Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan, Yuk Kepoin!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daun Bidara2
Daftar Topik

Daun bidara yang merupakan tanaman hijau bermanfaat bagi kesehatan. Solusi alami yang bisa dipilih menjadi obat tradisional untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tidak hanya daunnya saja yang dianggap dapat bermanfaat bagi kesehatan, buah tanaman bidara dinilai dapat mengatasi penyakit yang serius. Bentuk daun bidara ini kecil, memiliki permukaan daun yang halus. Namun, rating atau tangkai dari daun bidara memiliki duri. Berhati-hatilah saat akan mengambil daun bidara yang masih berada pada tangkainya. Selain itu, tanaman daun bidara ini juga dapat tumbuh cukup tinggi yakni sekitar 6-15 meter. 

Daun ini yang dianggap bermanfaat ini memiliki kandungan senyawa seperti alkaloid, glikosida, flavonoid, minyak atsiri, dan saponin. Tidak hanya itu, daun ini juga mengandung sifat antibakteri dan memiliki sifat antioksidan. Senyawa-senyawa pada daun tersebut yang dinilai dapat bermanfaat langsung bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak semua orang percaya akan khasiat dari daun ini. Padahal dapat bermanfaat untuk kesehatan kita dari ujung kaki hingga ujung kepala. 

Manfaat Daun Bidara

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat terbaik daun bidara bagi kesehatan:

1. Untuk Jerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan banyak wanita dimanapun itu. Tidak jarang, para wanita bingung bagaimana menyelesaikan permasalahan jerawat. Dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat. Kandungan antibakteri yang dimilikinya dinilai dapat meringkan kondisi jerawat yang sedang parah. Kamu tidak perlu mencari daun ini di hutan, saat ini bubuk ekstrak daun ini sudah tersedia di apotek dan toko herbal terdekat. 

Namun, kamu juga bisa menggunakan daun ini yang alami dengan cukup mudah. Pastikan kamu memiliki daun yang bersih. Siapkan bahan lainnya seperti air dan lemon. Sebelum mencampur semua bahan, daun yang sudah ada bisa ditumbuk halus. Kemudian, kamu bisa menambahkan air serta sedikit perasan lemon hingga mengental. Tempelkan hasil olahan tadi pada bagian yang berjerawat atau manfaatkan sebagai masker. Setelah mengering, bilas wajah hingga bersih, dan ulangi sebanyak 3 sampai 4 dalam seminggu. 

2. Untuk Rambut

Manfaat daun bidara juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok. Senyawa-senyawa yang ada di dalamnya dapat membuat rambut menjadi kuat. Sehingga dapat mencegah kerontokan yang berlebihan. Kamu dapat mencobanya dengan memanfaatkan beberapa daunnya dan menggunakan ekstraknya. 

Cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ekstrak daun bidara cukup mudah. Sediakan beberapa daun yang sudah bersih. Rebus daun tadi dengan air yang cukup. Tunggu beberapa menit sampai air rebusan daun tersebut mendidih. Setelah selesai, saring air rebusan tadi, pisahkan daun dan airnya. Gunakan air rebusan daun dara tersebut sebagai hair tonic setelah keramas.  

Baca Juga: 7 Jenis Kadaka Langka dan Mahal untuk Hiasan di Rumah

3.  Untuk Mencegah Penuaan Dini

Daun Bidara1

Selain untuk mengatasi jerawat, daun bidara memiliki manfaat dapat mencegah penuaan dini. Efek yang diberikan adalah mengatasi lingkaran hitam di bawah mata dan mencegah keriput yang merupakan gejala dari penuaan diri. Ketika kamu rutin menggunakan, tidak menutup kemungkinan akan memberikan dampak yang baik bagi wajah. 

Cara yang dapat dilakukan tidak jauh berbeda dengan pemanfaatnya untuk jerawat. Dapat digunakan sebagai masker sehari-hari. Lakukan pengaplikasian 3-4 kali dalam satu minggu. Lakukan secara rutin selama kurang lebih tiga bulan. Pastikan juga setelah menggunakan masker bidara, kamu membersihkan wajah dengan baik. 

4. Untuk Insomnia

Teh Daun Bidara

Insomnia atau gejala dimana tubuh tetap terjaga saat di malam hari. Sebagian orang mungkin nyaman dengan kondisi insomnia tersebut. Namun, sebagai orang merasa lelah dang butuh istirahat. Hal ini juga tidak baik apabila seseorang terus menerus tidak dapat tidur. Karena seperti yang kita tahu, tubuh butuh istirahat cukup agar tetap sehat. 

Mengandung saponin dapat dimanfaatkan sebagai obat tidur. Efek menenangkan yang diberikan tentunya akan dapat membantu agar dapat segera tidur. Daun bidara untuk insomnia dapat dikonsumsi saat setelah dijadikan dalam bentuk teh. Konsumsi teh daun bidara sebelum tidur daat menjadi obat tidur alami yang baik. 

5. Untuk Meringankan Depresi

Daun Bidara tidak hanya untuk mengatasi kesehatan fisik saja. Manfaat baik lainnya dari daun ini adalah dapat meringkan depresi yang sedang dirasakan. Senyawa-senyawa baik yang ada di dalamnya dapat memberikan efek dingin dan nyaman pada tubuh. 

Daun bidara dapat kamu manfaatkan dengan menjadikannya teh sebagai teman minum di sore hari. Seperti yang kita ketahui, seseorang yang mengalami depresi membutuhkan ketenangan. Daun ini dapat menjadi pilihan untuk dijadikan teh dan diseduh saat sore hari. 

6. Untuk Sariawan

Sariawan yang sangat mengganggu dapat diatasi dengan menggunakan daun bidara. Kandungan antioksidannya dapat mencegah adanya bakteri di dalam mulut. Sebenarnya tidak sariawan, bibir pecah-pecah juga dapat diatasi dengan memanfaatkannya. 

Cara yang dapat dilakukan dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun ini. Pastikan kamu merebusnya  tidak terlalu lama. Hal ini untuk menjaga agar kandungan senyawa baik yang tetap ada. Untuk mengatasi sariawan, kamu dapat berkumur-kumur 2x sehari pagi dan malam. 

Itulah beberapa manfaat baik dari daun bidara yang dapat langsung digunakan dengan mudah. Tidak membutuhkan banyak biaya, aman, dan cukup efisien. Walaupun bagi wajah dampaknya tidak akan langsung terasa, namun kamu bisa istiqomah mencobanya. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP