Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Konsumsi Daging Merah Tiap Hari, Ini Efek Sampingnya
Daftar Topik

Zat besi yang dibutuhkan oleh setiap orang memang berbeda dan bisanya dibedaksn dari segi usianya.  Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat penting, karena akan berpengaruh pada proses pembentukan hemoglobin. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit anemia.

Selain itu, jika zat besi dikonsumsi oleh anak-anak bisa membuat dia lebih fokus dalam belajar. Buat anda yang bingung mengenai apa saja makanan yang mengandung zat besi, tenang karena kami akan menjelaskannya dibawah ini.

8 Makanan Penambah Zat Besi Halaman all - Kompas.com

Takaran Zat Besi yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Takaran zat besi yang dibutuhkan  berdasarkan usia adalah sebagai berikut :

  • Usia 0 – 1 tahun zat besi yang dibutuhkan sebanyak 7- 8 mg
  • Usia 1- 4 tahun zat besi yang dibutuhkan 8- 9 mg
  • Usia 4- 7 tahun zat besi yang dibutuhkan 9- 10mg
  • Usia 7- 9 tahun zat besi yang dibutuhkan 10- 11 mg

Untuk usia 9 tahun keatas itu antara laki-laki dan perempuan mempunyai kebutuhan zat besi yang berbeda.  jika laki-laki yang berusia 14-15 tahun itu zat besi yang dibutuhkan sebanyak 19 mg dan pada wanita yang berusia 13-9 tahun kebutuhan zat besinya sebanyak 26 mg.

Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi

1. Buncis

Petani Milenial Asal Cibodas Tembus Pasar Singapura Lewat Baby Buncis | RADAR BOGOR | Berita Bogor TerpercayaJika anda mengkonsumsi 100 gram buncis maka akan menghasilkan 1 mg zat besi. Jadi anda bisa mengkonsumsi lebih dari itu. Untuk dapat mengkonsumsi buncis ini anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis dengan dicampur tempe. Dengan mengkonsumsi buncis maka kebutuhan pada tubuh akan zat besi bisa dipenuhi setiap harinya.

2. Biji Wijen

Jangan Berlebihan, Biji Wijen Punya Efek Samping Parah

Selanjutnya makanan yang mengandung zat besi adalah biji wijen. Dalam 100 gram biji wijen itu bisa mengandung  zat besi sebanyak 14 mg.  selain itu pada biji wijen ini juga terdapat vitamin E, fosfor dan juga seng.  Untuk dapat mengkonsumsi biji wijen anda bisa menambahkan pada masakan seperti roti ataupun salad sup.

3. Baked Potatoes

Twice Baked Potatoes - How to Make Twice Baked Potatoes

Baked potatoes atau kentang panggang juga memiliki kandungan zat besi. Jika anda mengkonsumsi sebanyak 100 mg kentang panggang bini maka akan menghasilkan 3 mg zat besi. Kebutuhan zat besi  pada seorang bayi dapat dipenuhi dengan memberikan ASI atau formula yang sangat kaya akan zat besi. Dan pada ibu yang sedang menyusui mngonsumsi baked potatose ini juga akan memenuhi karbohidrat serta zat besi.

4. Daging Merah

Konsumsi Daging Merah Tiap Hari, Ini Efek Sampingnya

Daging merah selain mengandung lemak  ternyata juga mengandung zat besi. Jadi jika anda mengkonsumsi daging merah sebanyak 100 gram maka kan menghasilkan zat besi sebanyak 2 mg.

5. Tempe dan Tahu

Enak di Lidah, Berapa Kandungan Protein Tempe dan Tahu Goreng?

Siapa sih yang tidak mengenal makanan satu ini tempe dan tahu. Makanan yang sudah menjadi favorit buat semua keluarga yang ada di Indonesia. Ternyata didalam tempe tahu itu mengandung zat besi juga. Jadi jika anda mengkonsumsi tempe dan tahu sebanyak 100 mg maka akan menghasilkan zat besi sebesar 2 mg.  jadi tunggu apalagi anda harus sering  memakan tempe dan tahu agar zat besi dan juga porotein yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Baca Juga: 7 Cara Menaikkan Hb Pada Penderita Gagal Ginjal

6. Bayam Juga Makanan yang Mengandung Zat Besi

Satu Harapan: Bayam, Sayuran Anti Anemia

Pastinya sudah banyak yang tahu kalau bayam itu mengandung zat besi.  Jadi didalam bayam ini mengandung zat besi, vitamin A dan E, kalsium, protein, serta serat. Jika anda mengkonsumsi 100 gram sayur bayam maka sudah menghasilkan  zat besi sekiyar 2 mg. jadi perbanyak konsumsi sayur bayam. Jika bosan menyantap hnya dengan dimasak sayur saja maka anda bisa mengolah menjadi kue basah misalnya.

7. Roti Gandum

Benarkah Roti Gandum Lebih Sehat daripada Roti Tawar Biasa? Yuk, Cari Tahu Faktanya - Semua Halaman - Bobo

Makanan yang mengandung zat besi selanjutnya adalah roti gandum. Jadi jika anda mengkonsumsi roti gandum dalam jumlah 100 gram itu dapat menghasilkan zat besi  sebanyak 2,8 mg. jika anda bosan hanya dengan mengkonsumsi roti saja maka bisa dipadukan dengan minum susu.

8. Hati Ayam atau Sapi

Amankah Memberikan Hati Ayam atau Sapi sebagai Menu Makanan Anak? - kumparan.com

Jika anda mengkonsumsi hati sebanyak 100 mg itu berarti didalam tubuh menghasilkan zat besi sebanyak 5 mg. selain zat besi yang terkandung dalam hati juga terdapat   protein, mineral dan vitamin didalamnya. Akan tetapi hati juga mengandung kolesterol jadi dalam mengonsumisnya jangan terlalu banyak  hanya cukup sesuai kebutuhan saja. Dan untuk ibu hamil juga harus tetap hati- hati karena didalam hati terkandung vitamin A yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan kelainan pada janin.

Nah itulah sedikit informasi tentang daftar makanan yang mengandung zat besi tinggi yang bisa kami bagikan. Bagaimana? sangat mudah bukan mencari  makanan yang mengandung zat besi? Jadi anda patut mencoba makanan diatas supaya kebutuhan akan zat besi terpenuhi. Namun, juga harus tetap memperhatikan sesuai dengan  kebutuhan tubuh.

6 Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil Muda

 

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA