkaran tak jarang juga digunakan dalam menampilkan data statistik perolehan suara pemilu, persentase penggunaan gadget dan sebagainya seperti contoh di bawah ini

apa itu Diagram lingkaran

contoh diagram lingkaran

Diagram Lingkaran ini berguna untuk memudahkan peneliti untuk memahami perbandingan dari objek yang sedang diteliti, sama seperti contoh di atas, dengan diagram tersebut bisa diketahui dengan mudah gadget Samsung adalah gadget yang paling diminati oleh masyarakat terbukti peminatnya mencapai 27%. Sedangkan gadget yang paling sedikit peminatnya adalah gadget milik Mito. 

Dari contoh kedua juga dapat disimpulkan bahwa Partai Golkar merupakan partai yang paling diminati oleh masyarakat yaitu sebesar 21.58% sedangkan suara paling kecil diperoleh oleh partai PKPI yaitu sebesar 1,26%

Besaran Diagram lingkaran tidak selalu menggunakan persentase, tetapi juga menggunakan bentuk angka atau yang biasa disebut dengan diagram lingkaran normal, dan juga diagram lingkaran derajat.

Rumus Diagram Lingkaran Normal 

Rumus ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu cermat membaca soal yang disediakan. Rumus diagram lingkaran normal adalah sebagai berikut :

Data yang ditanyakan = Total keseluruhan data – total data yang diketahui 

CONTOH SOAL :

Rumus Diagram Lingkaran Normal

Suatu ketika, SDN 1 Sukamaju hendak mengadakan kegiatan tamasya untuk merayakan kelulusan siswa dan siswi kelas 6. Total murid kelas 6 yang hendak di berangkatkan adalah 50 siswa. Namun demikian, hanya 30 orang yang positif akan mengikuti perjalanan tamasya tersebut, 10 siswa lainnya berhalangan hadir karena ada kepentingan keluarga sedangkan 5 siswa lainnya tidak bisa hadir dikarenakan sakit. Pertanyaannya berapa anak yang tidak mengikuti kegiatan tamasya bersama dengan tanpa keterangan?

Jawabannya :

Data yang ditanyakan = Total keseluruhan data – total data yang diketahui

Jumlah Anak yang tidak ada keterangan = Total siswa (Ikut + Acara Keluarga + Sakit)

Jumlah Anak yang tidak ada keterangan = 50 (30 + 10 + 5)

Jumlah Anak yang tidak ada keterangan = 50 45

Jumlah Anak yang tidak ada keterangan = 5

Maka dapat diambil kesimpulan jumlah anak yang tidak ada keterangan adalah 5 orang anak.

Rumus Dalam Bentuk Derajat

Untuk rumus ini dalam satuan derajat juga cukup mudah sekali. Rumus yang digunakan untuk mengetahui berapa derajat bagian yang tidak diketahui sama saja dengan Rumus lingkaran normal, hanya saja total keseluruhan data nilainya pasti 360 derajat karena lingkaran yang sempurna.

Jadi seperti ini : Data yang ditanyakan = 360◦ – total data yang diketahui 

Contoh soal :

Rumus Dalam Bentuk Derajat

Di suatu Pemukiman telah dilakukan survey mengenai pekerjaan penduduk pemukiman tersebut. Penduduk di pemukiman tersebut berjumlah 120 orang. Hasil survey tersebut berupa diagram lingkaran satuan derajat. Dalam survey tersebut kemudian diketahui bahwa sebanyak 180◦ merupakan PNS, sedangkan sebanyak 90◦ bekerja sebagai karyawan dan yang terakhir sebanyak 60◦ merupakan wiraswasta. Pertanyaannya berapa jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani?

jawabannya :

Pertama cari berapa derajat penduduk yang berprofesi sebagai petani

Data yang ditanyakan = 360◦ – total data yang diketahui

Data yang ditanyakan = 360◦ – (PNS + Karyawan + Wiraswasta)

Data yang ditanyakan = 360◦ – (180◦ + 90◦ + 60◦)

Data yang ditanyakan = 360◦ – 330◦

Data yang ditanyakan = 30◦

Nah untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani, maka menggunakan rumus berikut :

Nilai yang diperlukan = (besar sudut : 360 °) x total nilai

Maka : Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = (besar sudut : 360 °) x total penduduk

Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = (30◦ : 360 °) x 120 orang

Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = 10 orang

Jadi jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani adalah 10 orang

Rumus Dalam bentuk Persentase

Kalau kamu jeli maka kamu bisa tahu bahwa rumus ini dalam bentuk persentase dalam bentuk derajat punya rumus yang sama. Kalau tidak percaya yuk langsung Latihan soal!

Contoh Soal :

Rumus Dalam bentuk Persentase

Suatu ketika terdapat kegiatan pendataan mengenai mata pencaharian 120 warga desa Boyolali. Dari pendataan tersebut keluarlah data profesi masyarakat desa tersebut antara lain 50% bekerja sebagai PNS, 25% Sebagai Karyawan, serta 15% sebagai wiraswasta. Berapakah Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani?

Jawabannya :

 Pertama cari berapa persen penduduk yang berprofesi sebagai petani

Data yang ditanyakan = 100% – total data yang diketahui

Data yang ditanyakan = 100% – (PNS + Karyawan + Wiraswasta)

Data yang ditanyakan = 100% – (50% + 25% + 15%)

Data yang ditanyakan = 100% – 90%

Data yang ditanyakan = 10%

Untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani, maka menggunakan rumus berikut :

Nilai yang diperlukan = (besar persentase : 100%) x nilai total

Maka : Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = (besar persentase : 100%) x total penduduk

Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = (10% : 100%) x 120 orang

Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani = 12 orang

Jadi jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani adalah 12 orang

Bagaimana? ternyata belajar diagram lingkaran tidak susah bukan? Karena itu terus asah kemampuanmu supaya kamu mendapatkan nilai yang bagus! Semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa di ulasan artikel kami yang lain!

Baca juga:

Pengertian dan Contoh Soal Energi Mekanik

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP