Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

2 Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
File Crack
Daftar Topik

Corel draw x7 tidak bisa save. Bagi seorang desainer grafis atau yang hobi menggambar secara digital, maka tentunya sudah tak asing lagi dengan aplikasi bernama Corel Draw. Perangkat lunak ini merupakan salah satu yang terpopuler di dunia sebagai sebuah aplikasi berbasis sistem operasi Windows dengan fungsi merancang aneka desain grafis mulai dari jenis pola dasar atau disebut flat desain hingga desain tingkat advance yang membutuhkan kemahiran khusus. 

Di sisi lain, aplikasi Corel Draw sendiri dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni sekitar 334 dollar Amerika atau jika dikonversikan ke mata uang resmi Indonesia yaitu rupiah berkisar kurang lebih Rp 4.800.000,00. Karena harga aplikasi resmi yang cukup mahal namun belum ada aplikasi lain dengan fungsi yang sedemikian lengkap, maka banyak orang mengakalinya dengan mengunduh aplikasi tidak resmi atau bajakan yang banyak disebarluaskan di internet. Masalahnya, belakangan ini pihak pengembang Corel Draw secara rutin terus menerus melakukan sweeping terhadap produk-produk ilegal ini. Terutama jika kamu menggunakan aplikasi Corel Draw non-resmi dan terkoneksi ke internet, maka kemungkinan besar pasti akan terkena proses sweeping ini. Salah satu dampaknya yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna ialah tidak bisa menggunakan menu Save, Save As, Print, Export, dan masih banyak lagi menu lainnya yang tidak dapat digunakan. Untuk dapat menggunakannya kembali, tentu saja pihak pengembang Corel Draw menyuruh pengguna untuk membeli versi legalnya. 

corel draw x7 tidak bisa save

Masalah tidak dapat men-save hasil grafis di Corel Draw ini tentunya diakibatkan oleh beberapa hal, dengan penyebab utama tentu saja karena aplikasi Corel Draw yang digunakan merupakan aplikasi tidak resmi atau ilegal. Selain masalah aplikasi yang ilegal ini, ada penyebab lain yang mungkin menjadi alasan mengapa Corel Draw tidak dapat menyimpan hasil grafismu, yaitu karena file lisensi dari perangkat lunak ini sudah kadaluarsa ataupun bermasalah. Bila lisensinya bermasalah atau sudah kadaluarsa, maka secara otomatis beberapa menu termasuk Save, Export atau Print akan langsung dinonaktifkan yang ditandai dengan warna menu berubah menjadi abu-abu. 

Mengatasi masalah Corel Draw versi X7 yang tidak bisa save

Jika kamu mengalami masalah diatas, tak perlu khawatir. Berikut kami berikan beberapa cara untuk mengatasi masalah Corel Draw versi X7 yang tidak bisa save secara gratis tanpa harus membeli aplikasi resminya. Untuk melakukannya, jangan lupa untuk terlebih dahulu menon-aktifkan aplikasi anti virus yang terpasang di laptop ataupun komputermu. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah anti virus mendeteksi program yang terpasang sebagai virus. 

1. Menggunakan File Crack

File Crack

Untuk menggunakan cara ini, kamu harus terlebih dahulu mengunduh file ”PSI_Key_2.dll” melalui browser, seperti misalnya Mozilla Firefox atau Google Chrome. Berikutnya, pastikan bahwa aplikasi anti virus yang terpasang sudah dinonaktifkan dan jangan hubungkan laptop atau komputer ke jaringan internet. Jika sudah, maka lakukan tahap berikutnya yakni ekstrak file yang sudah diunduh tersebut dengan bantuan WinZip atau WinRar. Kamu dapat langsung meng-copy dan paste file yang telah diekstrak tersebut ke folder direktori penyimpanan laptop ataupun komputer. Jika muncul adanya tampilan pop-up saat sedang melakukan proses copy-paste file yang berisi peringatan Replace File, maka kamu bisa memilih langsung opsi Copy and Replace untuk melanjutkan prosesnya. Langkah berikutnya adalah dengan menjalankan Run atau klik Windows + R, kemudian ketikkan service.msc dan tekan Enter di keyboard. Apabila ada notifikasi bahwa Protexis Licensing V2 dalam kondisi started, artinya file crack ini sudah berhasil terpasang dan kamu pun dapat menggunakan aplikasi Corel Draw secara normal seperti sediakala. 

2. Mundurkan Tanggal 

 Mundurkan Tanggal

Selain menggunakan cara menginstall file crack pada laptop atau komputer, terdapat juga cara lain untuk mengatasi masalah Corel Draw X7 yang tidak bisa melakukan fitur Save. Cara ini relatif lebih mudah dan tentu lebih sederhana dari cara pertama. Caranya ialah dengan memundurkan tanggal pada sistem operasi Windows. Pertama, klik Tanggal sekaligus aplikasi kalender yang biasanya berada pada bagian pojok kanan bawah dari layar. Kemudian, buka menu Pengaturan, lalu pilih Date and Time dan kemudian klik Change Date and Time untuk mengubah langsung tanggal atau melakukan setting format tanggal sesuai keinginan pengguna. Gantilah tanggal dan bulan dengan setting tanggal yang lebih mundur, misalnya 3 bulan sebelum hari ini, kemudian klik Apply lalu OK. Jika sudah selesai, maka kamu bisa membuka aplikasi Corel Draw kembali dan mencoba menu yang sebelumnya tidak berfungsi seperti Save atau Export. Bila cara ini tidak berhasil, maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan cara pertama yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu dengan memasang file crack pada laptop atau komputer yang kamu miliki agar dapat menggunakan aplikasi Corel Draw secara lebih optimal. 

 

Nah, itu dia dua cara untuk mengatasi Corel Draw X7 yang bermasalah karena tidak dapat digunakan menu Save-nya. Bagi kamu yang menggunakan aplikasi Corel Draw yang tidak resmi dan tidak ingin masalah serupa terjadi, terdapat beberapa tips yang dapat kamu coba sebagai langkah preventif agar Corel Draw-mu tidak mengalami masalah yang dapat menghambat kinerja dan fitur-fiturnya. Cara pertama adalah jangan menjalankan aplikasi Corel Draw dalam posisi laptop atau komputermu tengah tersambung dengan jaringan internet. Hal ini karena gencarnya proses sweeping aplikasi ilegal yang dijalankan oleh pihak Corel Draw. Cara lain yang tentu telah teruji dengan sangat efektif adalah dengan membeli lisensi resmi dari Corel Draw agar tak perlu khawatir mengalami masalah-masalah diatas. Bila ingin hemat, maka tunggulah momen-momen tertentu dimana pihak Corel Draw memberikan potongan harga khusus untuk pembelian perangkat lunaknya ini.  

Baca juga:

Cara Print 2 Halaman 1 Kertas PDF

ARTIKEL LAINNYA