Contoh Pidato 17 Agustus yang Singkat

0
5820 Pahlawan Kemerdekaan

Contoh Pidato 17 Agustus yang Singkat – Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan tanggal lahirnya kemerdekaan Negara Indonesia. Dan setiap tanggal 17 Agustus para masyarakat Indonesia selalu memperingati serta menyambutnya dengan meriah. Bagaimana tidak disambut senang oleh bangsa Indonesia, karena mereka masih diberi kesempatan untuk merasakan kemerdekaan Negara Indonesia serta bisa mengenang jasa para pahlawan Indonesia.

Untuk memperingati HUT RI biasanya masyarakat sangat antusias untuk mengadakan kegiatan- kegiatan seperti lomba-lomba atau acara lainnya. Tak terkecuali pada sekolah- sekolah. Sekolah biasanya akan mengadakan lomba seperti misalnya lomba pidato 17 Agustus.

Nah, buat kalian para anak sekolah yang ingin mengikuti lomba pidato 17 Agustus, namun bingung akan pidato tentang apa? Dibawah ini kami  akan membagikan contoh pidato 17 Agustus yang singkat.

Inilah Contoh Pidato Singkat Tentang 17 Agustus untuk Anak Sekolah

1. Pidato Bertema Mengenang Pahlawan


5820 Pahlawan KemerdekaanAssalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan juga salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak beserta ibu guru yang saya hormati dan  tak lupa teman-  teman semua yang saya cintai. Rasa syukur perlu kita ucapkan kepada Tuhan yang sudah memberikan kita semua kesempatan untuk bisa merayakan HUT RI ini.

Dan selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia karena saya telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato saya tentang Kemerdekaan Negara Indonesia.

Kita semua sudah tahu bahwa pada tanggal 17 Agustus adalah hari lahirnya kemerdekaan Negara Indonesia. Dimana pada tanggal itu kita sebagai bangsa Indonesia wajib untuk memperingatinya yaitu dengan melakukan upacara bendera dengan tujuan untuk menghormati para pejuang kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah mengenal lelah dalam melawan penjajah dari berbagai Negara. Akan tetapi, di generasi sekarang mereka hanya memperingati jasa pahlawan pada saat tanggal 17 Agustus saja. Seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia tidak  boleh bersikap seperti itu, karena dalam mengenang para pahlawan bisa dilakukan setiap hari dengan mendoakan para pahlawan tersebut. dengan begitu para pahlawan akan merasa sangat dihargai atas apa yang telah mereka perjuangkan selama ini. dan dengan begitu kita juga dapat mencegah dan mempertahankan Negara kita agar tetap merdeka tanpa dijajah oleh Negara lain.

Sekian pidato  yang saya dapat  sampaikan. Saya mengharapkan dengan apa yang telah sampaikan dapat memotivasi kalian semua agar tetap menghargai jasa para pahlawan setiap hari. Apabila ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar- besarnya. Wassalamualaikum wr.wb.

2. Pidato Bertema Rasa Nasionalisme


5820 Rasa NasionalismeAssalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan juga salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak beserta ibu guru yang saya hormati dan  tak lupa teman- teman semua yang saya cintai. Rasa syukur perlu kita ucapkan kepada Tuhan yang sudah memberikan kita semua kesempatan untuk bisa merayakan HUT RI ini.

Hadirin yang saya hormati pada hari ini kita memperingati HUT RI yang ke 75 . mari kita bersama-sama mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Negara Indonesia ini.  sudah sepatutnya kita sebagai bangsa Indonesia harus mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia ini. agar Negara tercinta kita ini tidak dijajah oleh Negara-Negara lain.

Bentuk rasa nasionalisme juga harus ada pada diri kita, rasa cinta terhadap tanah air juga harus ada pada jiwa kita. Salah satu bentuk kita cinta terhadap tanah air misalnya selalu memakai produk yang asli Indonesia. Tidak memakai produk luar negeri. Dengan begitu mereka orang luar negeri tidak gampang dalam menjajah Negara kita ini.  oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menjadi contoh dari generasi- generasi lainnya untuk tetap cinta pada tanah air dengan selalu menggunakan produk lokal.

Hadirin sekalian marilah kita mengucapkan bersama sama MERDEKA…MERDEKA…MERDEKA!!!!

Hadirin yang saya hormati mungkin itu saja pidato yang dapat saya sampaikan. Saya mengharapkan dengan apa yang telah sampaikan dapat memotivasi kalian semua agar tetap menghargai jasa para pahlawan setiap hari. Apabila ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.  Wassalamualaikum wr.wb.

3. Pidato Bertema Persatuan dan Kesatuan Bangsa


5820 Persatuan Dan Kesatuan BangsaAssalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan juga salam sejahtera untuk kita semua.

Bapak beserta ibu guru yang saya hormati dan  tak lupa teman-  teman semua yang saya cintai. Rasa syukur perlu kita ucapkan kepada Tuhan yang sudah memberikan kita semua kesempatan untuk bisa merayakan HUT RI ini.

Dan selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia karena saya telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato saya tentang Kemerdekaan Negara Indonesia.

Kita semua sudah tahu bahwa pada tanggal 17 Agustus adalah hari lahirnya kemerdekaan Negara Indonesia. Dan ternyata kita sudah 75 tahun hidup di Negara yang sudah merdeka. Dan itu semua berkat pahlawan yang rela gugur dalam perang melawan para penjajah-penjajah dari Negara lain. Di hari kemerdekaan ini merupakan suatu  momen yang sangat tepat untuk kita memperingati dan mengenang jasa para pahlawan  yang sudah berjuang untuk memerdekakan Negara Indonesia. Kita sebagai generasi pemuda penerus bangsa harus tetap menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI kita. Jangan sampai Negara ini dijajah oleh Negara lain. Salah satu bentuk untuk mempertahankan Negara ini yaitu dengan cinta terhadap produk-produk made Indonesia.

Itulah pidato yang dapat saya berikan. Saya mengharapkan dengan apa yang telah sampaikan dapat memotivasi kalian semua agar tetap menghargai jasa para pahlawan setiap hari. Apabila ada salah kata dalam penyampaian pidato ini, saya mohon maaf yang sebesar- besarnya. Wassalamualaikum wr.wb.

Nah itulah beberapa contoh pidato 17 Agustus singkat untuk anak sekolah yang bisa kami bagikan. Semoga bisa dijadikan referensi jika akan membaca pidato ataupun lomba pidato.

BACA JUGA!

Sejarah Kemerdekaan Indonesia Singkat dan Lengkap