Dahak Berwarna Cokelat? Inilah Arti Dari Warna-Warna Dahak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Dahak merupakan lendir yang mengental dan disekresikan oleh selaput lendir pada saluran pernapasan. Sebagian dari kamu mungkin masin bingung apa bedanya antara lendir dan dahak. Lendir bisa dikatakan sebagai lapisan pelindung yang normal, biasanya berada di sekitar selaput lendir pernapasan, pendengaran, visual dan saluran pencernaannya. Lendir sendiri terdiri dari glikoprotein dan air. Sementara untuk dahak merupakan jenis khusus dari lendir itu sendiri. Dahak ini dihasilkan di saluran pernafasan saat terjadi infeksi atau penyakit.

Dahak mengandung bakteri, kotoran, virus, komponen darah serta sel-sel inflamasi mati yang dihasilkan akibat infeksi. Dikarenakan dahak tidak diinginkan oleh tubuh maka dikeluarkan melalui saluran pernapasan yaitu lewat batuk.

Batuk yang disertai dahak atau batuk berdahak pun memiliki nama lain yang sputum. Dahak ini biasanya diproduksi di dalam tabung bronkial, saluran tenggorokan, paru-paru dan bagian lain dari saluran pernapasan selain dari rongga hidung. Dahak ini dapat menjadi tanda terjadinya infeksi seperti pneumonia, bronchitis, pilek, sinus kronis, asma atau bahkan kanker paru-paru pada situasi tertentu.

Berbagai infeksi yang terjadi menyebabkan dahak memiliki banyak warna. Misalnya saja, dahak yang berwarna cokelat umumnya disebabkan oleh dahak yang sudah tercampur dengan darah, biasanya darah tersebut berasal dari saluran pencernaan. Darah tersebut berwarna lebih gelap karena telah tercampur dengan asam lambung. Sementara untuk batuk berdahak yang berasal dari saluran pernapasan biasanya berwarna merah muda atau merah terang. Untuk lebih jelasnya tentang warna-warna dahak, simak ulasannya di bawah ini:

Arti Dari Warna-Warna Dahak

Dahak Berwarna Bening

Dahak yang berwarna bening, berarti dan keruh biasanya tidak terlalu dipusingkan karena dianggap dahak biasa. Tapi tahukah kamu dalam beberapa kasus, misalnya pilek yang disebabkan oleh infeksi virus, atau pun reaksi alergi akan menyebabkan produksi berlebihan dahak bening tersebut. Hal ini merupakan awal produksi lendir kuning atau pun lendir hijau, terutama di awal tahap infeksi. Sejumlah penyebab lain produksi dahak berwarna bening di antaranya, seperti Bronkitis kronis, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan Postnasal drip (lendir yang merembes dari saluran nasal)

Dahak Berwarna Putih atau Abu-Abu

Dahak dengan warna putih atau abu-abu merupakan sebuah tanda infeksi pada saluran pernapasan karena kemacetan sinus. Ada pun penyebab lainnya seperti asma, virus atau bronkitis kronis, radang tenggorokan, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) dan alergi. Dahak berwarna abu-abu bisa juga disebabkan oleh polusi udara dan merokok.

Dakah Berwarna Kuning Terang

Dahak yang berwarna kuning terang merupakan sebuah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sudah berfungsi dengan baik. Hal ini karena dahak tersebut menunjukkan bahwa kekebalan tubuh kamu berhasil melawan infeksi virus di awal atau akhir dari infeksi sinus. Dahak berwarna kuning pun bisa menjadi suatu tanda terjadi infeksi virus di saluran pernapasan bagian atas.

Batuk Berdahak Kuning Tua

Dahak yang berwarna kuning dan cenderung pekat merupakan tanda dari infeksi bakteri atau infeksi sinus pada saluran pernapasan bawah. Bila seseorang merasa nyeri pada saat mengembangkan dada, batuk, lalu sesak nafas yang disertai dahak berwarna kuning pekat, maka segera bawa ke rumah sakit untuk pertolongan medis.

Dahak Berwarna Hijau

Dahak dengan warna hijau sering kali diproduksi karena infeksi yang terjadi dalam jangka panjang atau penyebab inflamasi non-infeksi. Bila disertai dengan gejala lain seperti kelalahan dan batuk, dapat menunjukkan bronkitis kronis. Adapun penyebab lainnya, seperti Fibrosis kistik, Abses paru, dan Pneumonia.

Batuk Berdahak Cokelat

Dahak yang berwarna cokelat sering kali dikaitkan dengan perokok. Kamu biasanya menemukan dahak ini bercampur dengan air liur kamu. Kamu akan merasa dahak ini bertekstur kasar. Ini berarti, dahak sudah tercampur dengan debu dan juga benda asing yang diakibatkan oleh kerusakan silia, umumnya terjadi pada pasien dengan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Di beberapa kasus, dahak berwarna cokelat ini bisa disebabkan karena makanan tertentu seperti cokelat, kopi atau pun anggur merah. Dahak cokelat juga bisa disebabkan karena dahak sudah tercampur dengan darah yang berasal dari masalah pencernaan.

Dahak Berwarna Merah Muda

Bila dahak berwarna merah muda maka bisa menjadi tanda adanya indikasi serius, seperti gagal jantung kronis. Apabila kemunculannya berbarengan dengan kamu yang merasa lemah, lelah, perut bengkak, denyut jantung yang tidak teratur dan lainnya maka itu menunjukkan terjadinya gagal jantung akut yang dengan segera memerlukan penanganan medis. Selain itu, batuk berwarna merah muda pun bisa menjadi salah satu tanda telah terjadi suatu infeksi atau pun masalah pada paru-paru kamu atau pun saluran pernafasan.

Itulah sejumlah informasi yang berkaitan dengan warna-warna dahak. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, warna dahak itu memiliki arti tersendiri. Untuk itu kamu harus mengetahuinya agar bisa mendapat penanganan lebih baik sesuai dengan gejala yang dialami. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA