Contoh dan Cara Menggunakan Rumus Excel IF

0
20720 Rumus Excel IF Advernesia
Source: Advernesia

Cara Menggunakan Rumus Excel IF – Siapapun yang masih berstatus sebagai mahasiswa maupun pekerja kantor tentunya sudah tidak asing lagi menggunakan salah satu software yaitu Microsoft Excel. Program Microsoft Excel digunakan sebagian besar oleh para pekerja kantoran, yang digunakan sebagai bagian pengolah macam-macam data yang berupa angka.

Pada dasarnya software Microsoft Excel ini adalah bagian dari Microsoft office yang dibuat oleh Microsoft. Dengan demikian desain dari Microsoft Excel ini sebagai pengolah program dokumen kantor. Selain Microsoft powerpoint dan Microsoft word, Microsoft Excel juga menjadi salah satu dari program yang juga sering dipakai.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Microsoft Excel yang menjadi bagian dari instalasi paket Microsoft Office untuk mengolah angka membutuhkan spreadsheets. Di dalamnya terdiri dari susunan kolom dan baris untuk mengeksekusi perintah yang diberikan. Microsoft Excel sendiri merupakan software pengolah kata dan angka terbaik di dunia ini yang biasanya menggunakan rumus seperti rumus Excel if.

Di samping itu, Microsoft Excel juga telah didistribusikan dengan menggunakan cara multiplatform. Bahkan bukan hanya terdapat pada platform Windows saja, namun Microsoft Excel ini juga tersedia pada platform lainnya seperti mac OS, Apple serta Android. Sebagai software yang digunakan untuk mengolah angka terbaik di dunia, maka Microsoft Excel ini juga punya banyak fungsi lainnya seperti berikut ini.

Fungsi Microsoft Excel


8720 Excel 2007 Vibe Learning
Source: Vibe Learning

Pada fungsi dasarnya Microsoft Excel merupakan pengolah data yang isinya berupa angka. Jika dijelaskan secara rinci, maka fungsi beberapa Microsoft Excel yaitu:

  • Mengolah Data Angka

Fungsi pertama Microsoft Excel adalah  program pengolah dokumen berbentuk angka ataupun program pengolah data. Microsoft Excel telah menyajikan kepada para penggunanya dengan berbagai macam rumus dasar untuk melakukan pengolahan data angka. Dengan demikian, pekerjaan mengolah angka akan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

  • Mengubah Data Angka pada Data Grafik

Fungsi dari Microsoft Excel yang selanjutnya yaitu dapat mengubah data angka secara otomatis ke dalam data grafik. Dengan menggunakan Microsoft Excel, maka data berupa angka bisa diinput secara langsung lalu akan diubah menjadi sebuah data yang jauh lebih dipahami berupa grafik.

  • Membuat Data Berbentuk Tabel

Fungsi dari Microsoft Excel yang terakhir yaitu sebagai program yang digunakan untuk membuat berbagai macam data dengan bentuk tabel. program dari Microsoft Excel sendiri pada dasarnya punya ukuran atau bentuk format dasar tabel cell- cell yang bisa diatur sendiri dengan sedemikian rupa. Dengan demikian, hal tersebut tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas mengolah data dengan bentuk tabel.

Cara Menggunakan Rumus IF


20720 Rumus Excel IF Advernesia
Source: Advernesia

Rumus Excel if dipakai untuk membandingkan ataupun sebagai pengecek suatu syarat maupun kondisi. Apabila syarat tersebut telah terpenuhi, maka akan memilih nilai dari sebuah nilai. Sedangkan jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka nilai yang lain yang akan dipilih.

Di samping itu, rumus ini juga bisa ditambahkan bersama dengan rumus lainnya. Nah, berikut ini akan kami ulas tentang beberapa hal yang bisa anda lakukan menggunakan rumus Excel if.

  • Operator Pembanding (Comparison Operator)

Operator perbandingan namanya sesuai dengan operator ini sendiri untuk digunakan sebagai membandingkan dua data nilai yang mungkin digunakan sebagai penentuan Apakah kondisi atau syarat tersebut sudah atau belum terpenuhi, operator sendiri ini membantu penggunaan dalam rumus fungsi IF, operator dan berbagai fungsinya sebagai berikut:

= :  sama dengan

< : lebih kecil dari

> : lebih besar dari

<>   : tidak sama dengan

<=   : lebih kecil atau sama dengan

>=   : lebih besar atau sama dengan

Contoh Rumus dari if Excel


20720 Rumus Excel IF Rumus Excel
Source: Rumus Excel

Contoh rumus Excel if sederhana pada Excel yaitu di bawah ini:

= IF { 1=1 : “salah”;”benar”}

Pada contoh tersebut, sebuah teks rumus if akan menghasilkan teks benar karena perbandingan 1 = 1 yaitu benar\true.

=IF [ 1 = 0 : salah ; benar ]

Contoh tersebut tadi, rumus if akan mendapatkan hasil teks salah dikarenakan perbandingan 1=0 merupakan salah\ false.

Pada penggunaannya dapat digunakan secara bertingkat atau ganda maupun tunggal. Yang dimaksud dengan rumus ganda ialah saat Anda memasukkan fungsi Excel if pada sebuah rumus if yang lainnya atau dengan menggunakan fungsi if bersarang.

Begitulah tadi contoh dan cara menggunakan rumus Excel if. Harapan kami semoga contoh tersebut Anda pakai dengan baik dan tidak terjadi masalah apapun. Dengan menggunakan rumus Excel if tersebut tentu akan lebih memudahkan segala pekerjaan Anda dalam Microsoft Excel. Semoga informasi diatas bisa membantu anda saat akan menggunakan rumus IF di excel.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Rumus Excel yang Tidak Berfungsi

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: