Definisi dan Jenis Cacar Air

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cacar air
Daftar Topik

Cacar atau cacar air sering disebut penyakit ‘sekali seumur hidup’. Memang benar, penyakit ini hanya bisa muncul sekali seumur hidup jika kekebalannya telah terbentuk secara penuh.

Orang yang pernah mengalami cacar air akan memiliki kekebalan sehingga tidak mungkin akan mengalaminya kembali. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin ataupun usia.

Cacar air (Varisela atau chickenpox) adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Infeksi virus menular ini dapat menyebabkan ruam kulit berupa sekumpulan bintik-bintik kecil yang datar ataupun menonjol atau berupa lepuhan yang berisi cairan yang menyebabkan rasa gatal.

Penyakit ini dapat ditularkan melalui percikan ludah si penderita atau melalui benda-benda yang terkontaminasi langsung oleh cairan yang berasal dari lepuhan kulit.

Untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan penyakit ini dan menghindari penggarukan, kulit sebaiknya dikompres dingin. Bisa juga diberikan lotion kelamin dan bahan lain yang nengandung mentol atau fenol.

Mengenal Macam Penyakit Cacar

Setiap Kamu pasti risih jika badan ada gelembung-gelembung air yang menyebar di kulit. Itulah salah satu cacar yang Kamu kenal. Penyakit cacar dalam bahasa ilmiah medisnya adalah variola, sedang dalam bahasa Inggris cacar disebut small pox. Mungkin ini ada kaitannya dengan keterlibatan virus poks (pox virus) sebagai penyebabnya.Cacar sebenarnya sudah ada sejak lama dan berpotensi penularan yang tinggi.

Beberapa gejala yang bisa dilihat dari penderita cacar adalah demam, serta muncul gelembung bernanah yang merata di beberapa daerah wajah, tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Bila mengenai bayi atau orang lanjut usia bisa berakibat fatal. Bagi mereka yang bisa disembuhkan, akan meninggalkan bekas di kulit berupa bopeng kehitaman. Cacar yang Kamu kenal ada beberapa macam. Akan dikupas satu persatu.

Cacar Air

Dalam istilah medis, cacar air disebut sebagai varisela. Sedangkan dalam bahasa inggris disebut chicken pox. Penyebab salah satu macam cacar ini adalah virus varisela zoster. Gejala yang timbul biasanya terjadi demam. Gelembung bermunculan tidak serentak. Dimulai pada bagian tubuh tertentu kemudian menjalar dan merata ke bagian tubuh yang lain.

Penyakit yang  menimbulkan gelembung-gelembung kecil berisi air ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun dunia menaruh perhatian pada penyakit ini hingga terciptalah satu vaksin yang secara efektif mampu mencegah penyakit ini. Vaksinasi cacar air bisa diberikan pada anak usia 10 tahun yang belum ada riwayat sakit cacar.

Memang vaksinasi cacar air  belum dimasukkan dalam program imunisasi dasar yang diwajibkan pemerintah. Selain faktor biaya yang masih mahal. Memang Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah menjadwalkan pemberian imunisasi cacar air ini bagi anak usia 10 tahun ke atas. Namun bagi mereka yang mampu, vaksin bisa diberikan pada anak usia 1 tahun, kemudian diulang setelah berusia 10 tahun

Cacar Ular

Namanya cacar ular, namun tidak ada hubungannya dengan binatang ular. Dalam istilah medis, cacar ular dikenal sebagai herpes zoster. Penyakit ini merupakan kelanjutan dari seseorang yang memiliki riwayat cacar air namun tidak tuntas. Virus varisela zoster penyebab cacar air yang masih dalam tubuh akan bereaksi, tepatnya dibagian ganglion saraf tepi.

Virus ini berkembang dan menyerang Kamu yang tidak cukup baik kondisi tubuhnya. Gejala yang terasa adalah badan demam dan terasa gatal. Selain itu badan terasa pegal. Setelah  itu, gelembung akan muncul secara berkelompok membentuk garis lebar dengan warna kemerahan. Awalnya muncul dibelakang tubuh kemudian muncul lagi di satu sisi bagian depan. Semakin merata ruam kemerahannya, berarti infeksinya sudah tinggi.

Cacar Monyet

Istilah ilmiahnya adalah impetigo bulosa. Cacar ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Gejala yang timbul diantaranya gelembung yang muncul di daerah ketiak, dada, dan punggung. Gelembung ini cepat pecah disertai miliaria atau biang keringat. Yang menjadi penyebab adalah bakteri, maka perlu diberikan obat antibiotika yang dioleskan pada bagian tubuh yang kena.

Dengan mengenal macam penyakit cacar, Kamu bisa memberikan pengobatan secara benar. Karena kesalahan saat pemberian obat bisa berdampak fatal bagi penderita.

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP