Daftar Jajanan di Toko Oleh oleh Khas Riau

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Toko-Oleh-oleh-Khas-Riau[1]
Daftar Topik

Indonesia memiliki beberapa Provinsi yang di dalamnya terdapat beberapa daerah di dalamnya. Setiap Provinsi, pastinya memiliki makanan khas yang berbeda dengan Provinsi lainnya. Salah satu Provinsi yang memiliki banyak jajanan khas yang nikmat yaitu Riau. Provinsi yang terletak di Pulau Sumatra ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Bagi kamu yang berencana berkunjung ke Riau, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh oleh khas Riau. Banyak jajanan yang  bisa kamu temukan di toko ini. Apa saja jajanan tersebut? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Beragam Jajanan Khas dan Wisata di Riau


Riau merupakan Provinsi di Indonesia yang memiliki berbagai tempat Wisata yang indah. Mulai dari Wisata alam seperti lautnya yang indah, terdapat juga berbagai Wisata buatan yang wajib untuk dicoba. Nah, ketika kamu berniat untuk menghabiskan waktu liburan di Riau, jangan lupa untuk mencoba jajanan khas Riau yang nikmat.

Selain bisa dinikmati di tempat, jajanan khas Riau ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Di Riau terdapat banyak toko oleh oleh makanan khas. Sehingga, kamu bisa lebih mudah untuk mencari oleh-oleh.

Jajanan Khas Riau yang Wajib di Coba


Bagi kamu yang bingung mencari jajanan khas Riau untuk oleh-oleh, kamu bisa memiliki salah satu dari jajanan yang tersedia di toko oleh oleh khas Riau. Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Bolu Kemojo

Daftar-Jajanan-di-Toko-Oleh-oleh-Khas-Riau[1]Rekomendasi jajanan khas Riau yang perlu kamu coba yaitu Bolu Kemojo. Bolu ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan bolu pada umumnya. Karena bolu ini dicetak menggunakan cetakan berbentuk kelopak bunga kenanga, setelah itu di panggang.

Untuk bahannya hampir sama dengan bolu pada umumnya yaitu terbuat dari adonan telur, tepung, santan, margarin dan gula pasir. Untuk tekstur dari Bolu Kemojo ini padat, namun tetap legit di mulut. Selain itu, tersedia juga berbagai rasa seperti pandan, durian, coklat dan lain sebagainya.

  1. Kue Bangkit

Kue Bangkin merupakan  kue kering khas Riau yang perlu untuk dicicipi. Nama kue ini diambil dari proses kue ini, yang mana kue ini mengembang setelah dipanggang. Bahan utama pembuatan kue ini yaitu tepung tapioka dan tepung terigu. Dengan perpaduan tepung  tersebut, tekstur kue sangat halus dan renyah ketika dikunyah. Uniknya lagi, kue yang berbentuk bunga ini berwarna kuning keputihan.

  1. Lempuk Durian

Lempuk Durian merupakan jajanan yang hampir sama dengan dodol. Jika dodol menggunakan bahan tepung ketan, namun Lempuk Durian ini menggunakan daging buah durian, gula dan sedikit garam.

Baca juga: 7 Oleh Oleh Khas Kendari Paling Terfavorit

Untuk pengolahannya memang sama dengan dodol yaitu dengan diaduk pada kuali selama 3-4 jam di atas tungku. Perbedaan lain dengan dodol yaitu cara pengemasannya. Uniknya, Lempuk Durian ini dicetak dan dibungkus menggunakan balutan upih pelepah pohon pinang. Ketika mengkonsumsi Lempuk Durian ini, kamu akan ketagihan karena rasanya yang manis.

  1. Salai Ikan Patin

Rekomendasi jajanan di Toko oleh oleh khas Riau yang selanjutnya yaitu Salai Ikan Patin. Jajanan ini merupakan ikan patin yang diasapi sehari hingga berubah warna kecoklatan. Keunggulan jajanan ini yaitu bisa bertahan lama hingga beberapa bulan, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Keripik Nanas

Nanas adalah buah komoditas yang ada di Riau. Buah Nanas ini dijadikan sebagai keripik yang renyah dan gurih. Untuk pembuatan keripik ini, mengiris tipis buah nanas dan setelah itu dikeringkan menggunakan mesin pengering. Setelah kering, digoreng hingga berubah kecoklatan. Jajanan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan. Untuk rasa tersedia dalam dua varian yaitu manis dan gurih.

  1. Kacang Pukul

Kacang Pukul menjadi oleh-oleh khas Riau yang banyak diminati wisatawan. Bahan yang digunakan untuk membuat Kacang Pukul yaitu kacang tanah, sedikit garam dan gula. Sesuai dengan namanya, bahan-bahan tersebut dipukul alias ditumbuk hingga halus. Setelah itu, kacang dibentuk dan dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

  1. Peyek Ikan Selais

Jajanan yang bisa kamu temui di toko oleh oleh khas Riau yaitu peyek ikan Selais. Peyek hampir sama dengan adonan peyek pada umumnya, namun menggunakan ikan selais. Cara selanjutnya sama dengan cara pembuatan peyek pada umumnya yaitu dengan menggorengnya menggunakan minyak panas hingga mengeras.

Itulah daftar jajanan di toko oleh-oleh khas Riau yang bisa kamu beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk pemilihan oleh-oleh, kamu bisa memilihnya mana yang bisa tahan lebih lama dan mudah untuk dibawa.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP