7 Tips Memilih Desain Ruang Tamu Sempit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
5 Desain Skandinavia untuk Ruang Tamu Halaman all - Kompas.com
Daftar Topik

Apakah Anda punya masalah dengan kondisi ruang tamu yang kecil? Sehingga hal tersebut menjadikan keterbatasan ruang yang juga menjadikan penghalang anda untuk menciptakan desain ruang tamu impian. Akan tetapi, Apakah Anda tahu jika ruang tamu yang kecil bukan tidak bisa didesain sesuai dengan keinginan Anda. Dan hal yang perlu diperhatikan ialah, Anda harus mencari furniture beserta warna yang cocok untuk ruang tamu sempit.

Nah, ketika Anda mampu mendesain ruang tamu sempit menjadi unik dan sesuai maka secara otomatis ruangan dari ruang tamu yang kecil tersebut akan terasa luas. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti beberapa trik praktis di bawah ini mengenai cara mendesain ruang tamu kecil.

5 Desain Skandinavia untuk Ruang Tamu Halaman all - Kompas.com

1. Desain Ruang Tamu Dengan Menggunakan Warna-warna Terang

Langkah pertama yang bisa Anda gunakan ketika mendesain ruang tamu yang berdiri ialah dengan menggunakan perhitungan dengan warna-warna yang terang. Contohnya saja warna hijau, warna merah, warna kuning, warna biru muda dan lain sebagainya. Kenapa harus memilih warna yang cerah? sebab warna warni yang cerah akan menjadikan suasana dari ruangan jauh lebih terbuka sehingga siapa saja yang ada di dalam ruangan tersebut akan merasa nyaman.

Sangat dianjurkan untuk menghindari warna gelap dari furniture yang digunakan untuk ruang tamu, dimana hal tersebut akan menjadikan ruang tamu terlihat jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

2. Pertimbangkan Penggunaan Cermin Pada Desain Ruang Tamu Kecil

Bukan hanya yang mendominasikan furniture dengan warna-warna yang cerah pada ruang tamu, namun Anda juga bisa mencoba penggunaan dari cermin yang akan membuat ruangan jauh lebih luas. untuk pengaplikasian dari cermin ini bisa dipasang pada bagian dinding untuk memenuhi sisinya, penggunaan dari cermin ini kerap kali dipasang mendekorasi rumah sehingga ruangan pun tampak lebih elegan dan mewah.

Mengenai ukuran dari cermin yang digunakan harus berukuran besar sehingga bisa memberikan refleksi atau efek visualisasi dari ruangan yang sempit agar bisa terlihat lebih lapang dan luas.

Baca Juga: Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit Tetap Terlihat Rapi

3. Menghindari Pola Berlebihan Untuk Desain Ruang

Desain ruang tamu sempit yang berikutnya ialah Anda tidak boleh menggunakan pola-pola yang berlebihan pada ruangan yang sempit. Namun penggunaan dari pola juga bisa digunakan agar tampilan dari ruangan pun lebih hidup dan dinamis. Ketika ruang tamu kecil diberikan pola-pola yang berlebihan maka hal tersebut akan menjadikan ruang tamu terlihat lebih sempit dan juga sesak.

Apabila Anda memang sangat mencintai pola, pemakaian dari pola-pola untuk elemen dekoratif seperti halnya taplak, kemudian bantal sofa ataupun benda kecil lainnya bisa menjadi pilihan namun anda harus membiarkan Beberapa elemen lain terlihat polos.

4. Meminimalisir Perabotan Pada Ruang Tamu Kecil

Bukan menjadi rahasia lagi pada saat ruang tamu sempit di desain dengan perabotan yang tidak terlalu banyak sehingga ruangan pun tampak lebih leluasa. Maka dari itu, Anda harus memilih perabot-perabot utama saja yang memang sangat diperlukan pada bagian ruang tamu.

Selain itu pilihlah perabot yang multifungsi dengan ukuran serta detail yang bisa sesuai dengan kebutuhan. Konsep dari minimalis modern memang sangat cocok dengan desain dari ruang tamu kecil, sehingga konsep tersebut bisa mengusung tema yang simple namun tampak mewah.

5. Perlunya Pencahayaan Pada Desain Ruang Tamu

Untuk tips yang selanjutnya ialah harus memastikan Apakah ruang tamu tersebut mempunyai pencahayaan yang baik. Karena ruangan yang gelap akan memberikan kesan yang sempit pada kamar tidur yang mungil. Maka dari itu Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan pencahayaan secara alami dengan memilih genteng kaca atau bisa pula membuat jendela dengan ukuran yang jauh lebih besar dan lebih terbuka.

6. Harus Lebih Bijak Dalam Memilih Dekorasi

Ketika Anda merancang ruang tamu untuk sentuhan pelengkap akhir ialah harus menambahkan dekorasi yang ada dalam ruangan. Akan tetapi dengan ruang tamu yang sempit maka harus menghindari pemakaian dari dekorasi yang berlebihan. Anda bisa menambahkan dekorasi seperti lampu berdiri ataupun vas bunga yang membuat penampilan ruang tamu lebih cantik.

7. Desain Ruang Tamu Menjadi Terbuka

Untuk cara yang satu ini memang memakai konsep di ruang terbuka apabila memang memungkinkan. Yang mana Anda harus menggabungkan ruang tamu dengan ruang lainnya seperti ruang keluarga ataupun ruang tv sehingga hal tersebut akan mengurangi penampakan dari struktur ruangan yang jauh lebih kecil. Dengan cara inilah Anda akan mendapatkan ruang tamu yang jauh lebih leluasa dan lapang.

Nah, dengan beberapa klik untuk desain ruang tamu sempit di atas pastinya Anda sudah bisa memiliki bilangan oktan ruang tamu seperti apa. Semoga saja dengan tips diatas bisa menjadi referensi bagi Anda.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP