Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

0

Pada era sekarang ini negara-negara yang ada di dunia termasuk Indonesia sedang mengalami masa globalisasi, yang berarti terciptanya integrasi atau pembauran dalam berbagai bidang sebagai efek dari kemajuan teknologi. Globalisasi bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, diantaranya Globalisasi di Bidang Ekonomi, sosial bahkan budaya dan beberapa bidang lainnya. Dimana semua hal tersebut terjadi secara global atau menyeluruh.

Adapun pengertian dari globalisasi dalam bidang ekonomi adalah, kerjasama yang dibentuk dengan berbagai negara baik secara lokal, regional bahkan internasional serta mempunyai ketergantungan dalam bidang ekonomi seperti modal lintas batas, teknologi, pergerakan barang dan juga jasa.

Ada berbagai contoh globalisasi dalam berbagai bidang yang bisa dicermati, namun dalam artikel kali ini akan membahas mengenai Contoh Globalisasi Di Bidang Ekonomi secara singkat dan padat. Berikut ulasannya.

Banyak Produk dan Perusahaan Asing yang Masuk


Dengan adanya globalisasi maka akan membuat produk-produk yang berasal dari luar negeri bisa masuk dalam pasar dagang Indonesia, hal ini karena perusahaan asing bisa dengan mudah menjalin kerjasama melalui sistem regulasi yang terjalin antar berbagai negara. Adapun berbagai produk dari luar negeri tersebut meliputi makanan, barang elektronik, jasa dan lain sebagainya.

Semakin banyak produk-produk dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, maka perekonomian akan semakin maju. Karena, produk asing pasti akan dikenai bea cukai lebih tinggi sehingga akan membuat pendapatan negara menjadi bertambah dan bisa digunakan untuk memajukan bangsa.

Globalisasi bukan hanya memudahkan produk asing masuk ke dalam negeri, namun hal tersebut juga akan membuat berbagai macam perusahaan asing akan mendirikan bisnis dan beroperasi di Indonesia.

Mendukung Terjadinya Kegiatan Ekspor dan Impor


Dengan adanya globalisasi di masa sekarang ini, maka kehidupan akan menjadi semakin mudah karena teknologi semakin berkembang sehingga banyak muncul inovasi-inovasi baru yang memiliki pengaruh pada perekonomian masyarakat. Salah satu hal yang tercipta karena dampak globalisasi adalah kegiatan ekspor barang.

Jika pada jaman dahulu untuk bisa menjual barang keluar negeri tergolong susah, sekarang hal tersebut bukan masalah lagi. Globalisasi yang terjadi akan membuat kegiatan ekspor barang ke luar negeri semakin mudah, karena kerjasama antar negara semakin terbuka dengan adanya hubungan bilateral dan juga diplomasi. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan kegiatan ekspor adalah, negara akan mendapatkan devisa.

Selain kegiatan ekspor, hal lain yang termasuk dalam proses globalisasi adalah kegiatan impor. Dengan melakukan impor barang, maka kebutuhan rakyat yang tidak ada di dalam negeri akan terjamin sehingga tingkat kesejahteraan akan meningkat dan taraf hidup semakin berkembang.

Adapun Keuntungan dari Ekspor dan Impor


  • Membuat Sebuah Produk Semakin Berkembang

Kegiatan ekspor dan impor antar negara akan mendorong terjadinya persaingan yang kompetitif, sehingga akan muncul inovasi dan kreasi baru dari sebuah produk. Kegiatan ekspor dan impor tentunya akan membuat produk dari berbagai negara akan semakin berkembang dan juga maju, karena segmen pasar baru akan tercipta secara luas.

  • Membuat Keuntungan Semakin Meningkat

Kerjasama dalam bidang ekonomi antar negara akan mendatangkan profit yang cukup besar bagi para pelaku usaha, hal ini karena dengan menjual barang keluar negeri akan mendatangkan devisa bagi masing-masing negara. Dimana mata uang setiap negara berbeda, sehingga keuntungan yang di dapat berasal dari nilai tukar mata uang tersebut.

  • Target Pasar Semakin Luas

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ekspor dan impor, maka target atau segmen pasar akan semakin luas jaringannya. Hal ini karena kemudahan ekonomi terbuka yang semakin memudahkan dan bisa menjual berbagai macam barang, asalkan legalitas terjamin dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  • Mendorong Terciptanya Pasar Bebas

Contoh globalisasi dalam bidang ekonomi yang selanjutnya adalah, terciptanya pasar bebas dalam sebuah negara atau benua. Saat ini pasar bebas yang paling berpengaruh adalah, MEE atau masyarakat ekonomi Eropa. Karena benua eropa terkenal dengan sistem perekonomian yang cukup baik sehingga menjadi bagian dalam memajukan perekonomian dunia.

Selain MEE, di kawasan asia tenggara juga sudah terjadi pasar bebas MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN. Dengan adanya pasar bebas, tentunya akan sangat berpengaruh pada perekonomian Indonesia diantaranya:

  1. Pendapatan nasional Indonesia akan semakin meningkat dengan adanya kegiatan ekspor barang yang mengalami kenaikan.
  2. Ilmu teknologi dan pengetahuan menjadi lebih maju.
  3. Mendapatkan banyak devisa, yang bisa didapatkan dari bea masuk impor dan biaya ekspor barang.
  4. Mendatangkan banyak investor asing.
  • Mendorong Perkembangan Bisnis E-commerce

Salah satu contoh globalisasi dalam bidang ekonomi yang lainnya adalah, munculnya banyak bisnis e-commerce. Saat ini bisnis dalam bidang e-commerce mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini bisa timbul karena kemajuan teknologi semakin berkembang dan adanya pergeseran gaya hidup masyarakat ke dalam platform digital.

Berbagai macam bisnis e-commerce yang menjamur saat ini sangat membantu bagi masyarakat dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam platform e-commerce akan membuat transaksi apapun menjadi lebih aman dan mudah serta hemat tenaga.

Globalisasi yang terjadi saat ini memang sangat menguntungkan, namun hal tersebut juga membawa beberapa dampak positif dan negatif. Yang terpenting, harus menyikapinya dengan baik dan tetap mempertahankan kearifan lokal dan budaya bangsa sehingga identitas sebagai orang Indonesia tidak akan luntur dan tetap terjaga di tengah derasnya arus globalisasi.

BACA JUGA!

Cara Membuat Rangkaian Paralel dari Kabel dan Saklar

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: