Daftar Masjid Terkenal Di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Masjid-Terkenal-Di-Indonesia[1]
Daftar Topik

Negara Indonesia adalah negara dengan penduduk penganut agama islam terbesar di dunia. Hingga saat ini diperkirakan ada 207 juta penduduk Indonesia yang beragama islam. Setiap tahun banyak peringatan hari raya muslim yang diperingati di Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak dibangun masjid terkenal di Indonesia. Dengan berbagai arsitektur yang unik dan indah, masjid di Indonesia memiliki daya tarik untuk berkunjung serta beribadah disana. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, misalnya ada tempat untuk belajar tentang islam atau mengaji. Berikut daftar masjid di Indonesia yang wajib dikunjungi:

Masjid Al- Irsyad Padalarang yang Simple dan Elegan


Masjid Al-Irsyad nampak simpel dan elegan tepatnya terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Masjid yang diresmikan pada tahun 27 Agustus 2010 populer dikalangan masyarakat. Pada tahun 2011 Masjid ini mendapatkan penghargaan bergengsi dunia yang sekaligus membanggakan Indonesia.

Siapakah yang mendesain masjid Al-Irsyad Padalarang ini? nah, masjid ini di arsiteki oleh Ridwan Kamil Wali Kota Bandung atau dikenal dengan sapaan Emil. Masjid ini didesain sebagai penghormatan kepada Almarhum ayah, Atje Misbach. Selain itu, sebagai wujud rasa terimakasih atas bimbingan ayahnya.

Masjid yang berbentuk kubus ini, mirip seperti ka’bah. Di desain dengan memanfaatkan pencahayaan sinar matahari. Penempatan bata pada dinding masjid mengagumkan, jika dilihat dari kejauhan terdapat kalimat tauhid dengan jenis tulisan khat kufi. Kaligrafi tersebut dirancang sebagai dengan tampilan yang simpel dan elegan.

Masjid Agung Madani Rokan Hulu


Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu (MAMIC Hulu) juga bisa disebut sebagai Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian. Masjid ini terletak di Rokan Hulu, Provinsi Riau sebagai salah satu ikon dari Kabupaten Rokan Hulu. Masjid ini diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2010 yang pembangunannya digagas oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si.

MAMIC Hulu memiliki daya tampung 15 ribu hingga 20 ribu jamaah dengan luas bangunan 15.800 m2. Bentuk arsitektur masjid ini didesain menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Selain untuk beribadah, masjid agung digunakan sebagai islamic center. Terdapat Madani Mart, Menara 99 Asmaul Husna, Klinik Psikiatri, konseling pernikahan, dll.

Yang menarik dari MAMIC Hulu adalah nama di setiap pintunya. Yang pertama Pintu pintu utama bernama Babusalam, pintu Khodijah untuk pintu kanan. Pada bagian Selatan ada pintu utama yang disebut Aisyah I, pintu kanan disebut Usman bin Affan, dan pintu kiri bernama Umar bin Khatab.

Masjid Ramlie Mustofa Jakarta


Masjid Ramli Mustofa merupakan salah satu masjid terkenal di Indonesia yang terletak di Jakarta selain Masjid Istiqlal. Terletak di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta, masjid ini terlihat megah menjulang tinggi dengan warna dasar putih. Hal ini membuat nyaman dan tertarik jamaah untuk beribadah disana.

Masjid Ramlie memiliki sebuah kubah berukuran besar yang dikelilingi tiang-tiang kecil dan bagian luarnya dihiasi oleh ornamen ukiran khas Arab yang menambah ke religiusan. Bangunan yang berada di seberang Danau Sunter sengaja didesain mirip dengan Taj Mahal. Dengan memiliki tiga lantai menambah keindahan masjid ini.

Uniknya, pada dinding terdapat kaligrafi surat Al- Quran yang ditulis ke dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Arab, dan Mandarin. Hal ini dikarenakan untuk menandakan bahwa yang mendirikan masjid adalah seorang keturunan Tionghoa. Selain itu, untuk memudahkan turis asal China yang datang ke masjid ingin memahami islam.

Masjid Agung Kebanggaan Masyarakat Jawa Tengah


Masjid ini diresmikan tanggal 14 November 2006 oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono setelah pembangunan selama 4 tahun. Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 10 hektar dengan dimulai pembangunan pada 2002 hingga 2006. Masjid Agung yang terletak di Semarang merupakan masjid kebanggaan warga Provinsi Jawa Tengah.

Masjid Semarang dirancang dengan gaya campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Dibangun lima khas bangunan Jawa yang di ujungnya terdapat kubah besar dengan empat menara. Gaya Romawi terlihat dari bangunan 25 pilar yang bergaya koloseum Athena di Romawi yang dihiasi dengan kaligrafi indah dengan gaya Arab.

Itulah daftar masjid terkenal di Indonesia yang harus kamu kunjungi. Dengan fasilitas dan desain yang pas dapat meningkatkan kenyamanan dalam beribadah sholat disana. Dari keempat masjid itu, manakah yang pernah kamu kunjungi? Atau manakah dari keempat masjid itu yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA