Daftar Jenis Alat Musik Ritmis

0
91020 Tifa
Source: detik Travel

Saat ini masyarakat sudah mengenal berbagai alat musik. Bahkan bagi sebagian banyak orang alat musik menjadi salah satu penghibur disaat waktu luang. Salah satu alat musik yang banyak dikenal yaitu ritmis. Yang mana alat musik ritmis ini sering digunakan sebagai elemen penting dalam lagu. Perlu diketahui bahwa alat musik memiliki banyak jenis.

Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang penasaran apa saja jenis alat musik ritmis? Perlu diketahui bahwa alat musik ini bisa mengeluarkan beberapa nada yang unik untuk mengiringi alat musik lainnya, sehingga bisa mengiringi lagu menjadi lebih indah. Bahkan, setiap alat musik ritmis memiliki cara memainkan yang berbeda-beda. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai daftar jenis alat musik ritmis yang wajib diketahui. Selengkapnya berikut ini penjelasan lengkapnya.

9 Jenis Alat Musik Ritmis

1. Kendang


91020 Kendang Silontong
Source: Silontong

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini. Yang mana gendang memang cukup populer di Indonesia. Bahkan, kendang menjadi salah satu alat musik tradisional yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu berbentuk bulat dan bagian atasnya ditutupi dengan kulit sapi. Biasanya saat ada acara tradisional seperti pentas seni, kendang menjadi salah satu alat musik pelengkapnya.

Cara memainkan alat musik ini cukup mudah yaitu dengan cara dipukul bagian kulitnya. Bahkan, karena terkenalnya alat musik ini, kini sudah mulai diajarkan di beberapa sekolah atau universitas di luar negeri.

2. Tifa


91020 Tifa
Source: detik Travel

Tifa termasuk alat musik pukul dan hampir sama seperti kendang. Nama yang berbeda tentu saja alat musik ini juga berbeda dengan kendang. Yang mana Tifa ini hanya dimainkan pada upacara tradisional masyarakat Indonesia bagian Timur. Biasanya alat musik ini berada di Maluku dan Papua. Fungsi utama dari alat musik ini yaitu mengiringi lagu dan tarian khas dari beberapa suku.

bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini hampir sama dengan kendang yaitu kayu yang diberi rongga pada bagian tengahnya, sedangkan bagian tengahnya ditutup dengan kulit sapi. Bedanya Tifa memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping.

3. Conga


91020 Conga Steve Weiss Music
Source: Steve Weiss Music

Cinta merupakan jenis alat musik ritmis pukul yang cukup mendunia. Sebenarnya alat musik ini berasal dari Afrika. Bahkan, di Afrika alat musik ini disebut dengan tumbora. Bentuk cinta hampir mirip dengan kendang, bedanya dipasang dengan menggunakan alat bantu dari besi. Berjalannya waktu, bentuk dari alat musik ini selalu berubah. Bahkan kini terbuat dari serpihan kayu.

4. Tamborin


91020 Tamborin Encyclopedia DKI Jakarta
Source: Encyclopedia DKI Jakarta

Tamborin juga termasuk alat musik ritmis yang memiliki dua jenis bunyi. Kedua bunyi tersebut berasal dari bagian kulit yang dipukul serta gemerincing dari bagian lainnya. Sehingga, alat musik ini bisa dimainkan dengan dua cara yaitu dikocok dan dipukul. Keunikan alat musik ini, membuat banyak musisi yang menggunakan alat musik ini.

5. Rebana


91020 RebanaRebana berasal dari tanah Melayu yang biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu Melayu islami. Bahkan, kini alat musik ini sudah tersebar di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Bahkan, rebana ini juga digunakan untuk mengiringi beberapa kesenian atau adat.

Alat musik ini memiliki bentuk seperti drum kecil. Sedangkan pada bagian atasnya ditutupi kulit yang besar dan keras. Cara memainkannya cukup mudah yaitu dipukul pada bagian kulitnya dengan tempo yang telah disesuaikan dengan alat musik lainnya.

6. Kastanyet


91020 Kastanyet Sijai
Source: Sijai

Kastanyet merupakan alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Uniknya alat musik ini berbentuk seperti kerang kecil. Bahkan, alat musik ini hadir dengan berbagai warna yang menarik. Dengan keunikan tersebut alat musik ini hampir sama dengan mainan. Dengan bentuknya yang kecil, alat musik ini dimainkan dengan tiga jari saja.

7. Simbal


91020 Simbal Encyclopedia DKI Jakarta
Source: Encyclopedia DKI Jakarta

Alat musik ritmis yang selanjutnya yaitu simbal yang terbuat dari logam dengan bentuk bulat seperti cakram. Alat musik ini memiliki beberapa ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Alat musik simbol tangan dimainkan dengan cara memadukan dua simbal dan satu simbol dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

8. Triangle


91020 Triangle Percepat
Source: Percepat

Triangle termasuk alat musik ritmis yang sudah ada sejak lama. Pasalnya alat musik ini sejak lama digunakan untuk mengiringi lagu-lagu modern seperti jazz, dangdut dan pop. Uniknya alat musik ini bisa mengeluarkan bunyi dari bagian manapun dengan cara dipukul.

9. Marakas


91020 MaracasYang terakhir yaitu marakas. Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang ceria, sehingga bisa membuat badan bergoyang. Uniknya alat musik ini memiliki bentuk seperti permen lolipop dengan ukuran yang besar. Pada bagian atasnya terdapat pegangan dan bola besar.

Alat musik ritmis memang banyak sekali, bahkan lebih dari itu. Setiap jenis alat musik ritmis memiliki cara penggunaan yang berbeda. Bahkan, bentuknya juga berbeda. Dengan adanya ulasan ini semoga bisa menambah wawasan Anda.

BACA JUGA!

Alat Musik Jawa Barat yang Wajib Diketahui