Data Produk Domestik Bruto Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
13520-ekonomi
Daftar Topik

PDB atau yang bisa disebut sebagai produk domestik bruto Indonesia dapat dimaknai menjadi jumlah produksi entah itu dari barang ataupun jasa yang sudah dihasilkan dari sebuah unit produksi suatu daerah tertentu. Dan PBB ini juga dapat digunakan sebagai alat ukur dari pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Bahkan, bisa dikatakan jika produk domestik bruto ini merupakan sebuah indikator ekonomi setiap Negara. Sehingga bisa dengan mudah mengukur semua jumlah total nilai produksi yang akan dihasilkan dari seluruh orang, setiap perusahaan dari lokal hingga perusahaan asing.

Komponen-Komponen yang Dimiliki oleh PDB


Perlu Anda ketahui jika PDB ini mempunyai komponen yang terbagi menjadi 4, yaitu:

  • Yang pertama adalah konsumsi private, dimana hal ini digunakan untuk menghitung konsumsi dari setiap individu ataupun rumah tangga dari berbagai macam barang, contohnya saja ialah:
  • Durable goods, dimana ini merupakan barang yang tidak cepat rusak di mana barang tersebut umumnya akan mempunyai umur yang cukup panjang hingga melebihi 3 tahun. Misalnya seperti mobil, motor, barang elektronik dan lain sebagainya.
  • Non durable goods, untuk jenis ini adalah barang yang sekali konsumsi langsung habis kegunaannya. Misalnya saja seperti makanan, minuman dan lain sebagainya.
  • Service, yang mana ini merupakan konsumsi disebut jasa seperti halnya jasa dokter.
  • Yang kedua adalah investasi, investasi ini merupakan proses dari penghitungan sebuah pengeluaran untuk barang modal. Misalnya saja ialah pembangunan pabrik baru, kemudian pembelian rumah dan berbagai macam jenis investasi lainnya.
  • Pengeluaran pemerintah, pada komponen ini harus menghitung seluruh pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah. Misalnya saja penghitungan untuk pembayaran gaji PNS ataupun pegawai pemerintah, perhitungan dalam pembelian peralatan militer, perhitungan dalam pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.
  • Expor bersih, untuk yang satu ini adalah komponen dalam perhitungan selisih yang diperoleh dari seluruh total ekspor yang kemudian dikurangi oleh total impor.

Manfaat dari Produk Domestik Bruto Indonesia


Karena PDB ini merupakan alat ukur dari perekonomian sebuah negara, negara Indonesia pun akan memperoleh banyak manfaat diberlakukannya PDB ini. Dan berikut ini adalah manfaat manfaat yang bisa diperoleh:

  • Digunakan untuk Mengukur Laju Ekonomi Nasional

Dengan adanya produk domestik bruto Indonesia ini secara otomatis negara pun bisa mengetahui dengan lebih detail mengenai perekonomian yang ada di negerinya. Selain itu, negara pun juga bisa menganalisis dari seluruh data yang ada berkaitan dengan adanya faktor manakah yang bisa memaksimalkan dan juga masih perlu untuk ditingkatkan.

  • Digunakan Dalam Perbandingan Ekonomi Antar Negara

Pastinya dalam setiap negara mempunyai kelemahan serta keunggulannya masing-masing. masalahnya jika tidak ada alat ukur tentu kelebihan dan kekurangan dari setiap negara pun akan sangat sulit untuk diwujudkan. Dengan angka-angka yang diperoleh dari produk domestik bruto maka setiap negara-negara pun dapat mengetahui siapa saja yang jauh lebih unggul.

  • Dapat Mengetahui Bagaimana Keadaan Struktur Ekonomi Suatu Negara

Hal yang satu ini juga sangat penting disebabkan negara yang bersangkutan bisa saja yang menjadikan keluaran dari PDB menjadi bahan dalam pengkajian, yang masih berhubungan dengan sektor sektor yang diwajibkan untuk melakukan perbaikan dan perlu ditingkatkan.

PDB Negara Indonesia Sepanjang Tahun 2019


Suharyanto yang merupakan kepala dari Badan Pusat statistik menyatakan jika perekonomian negara Indonesia pada tahun 2019 memang diukur dari PDB, dan ia pun mengatakan jika PDB per kapita dari negara Indonesia terus naik dari tahun 2017 sampai 2019. Di mana perkapita PDB dari negara Indonesia pada tahun 2019 telah mencapai angka Rp 59,1 juta atau jika disetarakan mencapai US$4.174,9.

Perkembangan ekonomi pada tahun 2019 ini juga didorong dengan berbagai macam faktor serta sisi pengeluaran. faktor-faktor tersebut ialah seperti pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang mencapai 5,04%, kemudian ada pula pembentukan dari modal tetap bruto atau investasi yang mencapai 4,45%, konsumsi dari pemerintah yang mencapai 3,25%, kemudian konsumsi di lembaga non profit yang memberikan pelayanan pada rumah tangga sebanyak 10,62%.

Akan tetapi pada kinerja ekspor maupun impor pada tahun 2019 ini kerap kali mengalami kontraksi serta pencapaian yang minus, yakni 0,87% dan juga 7,69%. Sebetulnya struktur ekonomi dari negara Indonesia secara spesial di tahun 2019 memang didominasi dengan adanya kelompok provinsi yakni pulau Jawa dan juga pulau Sumatera. Sebab Jawa sendiri telah memberikan kontribusi yang paling besar terhadap PDB yang mencapai 59%, Kemudian untuk pulau Sumatera ialah 21, 32%, sedangkan Kalimantan menyumbangkan 8,05%.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa diberikan kepada Anda mengenai produk domestik bruto Indonesia. Dengan adanya ulasan mengenai PDB di atas tentu Anda mengetahui bagaimana manfaat serta perkembangan ekonomi di tahun 2019 yang lalu.

BACA JUGA!

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana dari Dinamo

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP