Contoh Surat Permohonan untuk Aneka Keperluan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
contoh surat
Daftar Topik

Kamu ingin membuat permohonan untuk melakukan sesuatu kepada pihak lain atau perusahaan lain? Berarti Kamu membutuhkan contoh surat permohonan. Contoh surat permohonan bisa menjadi pedoman untuk Kamu yang ingin mengajukan permohonan mengenai sesuatu kegiatan kepada pihak lain. Secara etika jika Kamu ingin mengajukan sebuah permohonan, Kamu harus membuat surat permohonan. Dan untuk membuat surat permohonan, bagi Kamu yang belum paham, contoh surat permohonanlah yang Kamu butuhkan.

Ada banyak contoh surat permohonan yang bisa Kamu jadikan pedoman untuk membuat surat permohonan. Ada baiknya contoh surat permohonan yang Kamu temukan, Kamu baca terlebih dahulu isinya. Pada dasarnya isi surat permohonan berdasarkan beberapa contoh surat permohonan berisi beberapa pokok atau bagian surat, yaitu identitas, isi permohonan Kamu, tujuan dan alasan Kamu membuat permohonan, batas waktu permohonan dan pernyataan dalam memohon.

Contoh Surat Permohonan – Surat Permohonan Untuk Berbagai Keperluan
Berdasarkan berbagai contoh surat permohonan yang ada, ternyata surat permohonan sangat berguna sebagai media untuk memenuhi berbagai permohonan Kamu kepada perusahaan atau orang lain. Seperti misalnya permohonan untuk seseorang menjadi pembicara dalam sebuah training, talk show atau seminar, permohonan kepada pejabat untuk meresmikan sebuah acara tertentu, permohonan izin, permohonan magang kerja dan lain sebagainya. Dan kesemua permohonan tersebut diajukan dalam bentuk surat permohonan. Berikut contoh surat permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan:

 

[spoiler title=”Surat Permohonan Kegiatan RT/RW”]

Jakarta, 28 Juli 2011

No                   : 05/IV/2011
Hal                  : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan
Lampiran        : –

Kepada Yth.
Ketua RW 004
Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-66, maka kami sebagai pengurus karang taruna RW 04 bermaksud untuk mengadakan kegiatan pertandingan bola antara RW 04 dan RW 05, pada:

Hari                 : Minggu
Tanggal            : 14 Agustus 2011
Waktu             : Pk. 08.00 WIB – Selesai

Demi suksesnya acara tersebut, kami selaku panitia meminta izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan sepak bola RW 004, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti.

Demikian surat ini kami buat, atas izin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Ketua Karang Taruna RW 04

Agus Budiyanto

[/spoiler]

 

Contoh surat permohonan di atas merupakan contoh surat permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan di tingkat RT dan RW. Contoh surat permohonan tersebut juga bisa Kamu jadikan pedoman untuk membuat surat permohonan di perusahaan Kamu. Misalnya perusahaan Kamu ingin menyelenggarakan kegiatan training atau seminar, Kamu tinggal merubah isi permohonan kegiatan yang akan diselenggarakan.

Tidak hanya dari segi isi yang bisa Kamu pelajari dalam contoh surat permohonan. Dari contoh surat permohonan, Kamu juga bisa mempelajari pilihan kata dan tata bahasa yang baik. Bisa juga, berdasarkan contoh surat permohonan Kamu bisa mempelajari susunan kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi. Jadi jangan anggap sepele berbagai contoh surat permohonan. Lalu di mana kita bisa menemukan berbagai contoh surat permohonan?

Kamu bisa menemukan contoh surat permohonan dalam berkas simpanan surat-surat resmi di perusahaan Kamu, atau di organisasi di mana Kamu bernaung. Kamu bisa pelajari contoh surat permohonan yang sudah dibuat terlebih dahulu. Jika Kamu tidak sempat mencarinya di berkas surat resmi kantor Kamu, Kamu bisa memanfaatkan internet untuk searching berbagai kumpulan contoh surat permohonan. Kamu cukup mencantumkan kata kunci contoh surat permohonan di kotak pencarian, lalu kumpulan contoh surat permohonan bisa Kamu dapatkan dengan cepat.

Contoh Surat Permohonan – Kumpulan Surat Permohonan Pilihan

Jika Kamu masih bingung bagaimana bentuk surat permohonan, dan Kamu juga tidak sempat mencarinya, tak perlu khawatir. Berikut beberapa contoh surat permohonan pilihan yang bisa Kamu jadikan pedoman untuk membuat surat permohonan.

[spoiler title=”Contoh Surat Permohonan Rekanan”] Jakarta, 10 Juli 2011

Nomor            :……….
Hal                  : Permohonan Menjadi Rekanan
Lamp              :……

Kepada
PT. Bank Negara indonesia (Persero) Tbk.
Divisi Umum
Jl. Sultan Hasanuddin No. 3-4
Jakarta Selatan 12160

Dengan hormat,

Bersama surat ini, kami mengajukan permohonan untuk dapat menjadi rekanan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Untuk bahan pertimbangan, terlampir kami sampaikan:

  1. Form Pendaftaran Rekanan hasil print out dari e-Procurement.
  2. Copy data-data pendaftaran rekanan.

Dapat kami sampaikan bahwa data-data pada form pendaftaran rekanan dibuat dengan sebenarnya, dan kami bersedia menunjukkan asli dokumen dimaksud.

Demikian untuk dimaklumi atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

PT/CV/PD………………..

(Tanda tangan dan Stempel perusahaan)

Direktur

[/spoiler]

[spoiler title=”Contoh Surat Permohonan Izin Program e-Filling”]

Kepada Yth.
Kepala Kantor Pelayanan Pajak …..
(Alamat)
Jakarta

Sehubungan dengan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik (e-Filling) melalui Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi (ASP), maka bersama ini kami:

Nama Wajib Pajak *)            :…………………….
NPWP                                    :…………………….
Alamat                                    :………………………

Mengajukan permohonan untuk memperoleh Electronik Filling Identification Number (EFIN)

Berkenaan dengan permohonan di atas, kami menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami telah siap untuk mengikuti program e-Filling di Direktorat Jenderal Pajak, dan menyadari sepenuhnya akan segala akibatnya termasuk sanksi-sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat permohonan ini kami buat dengan sebenarnya.

(Yang membuat permohonan)

Materai Rp 6.000

 

(…………………..)

Jabatan

Catatan :

*) dalam hal:

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi permohonan diajukan oleh Wajib Pajak yang  bersangkutan atau kuasanya dengan melampirkan Surat Kuasa Khusus (asli).
  2. Wajib pajak Badan permohonan diajukan oleh pengurus atau kuasanya dengan melampirkan Surat Kuasa Khusus (asli). [/spoiler]

[spoiler title=”Contoh Surat Permohonan Kredit”]

Bandung,………..

Kepada Yth.
Bapak Pimpinan PT. Bank……….
Kantor…………………
Di –
………………..

Hal : Permohonan Kredit

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengembangan usaha ……………., maka kami membutuhkan tambahan kredit sebesar Rp. 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah), untuk itu kami mohon pinjaman fasilitas kredit dari PT. Bank …….., kantor ………..

Bersama ini kami lampirkan :

  1. Proposal penggunaan kredit
  2. Pas Photo
  3. Photocopy identitas diri
  4. Photocopy perizinan
  5. Photocopy agunan
  6. Photocopy rekening tabungan
  7. Photocopy NPWP
  8. Catatan/Laporan Keuangan (neraca dan rugi/laba)
  9. Photocopy kartu keluarga
  10. Surat persetujuan suami/istri/ahli waris
  11. Dokumen lain yang dipandang perlu

Demikian surat permohonan ini kami buat sebagaimana mestinya, atas bantuan dan perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

(tanda tangan)

[/spoiler]

[spoiler title=”Contoh Surat Permohonan Magang Kerja”]

Jakarta, 03 November 2009

Hal : Permohonan Magang Kerja

Kepada Yth.
Manajer Sumber Daya Manusia
PT…….
Jl…..
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa tingkat akhir S1 jurusan…… Pada semester ini Saya diharuskan melakukan Praktek Kerja (MAGANG) di salah satu perusahaan. Oleh karena itu, Saya mengirimkan surat permohonan magang ini kepada bapak/ibu. Saya ingin melakukan Praktek Kerja pada bagian…., karena bagian tersebut sesuai dengan jurusan yang Saya dapatkan saat ini.

Saya (nama Anda) berusia…tahun. Dengan pengalaman berorganisasi yang pernah Saya jalani selama ini, maka Saya dapat bekerjasama dalam sebuah tim. Mempunyai loyalitas tinggi terhadap sesuatu yang Saya tekuni, kerja keras, kejujuran, komunikatif serta berpenampilan menarik adalah modal utama Saya dapat cepat menerima tugas baru serta dapat cepat beradaptasi di lingkungan yang baru.

Bersama ini, Saya lampirkan pula daftar riwayat hidup, transkrip nilai semester 1 sampai semester 11, pas photo terbaru dan berkas-berkas lain yang sekiranya dibutuhkan.

Besar harapan Saya, permohonan magang ini dapat dipertimbangkan. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama Anda)

[/spoiler]

[spoiler title=”Contoh Surat Permohonan Informasi dan Klarifikasi”]

No.______________
…………………..
……………………….

Bandung, 12 Agustus 2010

Kepada Yth.
…………….
PT………..
Jl………

Dengan hormat,

Terima kasih atas surat balasan Anda tertanggal……..mengenai pernyataan kami. Kami sangat tertarik dengan berbagai macam produk Anda serta pertumbuhan pasar yang dicapai oleh perusahaan Anda dalam periode waktu yang cukup singkat.

Dikatakan dalam surat Anda bahwa produk yang Anda hasilkan adalah yang terbaik di pasaran. Namun, kenyataan di pasar tidak demikian. Kami mendapatkan fakta bahwa produk Anda banyak memiliki kesamaan dengan pproduk lain dan tidak ada satu keunikan tersendiri. Sementara harga produk Anda jauh lebih tinggi dibanding dengan produk lain yang sejenis. Untuk itu, kami meminta Anda untuk menjelaskan lebih detail tentang hal ini. Salam hangat.

Hormat kami,

 

(Nama terang)

[/spoiler]

 

Nah, itulah beberapa contoh surat permohonan yang bisa Kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP